Doa Ketika Menjenguk dan Meruqyah Orang Sakit

Posted on

Sudah menjadi insting setiap orang untuk menginginkan kesehatan sepanjang waktu. Kesehatan merupakan hal yang terpenting sehingga kita dapat menjalani aktivitas sehari-hari dengan nikmat dan lancar. Tanpa sehat, kita tidak akan mampu melakukan bantak hal yang harus dan biasa kita lakukan.

Pepatah ‘sehat itu mahal’ tentunya seringkali kita dengar. Perkataan tersebut menjelaskan kepada kita bahwa kesehatan itu sangat berarti dan sudah merupakan kewajiban bagi kita untuk terus memeliharanya.

Namun, ada kalanya kita menderita sakit yang tentunya sudah digariskan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Kita tidak bisa menolak penyakit yang memang sudah ditakdirkan untuk kita atau orang lain.

Ketika kita mengetahui orang-orang yang kita sayangi seperti keluarga atau teman, tentunya kita merasa sedih. Pergi menjenguk orang-orang tersayang yang sedang menderita sakit merupakan salah satu dukungan yang insya Allah dapat menunjang kesembuhan mereka.

Bahkan, panutan sepanjang zaman Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wa salam menganjurkan kita untuk menjenguk orang sakit. Beliau bersabda

إِذَا عَادَ الرَّجُلُ أَخَاهُ الْمُسْلِمَ مَشَى فِيْ خِرَافَةِ الْجَنَّةِ حَتَّى يَجْلِسَ فَإِذَا جَلَسَ غَمَرَتْهُ الرَّحْمَةُ، فَإِنْ كَانَ غُدْوَةً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُمْسِيَ، وَإِنْ كَانَ مَسَاءً صَلَّى عَلَيْهِ سَبْعُوْنَ أَلْفَ مَلَكٍ حَتَّى يُصْبِحَ.

Apabila seseorang menjenguk saudaranya yang muslim (yang sedang sakit), maka (seakan-akan) dia berjalan sambil memetik buah-buahan Surga sehingga dia duduk, apabila sudah duduk maka diturunkan kepadanya rahmat dengan deras. Apabila menjenguknya di pagi hari maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar mendapat rahmat hingga waktu sore tiba. Apabila menjenguknya di sore hari, maka tujuh puluh ribu malaikat mendo’akannya agar diberi rahmat hingga waktu pagi tiba.”

(HR. at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad shahih).

Oleh karena itu, ada baiknya kita sebagai umat islam selalu meluangkan waktu untuk menjenguk orang yang sedang menderita sakit. Selain membuat orang tersebut merasa senang dengan kedatangan kita, menjenguk orang sakit merupakan sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa salam.

Baginda Nabi Muhammad shallalahu ‘alaihi wa salam juga mengajarkan doa tertentu yang dapat kita amalkan ketika menjenguk orang sakit. Insya Allah doa tersebut dapat membantu proses penyembuhan orang yang sedang menderita sakit tersebut.

Doa Ketika Menjenguk dan Meruqyah Orang Sakit

doa menjenguk orang sakit 1

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ مُذْهِبَ الْبَاسِ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شَافِىَ إِلاَّ أَنْتَ ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ALLAHUMMA RABBAN NAAS MUDZHIBAL BA’SI ISYFI ANTASY-SYAAFII LAA SYAFIYA ILLAA ANTA SYIFAA’AN LAA YUGHAADIRU SAQOMAN.

Artinya:

“Ya Allah Wahai Tuhan segala manusia, hilangkanlah penyakitnya, sembukanlah ia. (Hanya) Engkaulah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dariMu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi.” ( HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Doa menjenguk orang sakit diatas tentunya dapat menjadi doa khusus yang dapat kita bacakan saat kita menjenguk orang yang sedang menderita sakit. Kandungan doa tersebut yang meminta kesembuhan pada Allah subhana wa ta’ala karena hanya Dia-lah yang bisa menyembuhkan orang sakit.

Tanpa seizin Allah subhanahu wa ta’ala, obat semahal apapun tidak dapat menyembuhkan penyakit yang kita derita. Karena itu, kita wajib berdo’a ketika kita mengalami sakit atau melihat orang lain menderita sakit. Pastinya kita berharap semua doa yang kita panjatkan pada Allah subhanahu wa ta’ala akan diijabah dan berakibat baik pada kita semua.

Amalkanlah doa tersebut setiap kali kita menjenguk keluarga, teman, atau kerabat kita yang sedang menderita sakit. Semoga doa tersebut dapat mengundang ridha Allah subhanahu wa ta’ala dan menjadi penyembuh untuk orang yang sedang menderita sakit dengan penyakit apapun itu. Aamiin ya Rabbal alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *