Doa Masuk dan Keluar Masjid Sesuai Hadist Rasullulah Shallahu ‘alaihi Wa Salam

Posted on

Bagi kita sebagai umat islam, masjid merupakan tempat suci untuk melalukan ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Sudah tidak asing lagi bagi kita untuk menyebut masjid dengan sebutan rumah Allah yang wajib dijaga kesucian dan keagungannya.

Keberadaan masjid memang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, jumlahnya yang banyak membuat kita tidak pernah kesulitan untuk menemukan masjid di belahan bumi nusantara. Itu semua terjadi karena kehendak Allah Subhana wa Ta’ala yang Memberi kita kemudahan dalam beribadah kepada-Nya dimanapun dan kapanpun.

Mengunjungi atau memakmurkan masjid merupakan salah satu ciri orang beriman. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman dalam kitab suci Al-Qur’an seperti berikut:

{مَا كَانَ لِلْمُشْرِكِينَ أَنْ يَعْمُرُوا مَسَاجِدَ اللَّهِ شَاهِدِينَ عَلَى أَنْفُسِهِمْ بِالْكُفْرِ أُولَئِكَ حَبِطَتْ أَعْمَالُهُمْ وَفِي النَّارِ هُمْ خَالِدُونَ. إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ}

“Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain Allah, maka merekalah yang termasuk golongan orang-orang yang selalu mendapat petunjuk (dari Allah Ta’ala)” (QS At-Taubah: 18).

Oleh karena itu, sudah menjadi keharusan bagi kita sebagai umat muslim untuk selalu memakmurkan masjid. Hal tersebut kita lakukan semata-mata untuk mencari ridha dan petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala sehingga insya Allah kita dapat menjadi hamba yang baik di hadapan-Nya.

Mengingat kesucian dan kemuliaan masjid, ada beberapa adab yang harus kita lakukan ketika mengunjungi rumah Allah tersebut. Adab-adab tersebut diajarkan langsung oleh baginda Nabi Muhammad shallahu ‘alaihi wa salam dimana salah satunya adalah membaca doa masuk dan keluar masjid.

Doa Masuk Masjid Sesuai Hadist

Doa masuk Masjid Sesuai Hadist 1

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Bismillah wassalaamu ‘ala rosulillah. Allahummaghfir lii dzunuubi waftahlii abwaaba rohmatik (Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu).” (HR. Ibnu Majah no. 771 dan Tirmidzi no. 314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Hendaknya doa tersebut kita baca sebelum memasuki masjid karena memiliki beberapa faedah yang akan kita dapatkan. Isi doa tersebut adalah meminta rahmat dan pengampunan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang memang sudah seharusnya kita amalkan dari kegiatan sehari-hari. Selain itu mengamalkan doa tersebut juga merupakan suatu bentuk penghormatan kita terhadap rumah Allah yang suci dan mulia.

Berikutnya, Rasululah shallahu ‘alaihi wa salam juga mengajarkan kepada kita doa yang dapat kita amalkan ketika keluar dari masjid, yaitu sebagai berikut.

Doa Keluar Masjid Sesuai Hadist

Doa Masuk dan Keluar Masjid Sesuai Hadist Rasululah Shallahu ‘alaihi Wa Salam 2

بِسْمِ اللَّهِ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى ذُنُوبِى وَافْتَحْ لِى أَبْوَابَ فَضْلِكَ

“Bismillah wassalaamu ‘ala rosulillah. Allahummaghfir lii dzunuubi waftahlii abwabaa fadhlik (Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu karunia-Mu).” (HR. Ibnu Majah no. 771 dan Tirmidzi no. 314. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih).

Itulah doa masuk dan keluar masjid yang langsung diajarkan oleh panutan kita sebagai salah satu adab yang harus kita lakukan ketika hendak beribadah di masjid. Semoga kita semua selalu mendapat ridha dan dalam perlindungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *