Doa Kedua Orang Tua dan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Posted on

Doa Kedua Orang Tua dan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua – Jasa orang tua memang tidak akan pernah dibalas oleh anak. Sebagaimanapun besarnya harta dan materi yang diberikan anak untuk orang tuanya, tidak akan pernah sebanding dengan apa yang telah orang tua berikan kepada kita. Jasanya dalam melahirkan kita ke dunia dan membesarkan kita menjadi manusia yang berhasil menjadi bukti betapa mereka memiliki peran besar dalam hidup kita.

Terkait dengan orang tua, dalam Islam sendiri hubungan anak dengan orang tua merupakan hal yang sangat penting. Islam tidak hanya mengatur hubungan antara manusia dengan Allah saja, namun juga mengatur bagaimana hubungannya antra sesama manusia. Dalam hubungannya dengan sesma manusia (habluminanas) yang paling utama dan pertama bagi manusia adalah dengan orang tuanya sendiri.

Berbicara lebih lanjut mengenai hubungan anak dengan orang tua, maka slahsatu hal yang bisa dilakukan sebagai bentuk bakti anak kepada orang tua adalah dengan mendoakannya. Doa seorang anak kepada orang tua merupakan salahsatu dari tiga amalan yang dibawa sampai mati oleh orang tua kita. Dengan demikian, meskipun ia sudah meninggal, namun amalan tersebut tetap akan mengalir dan menjadi perhitungan di akhirat kelak. Tentu saja bisa menjadi penyelamat orang tua kita dari panasnya api neraka. Hal tersebutlah yang merupakan salahsatu cara untuk berbakti.

(Artikel menarik lainnya: Doa setelah sholat fardhu)

Doa Kedua Orang Tua dan Keutamaannya

Sebagai anak sudah sepantasnya kita membalas jasa orang tua kita yang telah melahirkan, membesarkan dan merawat kita sedari kecil. Tanpa ada mereka, kita tidak akan bisa lahir dan berkembang seperti sekarang. Untuk membalas jasa yang telah mereka berikan kepada kita, maka doa adalah hal tebaik yang bisa kita berikan. Terkadang kita lupa dan lebih mementingkan materi, namun demikian hal tersebut tidak sepenuhnya tepat. Pada dasarnya doa seorang anak bisa menjadi hal penting yang membawa mereka mendapat tempat terbaik di akhirat kelak.

Berbicara mengenai doa kedua orang tua, maka berikut ini kami berikan doa kepada orang tua yang bisa anda amalkan. Doa ini berisikanpermohonan kepada Allah SWT untuk senatiasa mengampunkan mereka dari perbuatan dosa. Selain itu jua doa tersebut merupakan permohonan agar Allah senantiasa memberikan penjagaan kepada mereka, seperti kala mereka menjaga kita di waktu kecil. Silahkan hapalkan dan amalkan doa kedua orang tua di bawah ini!

Doa Kedua Orang Tua dan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Demikian tadi doa kedua orang tua yang sederhana dan bisa anda amalkan setiap saat anda berdoa kepada Allah SWT. Meskipun sederhana, namun doa tersebut memiliki makna yang mendalam terhadap orang tua kita. Melalui doa sederhana tersebut kita sebagai anak bisa menunjukan bentuk rasa bakti kita terhadap mereka. Selain dengan doa di atas, anda juga bisa membacakan doa kedua orang tua yang ada di bawah ini. Silahkan simak!

Doa Kedua Orang Tua dan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Berikut ini kami juga berikan terjemahan latin yang bisa anda hapalkan.

Doa dia atas merupakan doa kedua orang tua dan saudara sesama muslim yang bisa kita panjatkan. Melalui doa di atas, selain mendoakan orang tua kita juga mendoakan saudara-saudara kita kamum muslimin agar senantia dilindungi oelh Allah SWT.

Keutamaan Doa Kedua Orang Tua

Lebih lanjut mengenai doa kedua orang tua, maka hal tersebut termasuk ke dalam bagian berbakti kepada orang tua. Di dalamnya ada keutamaan-keutamaan yang sebaiknya anda ketahui. Keutamaan tersebut diambil berdasarkan kepada hadist-hadist yang shahih atau terpercaya. Berikut ini kami berikan keutamaan dalam hal berbakti kepada orang tua. Silahkan anda simak di bawah ini!

1. Berbakti Kepada Orang Tua Adalah Amal Utama

Berdoa adalah wujud berbakti kepada orang yang nyata. Selain dengan membahagiakan mereka melalui hal-hal yang bersifat material, mendoakan mereka juga menjadi hal yang wajib kita lakukan. Terkait dengan berbakti kepada orang tua, tahukah anda jika berbakti kepada orang tua termasuk ke dalam amal utama? Ya, berbakti kepada orang tua termasuk ke dalam amal utama yang sebaiknya kita kerjakan.

Terkait dengan berbakti sebagai salahsatu dari amalan utama, maka anda bisa menyimak hadist Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan tiga amalan utama yang wajib kita kerjakan. Simak hadistnya di bawah ini!

Doa Kedua Orang Tua dan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Demikianlah hadist tersebut menjelaskan jika berbakti kepada orang tua sendiri termasuk ke dalam amalan utama selain sholat tepat pada waktunya dan melakukan jihad di jalan Allah SWT. Dengan demikian, maka selayaknya kita kini berbakti kepada mereka dan senantiasa memanjatkan doa kedua orang tua bagi mereka.

2. Memiliki Nilai Sebagai Jihad

Mungkin anda pernah mendengar jika berjihad di jalan Allah memiliki anjaran pahala yang besar, bahkan surga. Maka, jika anda ingin merasakan hal tersbut silahkan berbaktilah kepada orang tua anda. Sebuah riwayat memberikan gamabaran jika ternyata berbakti kepada orang tua bernilai sama dengan melakukan jihad fi sabilillah. Sehingga, tatkala di zaman Rasulullah ada seorang pemuda dan menawarkan diri untuk berjihad, Rasulullah justru bertanya mengenai orang tuanya. Beliau berkata, jika ingi berjihad, maka bersungguh-sungguhlah berbakti kepada orang tua.

Nah bagi anda yang menginginkan pahala yang besar sekaligus membalas jasa kedua orang tua anda, silahkan untuk berbakti kepada mereka. Dengan begitu pahal yang anda terima itu bisa senilai dengan jihad, dan diwaktu yang sama anda membalas kebaikan yang mereka berikan selama ini.

(Baca juga: Arti doa sholat dhuha)

3. Berpahala Senilai dengan Berhijrah

Berhijrah merupakan salahsatu momen penting yang dilakukan oleh Rasulullah dan umat Islam di zamannya. Dengan melakukan hijrah, Rasulullah pergi keluar dari kekufuran dan berpindahan menuju keimanan. Melihat hal tersebut, maka hijrah sendiri memiliki pahala yang besar dan juga posisi yang penting dalam kehidupan seorang muslim pada saat itu. Namun tahukah anda? Rasulullah pernah memerintahkan seorang lelaki untuk tetep tinggal dan tidak berhijrah untuk berbakti kepada orang tuanya.

Dari kisah di atas bisa disimpulkan jika berbakti kepada orang tua memiliki kedudukan yang sangat penting bagi seorang anak. Apalagi dalam Islam, Berbakti dan memanjatkan doa kedua orang tua menjadi hal yang sangat wajib dilakukan oleh seorang anak.

4. Surga Itu Ada Di Telapak Kaki Ibu

Ungkapan surga di telapak kaki ibu merupakan yang yang sangat nyata adanya. Sebagai anak, kita sebaiknya mendahulukan kepantingan meraka dibanding kepentingan pribadi kita. Jika diibaratkan maka kita ini selayaknya debu yang ada di bawah telapak kakinya. Sebab selama ini mereka juga lah yang menanggung beban atas penderitaan di kala melahirkan dan membesarkan kita.

Dari hadist ini pula kita melihat bahwa sesungguhnya keridhaan seorang ibu mampu menghantarkan anaknya ke dalam surga Allah SWT. Sehingga sebagai seorang anak, sepatutnya kita merendahkan diri di hadapannya atas keluhuran derajat dari seorang ibu.

Terkait dengan surga ada di telapak kaki ibu, maka berikut ini adalah hadist yang menjdi sumber dari ungkapan tersebut. Silahkan simak hadisnya di bawah ini!

Doa Kedua Orang Tua dan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Demikianlah hadist mengenai berbakti kepada orang tua, khususnya ibu. Melalui hadist tersbeut, ungkapan mengenai surga ada di telapak kaki ibu kita kenal. Melalui hadist tersebut juga kita diingatkan untuk senantiasa bebakti kepada orang tua dan mendahulukan mereka dibandingkan dengan kepentingan kita.

5. Panjang Umur dan Ditambah Rezekinya

Menjadi sukses dan berhasil merupakan hal yang pastinya diidamkan oleh smua orang. Berhasil dalam menggapai setiap cita-cita dan harapan adalah sebuah kebahagian tersendiri. Untuk menggapai itu semua tentunya diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang tidak mudah. Dari sekain banyak perjuangan yang harus dilakukan untuk mencapai hal tersebut adalah dengan berbakti kepada orang tua. Sebab pada dasarnya kesuksesan dari setiap orang tua itu juga berasal dari ridha orang tua.

Dengan doa dan restu yang kita dapatkan dari orang tua, maka kita akan merasakan kelancaran dalam setiap usaha yang kita lakukan. Tidak hanya menyangkut rezeki saja, namun keridahaan orang tua juga bisa menambah panjang umur. Keutamaan berbakti sama halnya dengan bersilaturahmi, yakni memanjangkan umur orang yang melakukannya. Oleh karena itu, sebaiknya kita senantiasa berbakti dan mendoakan orang tua kita di setiap kesempatan yang kita miliki.

6. Mendapatkan Ampunan Dari Allah SWT

Bagi anda yang masih memiliki orang tua, maka beruntunglah kalian sebab merka adalah sumber kebaikan dan rahmat Allah yang bisa anda dapatkan. Sebagai sumber rahmat Allah yang besar, maka wajiblah kita berbakti kepada mereka. Salahsatu bentuk rahmat Allah merlalui orang tua adalah mereka adalah salahsatu sumber pengampunan dari Allah SWT. Dengan kata lain, jika anda ingin mendapatkan pengampunan dari Allah SWT maka hendaklah berbakti dan memanjatkan doa kedua orang tua anda.

7. Taat Pada Orang Tua Sama Dengan Taat Pada Allah SWT

Sebagai umat muslim yang taat pada Allah SWT, maka sudah sepatutnya kita juga taat pada orang tua kita. Orang tua merupakan sumber rahmat bagi kita. Ridha yang diturunkan oleh Allah SWT juga tergantung pada ridha dari orang tua kita msing-masing, oleh karena itu sudah selayaknya kita taat pada mereka dan menghormati mereka. Dengan begitu maka kita termasuk ke dalam umat Allah yang taat dan patuh.

8. Ridha Allah SWT Tergantung pada Ridha Orang Tua

Pernahkah anda mendengar jika ridha Allah tergantung pada ridha yang diberikan orang tua? Jika yang maka berbakti kepada orang tua kita adalah sebuah keharusan. Sama halnya dengan ridha, murka orang tua juga merupakan murka dari Allah SWT. Dengan demikian maka barangsiapa yang membuat orang tuanya murka maka ia adalah termasuk ke dalam yang dimurkai oleh Allah SWT. Maka celakalah bagi mereka yang tidak menghormati orang tuanya, mereka yang tidak berbakti kepada orang tuanya. Sebab dengan perilaku demikian maka kemurkaan Allah SWT atas kita adalah hal yang begitu nyata. Dengan murka yang Allah SWT berikan pada kita, maka janganlah berharap kita bisa mendapatkan surga darinya, yang ada hanyalah penderitaan dan juga dosa yang begitu besar.

9. Berbakti Kepada Orang Tua Menajdi Pintu Taubat Bagi Kita

Suatu ketika Rasulullah pernah kedatangan seorang pemuda yang menanyakan apakah dosanya bisa dihapuskan? Rasulullah menjawab dengan telrbih dahulu memberikan pertanyaan mengenai orang tuanya, khususnya ibu. Kebetulan pemuda tersebut menjawab bahwa ia tidak memiliki ibu dan hanya memiliki seorang bibi. Dari jawaban tersebut kemudian Rasulullah menganjurkan sang pemuda untuk berbakti dan memuliakan sang bibi sebagai penganti orang tuanya. Dari kisah tersebut kita dapatkan ambil hikmahnya jika ternyata salahsatu pintu taubat yang bisa kita masuki adalah dengan cara berbakti kepada orang tua. Maka berbahagialah dan bersyukurlah bagi kita yang masih memiliki orang tua. Melalui orang tua tersebut kita bisa memohonkan pertaubatan atas sebuah doa besar yang kita pernah lakukan.

Terkait dengan kisah di atas dan keutamaan dari berbakti kepada orang tua, anda bisa menyimaknya di dalam hadist yang kami berikan di bawah ini!

Doa Kedua Orang Tua dan Keutamaan Berbakti Kepada Orang Tua

Demikianlah hadist yang berkenaan dengan berbakti pada orang tua yang bisa menjadi jalan bagi terbukanya pintu taubat dari Allah SWT. Oleh karena itu, muliakanlah orang tuamu selagi masih ada, jangan sampai kita menyesal karena terlamabat berbakti kepada mereka.

10. Bakti Kepada Orang Tua Adalah Tiket Menuju Surga

Sebagai manusia tentunya kita ingin bisa masuk ke dalam surga Allah SWT. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menuju surga yang Allah janjikan tersebut. Tenutnya sebagai umatnya kita harus senantiasa taat pada ajaran-Nya dan menajuhi segala bentuk larangannya. Dari sekian banyak cara kita menuju surga Allah SWT salahsatu caranya adalah dengan memuliakan orang tua dan berbakti kepada mereka.

Terkait dengan hal tersebut Rasulullah sendiri pernah memberikan penjelasan, jika orang tua merupakan pintu surga yang paling tengah di antara pintu surga lainnya. Kita bisa saja menyia-nyiakan pintu tersebut, namun juga bisa menjaganya untuk kita kelak. Oleh karena itu, berbahagialah bagi mereka yang masih memiliki orang tua, sebab pintu menuju ke dalam surga Allah mash bisa dijaga. Dengan demikian kita bisa mengusahakan sebaik mungkin untuk memuliakan mereka dan mendapatkan tiket menuju ke surga.

Banyak sekali ayat Al-quran dan juga hadist terkait dengan berbakti kepada orang tua ini. Anda juga bisa mengikuti ayat Al-Quran mengenai bagaimana kita memperlakukan orang tua kita. Melalui petnjuk Al-Quran kita bisa mengetahui cara terbaik memuliakan orang tua yang menjadi tiket kita menuju ke surga.

Dalam sebuah riwayat juga dikisahkan jika dalam suatuketika Rasulullah didatangi malaikat Jibril yang membisikannya mengenai tiga perkara. Di saat itu Rasulullah menjawab hal tersebut dengan mengaminkannya. Dari tiga perkara yang disampaikan, salashsatunya adalah berkaitan dengan berbakti kepada orang tua. Kata Jibril “Celaka dan hinalah mereka yang merasakan hidup dengan kedua orang tuanya, namun hal itu tidak lantas membuat dirinya masuk ke dalam surga yang Allah janjikan.

Dari kisah tersebut menunjukan, bahwa sebanrnya betapa dekatnya kita degan pintu surga sehingga hinalah kita bila tidak menghiraukannya. Tiket tersebut begitu dekat untuk kita gapai, namun pada kenyataanya seringkali justru kita merobek dan membuangnya begitu saja. Bahkan bagi mereka yang memilki sejumlah hambatan, hal tersbut tidak benar menjadi alasan bagi kita menyia-nyiakan tiket yang begitu nyata ditunjukan oleh Allah SWT ini.

Maka, marilah kita berbakti kepada orang tua kita selagi masih ada doakan orang tua kita setiap saat demi kebaikan mereka. Dengan demikian ktia bisa membalas kebaikan mereka dan meraih surga yang telah Allah berikan.

Demikianlah doa kedua orang tua yang bisa anda panjatkan kepada Allah SWT dan keutamaan dari berbakti kepada orang tua. Dengan memanjatkan doa ini kita bermohon kepada Allah SWT agar Allah mau mengampuni dosa dan memberikan rahmat kepada orang tua kitaa. Dengan memanjatkan doa kedua orang tua ini juga merupakan sebuah bentuk rasa bakti kita sebagai anak yang sudah dirawat sejak kecil. Balas budi berupa materi tidak akan pernah bisa membalas budi mereka. Hanya doa anak yang sholeh yang mampu menyelamatkan merek dari siksa api neraka. Oleh karena itu, jangan lupa untuk senantiasa berdoa ata orang tua kita.

Silahkan ajak teman, sahabat, keluarga dan orang terdekat anda untuk terus mendoakan orang-orang tuanya. Anda bisa membagikan doanya melalui media sosial yang anda miliki dengan cara menekan tombol berbagi yang telah disediakan pada bagian bawah artikel ini. Anda juga bisa berbagi komentar dengan teman dan para pembaca lainnya. Silahkan anda isi bagian kolom komentar di bawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *