Doa Masuk ke Masjid Beserta Latin dan Artinya

Posted on

Doa Masuk ke Masjid Beserta Latin dan Artinya – Masjid merupakan tempat ibadah umat Islam. Masjid digunakan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Kesucian masjid itu sendiri tentu sangat diperhatikan umat muslim. Sebelum masuk dan keluar masjid ada doa yang harus dibaca.  Doa menjadi sarana untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. Dalam Islam saat mengawali ataupun mengakhiri aktifitas dianjurkan membaca doa. Nah, berikut ini doa masuk masjid beserta latin dan artinya, serta adab yang harus anda perhatikan.

Doa Masuk Masjid Berdasarkan Sunnah Rosul

Dianjurkan untuk setiap umat Islam membaca doa saat masuk masjid. Doa masuk masjid ini adalah ibadah sunnah yang wajib anda ajarkan pada anak-anak. Masjid merupakan tempat suci yang Allah SWT muliakan, yang tentunya wajib kita hormati.

Ketika memasuki tempat ibadah, sebagai umat Islam wajib menggunakan sopan santun. Selain itu, sebelum memasuki masjid dianjurkan berwudhu dahulu, agar kita dalam keadaan suci mengingat masjid merupakan tempat ibadah.

Baca juga : Bacaan Doa Memakai Pakaian dan Adab Berpakaian yang Baik

Kita harus mengetahui dan memahami doa masuk ke dalam masjid dengan baik dan benar. Nah, berikut ini bacaan doa saat masuk masjid arab, latin dan artinya.

Doa Masuk Masjid

Adab Sebelum Masuk Masjid

Berikut ini merupakan adab saat masuk ke dalam masjid.

Dahulukan Kaki Kanan

Dalam Islam, cara pertama kali yang dilakukan saat memasuki masjid yaitu mendahulukan kaki kanan. Seperti yang Rasulullah ajarkan, dalam melakukan segala hal yang baik-baik harus mendahulukan bagian tubuh kanan terlebih dahulu. Termasuk saat anda hendak masuk ke tempat ibadah. Dalam Al-Qur’an memang tidak ada aturan khusus dalam mendahulukan kaki kanan, namun ini adalah anjuran Rasulullah.

Baca Doa Masuk Masjid

Adab atau etika yang kedua yaitu membaca doa masuk masjid. Terdapat doa khusus saat hendak masuk masjid seperti di atas. Dengan membaca doa, maka itu artinya anda menghargai kesucian tempat ibadah.

Melakukan Sholat Sunnah 2 Rakaat

Setelah anda masuk dan membaca doa, kemudian disunahkan untuk melaksanakan sholat sunah 2 rakaat atau sholat tahiyatul masjid. Sholat ini dilaksanakan setelah anda masuk ke tempat ibadah dan sebelum melaksanakan shoat fardhu atau sebelum anda duduk. Orang yang masuk ke dalam masjid disunahkan tidak terlebih dahulu duduk sebelum melaksanakan sholat sunah.

Ketika Keluar Masjid Berdoa dan Dahulukan Kaki Kiri

Selain masuk ke dalam masjid, anda juga dianjurkan berdoa saat keluar masjid.

Selain itu, ketika di masjid anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti:

Menjaga kebersihan. Masjid adalah tempat ibadah yang kebersihannya harus dijaga dengan baik. Selain kebersihan masjid, kebersihan diri sendiri juga harus dijaga.

Menjaga ketenangan masjid. Anda juga harus menjaga ketenangan masjid saat berada di masjid. Ketika di masjid hendaknya kita duduk dengan sopan, tidak bermain-main, tidak berisik dan menjaga ucapan.

Jangan lewat di depan orang yang sedang sholat. Anda juga harus berhati-hati saat berjalan di masjid. Anda jangan melewati orang yang sedang melaksanakan sholat.

Jangan berkumpul membicarakan kepentingan dunia. Dilarang melingkar untuk berkumpul dalam masjid demi kepentingan dunia.

Lihat juga : Doa Penenang Hati Yang Dapat Anda Amalkan

Itulah doa masuk ke masjid beserta latin dan artinya, serta adab masuk masjid yang harus anda perhatikan. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *