Doa Khatam Al-Quran Beserta Latin, Arti dan Maknanya

Posted on

Membaca Al-Quran hingga khatam menjadi kebanggaan tersendiri untuk umat islam. Khatam Al-Quran itu sendiri yaitu berarti anda sudah menyelesaikan membaca Al-Quran mulai dari surat pembuka pada Al-Quran hingga surat penutup Al-Quran.

Membaca Al-Quran memiliki banyak keutamaan, keutamaan yang akan kita dapatkan di antaranya yaitu mendapatkan pahala dari Allah SWT, jiwa dan hati menjadi tentram, Al-Quran memberikan syafaat, derajat orang yang membacanya akan diangkat, rumah akan dihadiri oleh malaikat ketika kita senantiasa membaca Al-Quran, menjadi kemuliaan untuk orangtua ketika di surga.

Apabila anda belum khatam Al-Quran, tidak ada kata terlambat untuk mulai membaca Al-Quran hingga khatam. Nah, jika anda sudah khatam Al-Quran anda bisa membaca doa khatam Al-Quran berikut ini.

Doa Khatam Al-Quran

Setelah khatam Al-Quran kita dapat berdoa sebagai rasa  syukur kepada Allah SWT. Nah, di bawah ini doa khatam Al-Quran yang dapat anda simak.

Doa Khatam Al-Quran

Artinya :

“Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku dengan kitab Al-Quran yang agung ini, jadikanlah ia (Al-Quran) bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat.”

“Ya Allah ingantkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.”

“Ajarkanlah aku dari padanya yang belum aku ketahui dan anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Al-Quran tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia (Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam.”

Makna yang Terkandung Dalam Doa Khatam Al-Quran

Pada doa khatam Al-Quran di atas, ada beberapa makna yang penting. Simak beberapa maknanya berikut ini.

Meminta Kasih Kepada Allah

Pada doa khatam Al-Quran  terkandung makna bahwa kita meminta kasih dari Allah SWT. Setelah membaca Al-Quran kita meminta kasih-Nya.

Baca juga : Doa Istiqomah Sesuai Hadist Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Salam

Al-Quran Menjadi Petunjuk dan Rahmat dari Allah SWT

Makna selanjutnya yaitu, memohon agar Al-Quran menjadi pemimpin yang dijadikan pedoman untuk kehidupan. Menjadi cahaya bagi kehidupan, juga menjadi petunjuk untuk umat Islam. Selain itu, Al-Quran sebagai rahmat supaya kita senantiasa mendapatkan kebahagiaan.

Agar Ingat Pada Isi Al-Quran yang Terlupa

Makna selanjutnya yaitu setelah membaca Al-Quran, kita selalu ingat akan kandungan atau isi dari Al-Quran.

Meminta Diajarkan Akan Isi yang Belum Diketahui

Selain itu, dari kandungan doa tersebut kita memohon supaya diberikan pemahaman dari isi Al-Quran yang kita baca dan belum kita pahami.

Memohon Rezeki Untuk Selalu Didekatkan Dengan Al-Quran

Makna dari kandungan doa khatam Al-Quran, kita meminta agar diberikan rezeki yang melimpah. Rezeki yang dimaksud yaitu rasa nikmat agar selalu dekat dengan Al-Quran. Memohon kepada Allah SWT supaya bisa membaca Al-Quran ketika malam atau siang.

Meminta Al-Quran Sebagai Pembela

Kita memohon supaya Al-Quran menjadi pembela bagi kita. Al-Quran menjadi pembela di hari akhir.

Mengkhatamkan Al-Quran bisa anda lakukan dengan cepat jika anda memiliki niat dan konsisten dalam melakukannya. Anda dapat rutin membaca Al-Quran sebelum dan setelah menunaikan ibadah sholat wajib. Ketika memiliki waktu luang, anda juga bisa membaca Al-Quran.

Itulah doa khatam Al-Quran beserta latin, arti dan maknanya. Semoga kita selalu diberi kelancaran untuk bisa mengkhatamkan Al-Quran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *