Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Posted on

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan – Tidak ada yang abadi hidup di dunia ini, pastilah semuanya akan menemukan batas akhir hidupnya dan meninggalkan dunia ini. Begitu pula dengan manusia yang terbatas hidupnya dan harus kembali kepada Allah SWT, Tuhan sang pencipta alam.

Setelah meninggal dunia, semua amal manusia sendiri akan terputus. Hal tersebut sangatlah masuk akal, sebab manusia yang telah meninggal tentulah tidak akan bisa melakukan kegiatan ibadah seperti pada umumnya manusia yang hidup. Dari semua amal yang masih bisa dirasakan mereka yang meninggal, hanya ada beberapa amalan yang bisa tetap dirasakan oleh mereka yang telah meninggal. Adapun tiga amalan yang tetap mengalir bagi mereka yang sudah meninggal adalah, amalan sedekah jariyah, ilmu yang beremanfaat dan juga anak yang sholeh dan senantiasa mendoakan. Hanya tiga hal tersebut yang menjadi amalan yang tidak pernah bisa berhenti mengalir merskipun kita telah meninggal dunia dan menghadap Yang Maha Kuasa.

Berbicara mengenai hadist di atas, kebanyakan orang mengiran, banyak amalan terputus dan ditolak untuk diterima oleh yang meninggal. Pada kenyataanya, hanya amalan yang mayit lakukan saja yang terputus. Amalan yang dilakukan oleh orang yang masih hidup bisa memberikan manfaat kepada orang yang telah meninggal. Doa yang dipanjatkan kepada orang yang meninggal bisa diterima asalkan memenuhi persyaratan dan ketentuan dari apa yang dicontohkan oleh Rasulullah.

Aneka Doa Mayit yang Bisa Anda Amalkan dan Adab Doa Mayit

Berbicara mengenai orang meninggal, khususnya mengenai doa mayit, maka ada beberapa amalan yang bisa anda amalkan ketika menghadapi momen tersebut. Doa mayit yang dimaksud sebagai bentuk amalan yang ditujukan kepada orang yang meninggal agar mendapatkan manfaatnya.

Bagi anda yang sedang mencari doa mayit untuk diaplikasikan, maka berikut ini kami berikan beberapa doa yang bisa anda amalkan. Doia mayit tersebut lengkap bersama dengan arti atau makana, serta terjemahan latinnya. Dengan begitu anda bisa lebih mudah untuk megaplikasikannya. Silahkan anda simak daftar doanya di bawah ini!

Doa Mayit Saat Mendengar Kabar Kematian

Kematian merupakan sebuah hal yang tidak bisa sielakan lagi oleh setiap makhluk hidup. Tidak ada yang pernah tahu kapan Allah SWT akan memanggil kembali umatnya. Dengan demikian kematian menjadi sebuah misteri yang mengejutkan siapapun termasuk manusia itu sendiri. Kabar kematian menjadi kabar sedih yang pastilah membuat siapa saja yang mendengar terkejut.

Meskipun demikian, hati yang ikhlas sudah menjadi kewajiban bagi siapapun orang yang ditinggalkan sebab kematian merupakan sebuah kepastia. Tidak akan ada yang sanggup merubah ketentuan Tuhan meskipun itu manusia yang sedemikian besar kekuatan dan kepintarannya. Dengan mengikhlaskan menjadi sebuah penyelesaian atas kesedihan yang begitu besar dialami. Toh pada akhirnya kita juga sama akan pergi dari dunia dan menghadap yang maha kuasa.

Terkait dengan hal tersebut, maka ada sebuah doa yang bisa anda baca dan amalkan kala mendengar berita kematian. Silahkan anda simak doa tersebut di bawah ini dan hapalkan doa tersebut. Anda bisa mengamalkannya saat mendengar beritakematian yang tentunya mengejutkan bagi siapaun yang mendengarnya.

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Demikian tadi merupakan doa mayit yang anda p0anajtkan kala mendengarkan berita kematian yang begitu menyedihkan dan mengejutkan. Doa di atas sendiri bisa anda amalkan kala mendengar berita kematian untuk mayit laki-laki. Untuk mayit perempuan, silahkan ganti kata perempuan yakni “hu” dengan “ha”.

Anda juga sebenarnya bisa melafalkan doa mayit ini dengan bacaan yang lebih pendek atau singkat. Doa satu ini bisa anda gunakan jika kesulitan menghapalkan doa yang sebelumnya. Silahkan anda simak doanya di bawah ini!

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Bagaimana? Dengan doa di atas tersebut anda bisa mengamalkannya dengan lebih mudah dan ringkas. Semoga dengan doa-doa yang anda panjatkan tersebut bisa membantu jenazah untuk isa mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Doa-doa tersebut juga merupakan bentuk penghormatan kepada almarhum dan almarhumah atas segabala kebaikan selama hidupnya.

(Artikel menarik lainnya: doa selepas solat fardhu dan terjemahan)

Doa Mayit Untuk Mayit atau Jenazah Laki-laki

Bagi anda yang tengah berziarah atau datang menlayat orang meninggal, dan merupakan seorang laki-laki maka anda bisa melafadzkan doa berikut ini. Doa berikut ini merupakan doa mayit untuk mayit laki-laki. Dalam doa mayit laki-laki ini disampaikan kepada Allah SWT permohonan kita agar jenazah yang meninggal mendapatkan tempat yang layak berada di sisi Allah SWT. Lain dari itu, dengan doa tersebut ktia juga berharap agar sanga jenazah bisa diampunkan segala dosanya dan dijauhkan dari siksa kubur yang mengancam.

Bagi anda yang kebetulan berada dalam kondisi melayat jenazah dan seorang laki-laki, maka silahkan amalkan doa tersebut. Simak dan hapalkan doanya di bawah ini!

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Demikian tadi merupakan doa yang bisa anda panjatkan kala sedang berziarah dan takziyah kepada orang yang meninggal dunia. Melalui doa tersebut keinginan dan harapan terbaik kita mengenai mayitnya insyaallah bisa didengar oleh Allah SWT. Dengan demikian bisa memberikan manfaat dan menjadi doa bagi mayit agar tenang dan diterima di tempat terbaik di sisi Allah SWT.

Berikut ini merupakan terjemahan latin agar anda bisa menghapalkan dengan mudah

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Doa Mayit Perempuan Lengkap Arti dan Terjemahan

Jika kebetulan anda sedang berziarah untuk mayit perempuan maka anda bisa memberikan doa mayit perempuan ini kepada Allah SWT dan insyaallah bisa bermanfaat bagi mayit. Melalui doa mayit perempuan ini kita mencoba bermohon kepada Allah SWT mengenai pengampunan atas segala dosa yang telah diperbuat dan diterima amalan sholehnya. Dengan doa ini kita juga menyampaikan harapan dan doa kita agar almarhumah bisa mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT.

Berikut ini kita berikan doa mayit yang bisa anda amalkan kala berziarah di orang yang meninggal dunia. Silahkan anda simak di bawah ini!

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Begitulah doa mayit perempuan yang bisa anda panjatkan kepada Allah SWT. Anda bisa memanjatkan doa tersebut saat berziarah atau bertakziyah. Dengan doa anda, semoga almarhumah bisa berada di tempat terbaik dan diampuni segala dosanya.

Silahkan simak juga terjemahan latinnya agar anda lebih mudah mengamalkannya.

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Doa Mayit yang Dimalkan Saat Jenazah Hendak Dikuburkan

Jika kematian adalah sebuah kepastian, maka sebagai manusia tentunya kita harus senantiasa beribadah kepada Allah SWT. Dengan beribadah kepada-Nya, maka insyaallah kita bisa dijauhkan dari poanasnya api neraka yang begitu mengerikan nanti. Kegiatan ibadah sendiri bisa dilakukan dalam banyak hal selain dengan ibadah wajib yang sudah diperintahkan Allah SWT.

Salahsatu ibadah yang bisa kita lakukan adalah mendoakan mereka yang terlebih dahulu berpulang ke rahmatullah. Doa yang kita sampaikan berupa permohonan dan bentuk penghormatan untuk terakhir kalinya pada almarhum dan almarhummah. Sebagai manusia tentunya kita mengingikan jika suatu saat kelak kita dipanggil Yang Maha Kuasa, maka banyak yang mendoakan kita. Oleh karena itu, kita juga sebaiknya mendoakan mereka dengan berbagai hal kebaikan dan pengampunan.

Berbicara lebih lanjut mengenai doa mayit, maka anda bisa membaca doa di bawah ini. Doa tersebut merupakan doa yang bisa anda panjatkan kala perjalanan menuju ke makam, setelah melaksanakan sholat jenazah dan atu pada saat melaksanakan tahlilan. Silahkan simak doanya di bawah ini.

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Begitulah tadi merupakan doa mayit yang anda amalkan kala jenazah hendak dikuburkan. Silahkan anda amalkan dan haplkan doa tersebut sebagai bentuk doa dan penghormatan bagi almarhum dan almarhumah. Jangan lupa untuk mengganti kata “hu” ataupun “hi” dengan kata “ha” jika anda membacakan doanya bagi jenazah perempuan. Doa di atas tersebut merupakan doa yang dipanjatkan untuk jenazah laki-laki atau pria.

Bacaan Doa Mayit Saat Keluarga Meninggal

Peristiwa meninggalnya sanak keluarga merupakan sebuah peristiwa menyedihkan yang luar biasa tentunya. Ditinggalkan oleh orang yang setiap hari berama kita dan berada di sekitar kita merupakan sebuah pukulan besar yang bisa membuat kita sedih bukan kepalang. Kematian juga merupakan bentuk musibah yang menimpa siapapun yang ditinggalkan oleh almarhum dan almarhummah.

Bagi anda yang kebetulan tengah berada dalam kondisi ditingglkan oleh anggota keluarga, maka anda bisa mengamalkan doa berikut ini. Doa tersebut merupakan doa mayit ketika anda ditingglakan oleh salahsatu sanak famili yang anda miliki. Simak gambarnya di bawah ini!

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Demikian tadi merupakan bacaan doa mayit yang bisa anda amalkan. Doa tersebut memiliki makna kepasrahan atas segala musibah yang sedang ditimpakan pada kita. Semoga Allah SWT mengganti semua musibah tersebut dengan hal-hal yang sangat lebih baik di masa yang akan datang.

Doa Mayit Takziyah Lengkap dengan Terjemahan dan Maknanya

Takziyah merupakan kunjungan kita kepada keluarga yang sedang ditimpa musibah ditinggalkan oleh salahsatu anggota keluarga. Takziyah sendiri merupakan sebuah kewajiban bagi kita seorang muslim. Bahkan Nabi Muhammad Saw sekalipun menyebutkan jika takziyah merupakan sebuah hak yang dimiliki oleh sang almarhum atau almarhummah.

Hukum takziyah sendiri memiliki hukum fardhu kifayah, yang artinya tidak wajib namun sunnah untuk dilakukan. Meskipun demikian, hukumnya menjadi fardhu ain atau wajib tatkala tidak ada seorangpun yang merawat jenazahnya. Sebagai sesama muslim anda wajib merawat jenazah dan membantu prosesinya ketika tidak ada yang mampu lagi merawatnya. Dengan demikian anda bisa mendapatkan pahala dan kebaikan ats hal tersebut.

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Demikian tadi merupakan doa mayit yang bisa anda lakukan ketika sedang melakukan takziyah. Anda bisa membaca doa tersebut ketika bertemu dengan keluarga yang ditinggalkan oleh almarhum atau almarhummah.

Doa Mayit Ketika Melakukan Ziarah Kubur

Sebagai seorang muslim tentunya kita mengenal istilah ziarah kubur, yakni kunjungan yang dilakukan ke pusara. Dalam Islam sendiri ziara kubur sendiri merupakan hal yang dianjurkan untuk dilakukan. Ada dua tujuan yang bisa didapatkan dari melakukan proses ziarah kubur yakni, mengingatkan hidup yang fana dan mendoakan orang yang sudah meninggal dan menjadi kebaikan bagi kita semua.

Kematian merupakan sebuah kepastian yang tidak bisa dielakan oleh semua makhluk hidup di dunia termasuk manusia. Oelh karena itu, kehidupan kita di dunia saat ini merupakan hal yang fana dan tak abadi. Namun ada sebagian orang banyak melupakan hal tersebut dan sibuk untuk mengumpulkan hal-hal duniawi dan melupakan ibadha kepada Tuhan. Padahal, pada hakikatnya, kehidupan yang benar-benar abadi adalah hidup di akhirat kelak. Oleh karena itu, jikalah kita ingin mendapakatkan kehidupan yang benar-benar senang dan tenang kelak, maka silahkan lakukan ibadah kepada Allah SWT.

Tujuan kedua selain menjadi pengingat kita kepada kematian adalah untuk mengirimkan doa kepada Allah SWT atas mereka yang telah meninggal. Bagi orang yang meninggal, maka terputuslah amalan mereka. Tidak ada yang bisa dilakukan dan diterima selain dari 3 hal yang menjadi ketetapan Allah SWT. Oleh karena itu, doa kita atas mereka bisa membantu mereka di alam kubur. Adapun doanya sendiri telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Berikut ini merupakan doa mayit yang bisa diamalkan ketika kita sedang melakukan ziarah kubur. Silahkan anda simak doanya di bawah ini!

Doa Mayit dan Adab Ziarah yang Bisa Anda lakukan

Demikianlah tadi merupakan doa mayit yang bisa diamalakan ketika kita melakukan ibadah ziarah kubur. Semoga kita yang melakukan ziarah kubur bisa mendapatkan manfaat baik sesuai dengan apa yang telah Nabi sampaikan. Jangan sampai lupa bahwa suatu saat kita juga akan brada di tempat yang sama dan di posisi yang sama dengan mereka.

Adapun Adab Ketika Berziarah Mayit yang Sebaiknya Anda Ikuti

1. Pahami Tujuan Ziarah Kubur

Banyak orang yang salah memahami tujuan dilakukanya ziarah kubur. Banyak orang datang ke kuburan untuk meminta keberentungan, meminta didoakan, padahal hal tersebut sepenuhnya merupakan hal yang salah dan menyimpan. Tidak ada orang yang sudah meninggal mampu membantu kita untuk memohon kepada Allah SWT, yang ada justru kita sebagai yang masih hidup yang memohon kepada Allah SWT dan mendokan mereka yang telah meninggal.

Oleh karena itu, bahwa sesungguhnya kunjungan kita ke kubur orang yang telah meninggal merupakan bentuk pengingat bagi kita. Sebagai menusia kita tentunya akan meninggal dan menghadap Allah SWT. Maka silahkan persiapkan semuanya agar kelak kita bisa diterima oleh Allah SWT dan ditempatkan di tempat terbbaik.

2. Ucapkan Salam Ketika Masuk Ke Kawasan Pekuburan

Sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah, ketika kita memasuki kawasan pekuburan maka kita juga kita harus mencontohnya. Rasulullah sendiri telah mengajarkan hal tersebut sebelumnya kepada para sahabat. Salam tersebut merupakan harapan dan doa kepada para ahali kubur agar tenang di alam kubur sana.

3. Jangan Duduk dan Menginjakan Kaki Di Atas Kuburan

Bagi anda yang hendak berkunjung ke kawasan pekuburan, maka janganlah duduk atau bahkan menginjakan kaki di atas kuburan. Rasulullah sendiri yang memerintahkan untuk tidak melakukan hal tersebut. Bahkan Rasulullah sendiri menyatakan bahwa duduk di bawa api hingga lapisan baju terbakar hingga menembus kulit lebih baik. Sehingga janganlah sekali-kali kita melakukan hal tersebut. Selain dengan tidak sopan kita juga bisa merusak pusara orang lain.

4. Membaca Doa Mayit Ketika Berziarah

Doa mayit merupakan salahsatu hal yang bisa anda lakukan ketika melakukan ziarah kubur. Doa mayit bisa dipanjatkan untuk mendoakan mereka yang telah berpulang dahulu agar diampuni dan diterima segala amal baiknya.Silahkan amalkan doa mayit tersebut apalagi ketika mengunjungi makam orang tua yang sudah terlebih dahulu berpulang ke rahmatullah.

Jangan sekali-kali meminta hal-hal terkait dengan duniaei kepada orang yang telah meninggal atau kepada makam. Pada dasarnya setelah meninggal mereka tidak memiliki kemampuan apapun untuk bisa menolong kita yang masih ada di dunia. Adapun justru kita sebaliknya yang bisa mendoakan mereka.

5. Jangan Berbicara Kasar

Bagi anda yang hendak melakukan kegaitan ziarah kubur, maka janganlah sekali-kali kita berbicara kasar dan mengungkapkan hal yang bathil. Silahkan anda katakan hal-hal yang baik selama melakukan ziarah kubur dan hindari berkata kasar.

(Baca juga: arti doa sholat dhuha)

6. Tidak Diperbolehkan Menangis dan Meratapi Mayit

Bagi anda yang berkunjung ke makam tentunya akan sedih dan teringat akan almarhum atau almarhummah. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah hal yang sangat wajar sekali. Namun tidaklah diperbolehkan kita menangis dengan kencang dan lama serta meratap kepergian dari almarhum dan almarhummah tersebut. Hal tersebut merupakan hal yang sangat merugikan dan membawa mudharat bagi kita sebagai manusia. Oleh karena itulah kita dilarang untuk menangis berlebihdan dan meratapi mayit dalam makam.

Demikianlah doa mayit yang bisa anda bacakan ketika hendak mendoakan orang meninggal di sekitar kita. Silahkan anda amalkan doa mayit mayit tersebut sesuai dengan mayit atau jenazah yang meninggal. Doa yang anda kirimkan kepada orang yang telah meninggal dunia bisa menjadi kebaikan bagi mereka. Sebab ketika meninggal tidak ada hal yang bisa mereka terima dan dapatkan selain dengan permohonan doa dari orang-orang sekitar, khususnya anaknya. Oleh karena itu sebagai sesama muslim dan saling menghormati, memberikan doa kepada yang telah meninggal sangatlah dianjurkan.

Jangan lupa anda bagikan kepada teman dan sahabat anda yang ada di media sosial. Anda bisa membagikan artikel doa mayit ini dengan cara menekan tombol share yang etlah disediakan pada bagian bawah dari halaman ini. Anda juga bisa memberikan komentar dan berinteraksi dengan para pembaca lainnya yang ada di media sosial. Cukup dengan mengisi kolom yang telah disediakan di bawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *