Bacaan Doa Ketika Hati Sedang Gelisah Agar Merasa Lebih Tenang

Posted on

Doa Ketika Hati Sedang Gelisah – Hidup tenang tanpa banyak pikiran adalah harapan banyak orang. Namun, terkadang berbagai masalah datang dalam hidup yang membuat hati gelisah dan pikiran menjadi stres. Bahkan walaupun tanpa penyebab, kegelisahan juga bisa datang kapan saja.  Hati gelisah akan membuat kita menjadi tidak tenang, aktivitas menjadi terganggu dan tidak nyaman dalam menjalani kehidupan. Adapun penyebabnya macam-macam. Namun, hal yang harus kita sadari bahwa kegelisahan yang dialami yaitu salah satu ujian untuk manusia.

Cara yang bisa dilakukan ketika hati sedang gelisah yaitu memohon bantuan dan ketenangan pada Allah SWT. Anda bisa memanjatkan doa berikut ini untuk meminta ketenangan hati yang gelisah.

Bacaan Doa Ketika Hati Sedang Gelisah Agar Merasa Lebih Tenang

Segala sesuatu akan terganggu pada saat hati sedang gelisah. Oleh karena itu, saat anda gelisah anda jangan membiarkannya lama-lama. Anda bisa segera mengatasinya dengan membaca doa ketika hati gelisah agar tenang seperti berikut ini.

Doa Ketika Hati Sedang Gelisah

Itulah bacaan doa ketika hati sedang gelisah agar merasa lebih tenang beserta latin dan artinya. ( Baca juga : Doa Ketika Mimpi Buruk, Latin dan Artinya )

Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Gelisah

Selain memanjatkan doa di atas, ketika hati dan pikiran sedang gelisah anda juga bisa mencoba menenangkan hati gelisah dengan cara di bawah ini.

Sabar

Dalam menyelesaikan masalah, tidak ada cara terbaik selain dengan kesabaran. Oleh karena itu, apapun masalahnya anda harus menghadapinya dengan sabar.

Shalat

Ketika ada masalah, tidak ada hal terbaik  yang bisa kita lakukan selain dengan melaksanakan shalat. Maka dari itu, untuk membantu menenangkan hati dan pikiran yang gelisah, anda bisa shalat.

Meminta Pertolongan Melalui Doa

Bagi seorang mukmin, kekuatan terbesar yaitu doa. Oleh karena itu, anda harus memperbanyak doa supaya mendapatkan pertolongan dari Allah SWT.

Husnudzhon pada Allah

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menenangkan hati dan pikiran gelisah yaitu dengan selalu berprasangka baik pada Allah SWT. Anda harus menginngat bahwa setiap keputusan yang Allah berikan adalah yang terbaik bagi kita. Kita mungkin menginginkan sesuatu, padahal sesuatu tersebut tidak baik untuk kita, Allah akan menjauhkan kita dari keinginan itu agar kita bisa terhindar dan selamat. Hanya Allah yang tahu seperti apa jalan yang terbaik bagi umatNya.

Berwudhu

Apabila pikiran dan hati tidak tenang, maka kita harus segera berwudhu. Dengan berwudhu maka akan membantu membuat pikiran dan hati yang gelisah menjadi tenang.

Membaca Al-Qur’an

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk menenangkan hati dan pikiran yaitu dengan membaca Al-Qur’an. Dengan membaca Qur’an hati dan pikiran kita akan sejuk.

Zikir

Dengan berzikir maka kita akan mengingat Allah SWT. Maka dengan lebih sering berzikir maka kita juga akan lebih sering mengingat Allah. Sehingga pikiran dan hati kita akan menjadi tenang.

Selalu Bersyukur

Setiap manusia pasti pernah mengalami masalah dalam hidupnya. Namun, meskipun begitu kita seharusnya selalu bersyukur sebab nikmat yang Allah berikan jauh lebih banyak dari kegelisahan yang kita alami. Bahkan mungkin orang lain memiliki masalah yang lebih berat dibandingkan dengan masalah yang sedang kita alami saat ini.

Lihatlah orang-orang di bawah kita, dan janganlah kita melihat orang yang berada di atas kita agar kita tidak meremehkan nikmat yang Allah anugerahkan kepada kita.

Itulah doa saat hati gelisah dan cara menenangkan hati gelisah yang bisa anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *