Doa Mandi Junub dan Tata Cara Mandi Junub yang Baik dan Benar

Posted on

Doa Mandi Junub – Sebelum melakukan ibadah sholat wajib atau sholat sunnah, setiap umat islam harus dalam keadaan suci. Dimana suci yang dimaksud yaitu bebas dari hadast besar maupun hadast kecil. Untuk hadast kecil bisa disucikan dengan cara berwudhu. Sedangkan untuk hadast besar cara mensucikannya yaitu dengan melakukan mandi wajib atau mandi junub. Saat melakukan mandi wajib atau mandi junub, maka kita diharuskan membaca niat mandi junub.

Adapun keadaan yang mengharuskan kita mandi junub yaitu :

  • Saat dua organ intim bertemu meskipun tidak keluar mani.
  • Keluarnya mani pada pria.
  • Saat berhentinya darah nifas dan haid.
  • Karena kematian.
  • Saat orang kafir masuk islam

Setelah selesai mandi wajib atau mandi junub dengan tujuan untuk mensucikan diri, maka anda bisa kembali melakukan ibadah.  Nah, berikut ini niat mandi junub, niat mandi junub setelah haid dan niat mandi junub setelah nifas.

Niat Mandi Junub

Doa atau niat mandi besar yang dibaca oleh laki-laki atau wanita dewasa yang ingin menghilangkan hadast besar. Niat ini bisa dijadikan niat mandi wajib setelah melakukan hubungan atau niat mandi junub ketika orang kafir masuk agama islam. Nah, berikut ini bacaan niat mandi junub beserta latin dan artinya.

Doa Mandi Junub

Niat Mandi Junub Setelah Haid

Wanita akan datang bulan atau haid dalam setiap bulannya. Apabila haidnya sudah selesai, maka ia wajib melakukan mandi junub atau mandi wajib dengan membaca niat mandi junub setelah haid. Adapun bacaan niat mandi junub bagi seorang wanita setelah haid seperti berikut ini.

Doa Mandi Junub

Niat Mandi Junub Setelah Masa Nifas

Nifas yaitu masa dimana keluarnya darah pada rahim wanita sesudah melahirkan. Darah nifas ini akan keluar kurang lebih selama 40 hari setelah melahirkan.  Setelah masa nifas selesai, seorang wanita wajib mandi junub untuk membersihkan hadast. Berikut ini bacaan niat mandi junub setelah masa nifas beserta latin dan artinya.

Doa Mandi Junub

Bagaimana Tata Cara Mandi Junub?

Setelah mengetahui niat mandi junub, sangat penting untuk mengetahui tata cara mandi junub yang baik dan benar seperti berikut ini.

  • Mandi junub diawali dengan membaca niat untuk menghilangkan hadast besar.
  • Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan telapak tangan 3 kali, kemudian membersihkan bagian tubuh penting serta kotoran yang terdapat disekitarnya menggunakan tangan kiri.
  • Setelah membersihkan kemaluan kemudian mencuci tangan hingga bersih. Anda bisa membersihkannya dengan sabun.
  • Selanjutnya, malakukan niat wudhu. Maksudnya yaitu berwudhu dengan urutan sempurna.
  • Setelah itu, siram kepala dengan air sebanyak 3 kali sampai ke pangkal rambut.
  • Kemudian mencuci, serta membersihkan kepala kanan, lalu dilanjutkan dengan membersihkan dan mencuci kepala bagian kiri.
  • Menyilang-nyilang rambut dengan menggunakan jari.
  • Selanjutnya guyur air ke seluruh badan dari sisi kanan, lalu dilanjutkan ke sisi kiri.
  • Bersihkan area badan yang sulit dijangkau.

Ketika mandi junub, pastikan air yang digunakan untuk mengguyur tubuh tidak masuk ke tempat penampungan air yang dipakai untuk mandi junub. ( Baca juga : Doa Untuk Pengantin Baru dan Maknanya )

Itulah doa mandi junub, mandi junub setelah haid dan mandi junub setelah nifas beserta tata caranya yang baik dan benar. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *