Doa Keluarga Bahagia Dunia Akhirat

Posted on

Doa Keluarga Bahagia – Amanah besar yang dinamakan dengan pernikahan akan berlanjut pada mahligai rumah tangga. Rumah tangga yang harus dibina dan dijalankan untuk mencapai keluarga yang bahagia dan diridhai oleh Allah SWT. Keluarga menjadi bagian terpenting dalam hidup ini. Setiap orang tentunya ingin memiliki keluarga yang bahagia, baik dunia maupun akhirat. Lantas keluarga seperti apa yang disebut sebagai keluarga bahagia?

Dalam kehidupan rumah tangga semua orang tidak menginginkan kegagalan. Mereka ingin rumah tangga atau keluarga yang dibangun selalu bahagia. Oleh karena itu, setiap orang akan berusaha yang terbaik untuk kebahagiaan keluarganya. Keluarga menjadi kunci kebahagiaan untuk seseorang. Keluarga adalah rumah paling nyaman dan keluarga pun dianggap sebagai surga dunia.

Kebahagiaan keluarga itu sendiri tidak bergantung pada materi. Berdasarkan Islam, keluarga yang bahagia adalah keluarga yang berjalan sesuai dengan syariat dan akidah agama yang kemudian akan tercapai kehidupan keluarga yang Sakinah, Mawadah dan Marahmah.

Keluarga Bahagia Berdasarkan Islam

Ada beberapa tanda keluarga bahagia berdasarkan Islam. Berikut ini tanda-tanda keluarga bahagia yang dimaksud.
Istri Shalehah

Setiap pria tentu ingin mendapatkan pasangan yang shalehah. Kedudukan dari wanita shalehah lebih mulia dibandingkan dengan harta yang ada di dunia ini. Istri yang shalehah mampu menciptakan surga dalam keluarga. Ia akan menjadi yang terbaik untuk sang suami, selalu taat pada Allah SWT, mendidik anak dengan ajaran agama dan lain sebagainya. Baca juga: Desain rumah minimalis

Anak-Anak yang Berakhlak

Anak merupakan titipan dari Allat SWT. Anak menjadi elemen penting dalam sebuah keluarga. Selain istri shalehah, keluarga bisa dikatakan bahagia menurut Islam ketika memiliki anak yang berakhlakul karimah. Seorang anak yang dididik sejak kecil sesuai dengan ajaran agama akan memiliki akhlak yang baik, sholeh dan sholehah serta patuh pada kedua orangtuanya. Kelak anak akan menjadi kebanggaan orangtua di dunia dan menjadi penolong saat di akhirat.

Keluarga Barokah

Keluarga bahagia tidak diukur dari harta yang melimpah. Namun bagaimana memanfaatkan rezeki yang Allah SWT berikan agar lebih barkah.

Keluarga Sakinah

Keluarga sakinah memiliki arti keluarga yang penuh dengan kedamaian, ketenangan dan ketentarman. Untuk mencapai keluarga yang sakinah suami dan istri harus mampu menjalani hidupnya dengan penuh keimanan, saling percaya, saling menyayangi dan menerima kekurangan masing-masing.

Keluarga Mawaddah

Keluarga mawaddah berarti keluarga yang diliputi oleh cinta dan penuh harapan. Jika suami dan istri mampu saling mencintai maka keluarga yang terjalin pun akan harmonis dan indah.

Keluarga yang Rahmah

Keluarga bahagia menjadi tambah lengkap jika seorang suami mampu menyayangi istrinya dengan sepenuh hati, menghargai dan menafkahi secara ikhlas. Begitupun dengan seorang istri, ia memberikan cinta dan kasih yang tulus untuk suaminya, mendidik anak-anak dengan baik dan berusaha menciptakan keluarga yang bahagia. Serta selalu menjalankan perintah agama dan mengamalkan sunnah Rasulullah SAAW agar kehidupan rumah tangga mendapatkan rahmat dari Allah SWT. ( Baca  juga : Doa Keluarga Sakinah )

Doa Keluarga Bahagia Dunia Akhirat

Dalam berumah tangga ada satu doa yang diajarkan oleh Allah SWT dalam al-Qur’an. Dimana doa ini merupakan permohonan kebahagiaan dunia akhirat, serta permohonan agar dijauhkan dari siksa api neraka. Adapun doa yang dimaksud adalah berikut ini.

Doa Keluarga Bahagia

Demikian doa keluarga bahagia dunia akhirat. Bacalah, hayatilah, rutinlah dan telaahlah maknanya. Doa akan semakin ampuh saat anda mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *