Doa Kafarah Ghibah Untuk Menghapus Dosa Ghibah

Posted on

Doa Kafarah Ghibah – Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu perilaku ghibah atau menggunjing orang lain. Ghibah merupakan perbuatan yang Allah larang dan termasuk salah satu perbuatan yang berdosa.

Baca juga : Doa Terbebas Hutang Beserta Artinya

Doa Kafarah Ghibah Beserta Latin dan Artinya

Berikut ini doa kafarah ghibah yang dapat anda baca beserta latin dan artinya.

Doa Kafarah Ghibah

Doa ini bisa anda baca kapanpun ketika anda merasa sudah melakukan ghibah pada orang lain. Doa kafarah ghibah itu sendiri yaitu doa yang dipanjatkan pada Allah SWT supaya kita mendapatkan ampunan dari Nya atas dosa ghibah yang sudah kita perbuat.

Bagaimana Cara Menghapus Dosa Ghibah?

Ada beberapa amalan yang bisa kita lakukan untuk menghapus dosa ghibah. Berikut ini amalan yang bisa kita lakukan.

Meminta Maaf Kepada Orang yang Sudah Kita Gunjing

Apabila kita melakukan ghibah terhadap seseorang, kemudian beritanya sudah tersebar luas, maka dianjurkan untuk memohon maaf langsung pada orang yang dighibah. Tentunya ini dilakukan agar kita mendapatkan maaf dari mereka yang sudah kita gunjing.

Memohon Ampunan Bagi Orang yang Dighibah

Agar kita mendapatkan ampunan dari dosa ghibah, maka kita dianjurkan untuk memohon ampunan pada Allah SWT atas dosa-dosa orang yang sudah kita ghibah.

Taubat Nasuha

Siapa saja yang sudah melakukan kesalahan, maka dianjurkan untuk melakukan taubat dengan sungguh-sungguh supaya segala dosanya diampuni oleh Allah SWT.

Melakukan Sholat Sunnah

Jika kita memperbanyak melakukan sholat sunnah, yang merupakan pelengkap sholat wajib, maka perbuatan dosa yang dilakukan akan dihapuskan.

Memperbanyak Dzikir

Dengan berdzikir maka Allah akan mengampuni dosa-dosa yang sudah dilakukan oleh hambanya. Oleh karena itu, agar dosa ghibah diampuni, maka kita harus memperbanyak berdzikir.

Memperbanyak Sedekah

Melakukan sedekah akan mendapatkan banyak manfaat, salah satu manfaatnya yaitu terbukanya anugerah Allah. Oleh karena itu, anda harus memperbanyak sedekah.

Memperbanyak Istighfar

Sebagai seorang muslim kita hendaknya memperbanyak istighfar untuk meminta ampunan dari segala dosa yang sudah diperbuat, baik dosa yang disengaja atau dosa yang tidak disengaja.

Menjaga Tali Silaturahmi

Silaturahmi merupakan salah satu amalan yang akan membukakan pintu rezeki dan menghapus dosa. Untuk menghapus dosa ghibah, maka anda harus menjaga silaturahmi.

Tips Agar Terhindar Dari Dosa Ghibah

Sebaiknya kita menjaga diri supaya tidak terjerumus ke dalam dosa ghibah. Nah, agar terhindar dari dosa ghibah, cara berikut ini bisa anda lakukan.

Pilih Lingkungan yang Baik

Ghibah akan bermula biasanya saat kita asik berbincang dengan orang yang berada di sekeliling kita. Dosa ghibah akan lebih mudah dilakukan saat orang yang berada di sekeliling yaitu tipe orang yang suka membicarakan keburukan orang lain. Oleh karena itu, untuk menghindari dosa ghibah ini, kita harus memilih lingkungan yang baik.

Melatih Diri Agar Melihat Hal Positif

Perilaku ghibah dapat terjadi saat tidak mampu melihat hal positif dari orang lain. Seperti yang kita ketahui, setiap orang memiliki sisi baik dan buruk. Supaya kita bisa terhindar dari perilaku ghibah, maka sebaiknya kita melatih diri agar bisa melihat sisi positif dari hal-hal yang berada di sekeliling kita.

Perbanyak Istighfar

Perilaku ghibah dapat terjadi saat hati tidak mampu menghindar dari godaan setan.  Hal itu disebabkan karena hati tertutup oleh dosa yang banyak sehingga hidayah dari Allah tidak mampu kita tangkap. Nah, agar terhindar dari dosa ghibah, kita harus membiasakan untuk memperbanyak istighfar agar dosa-dosa kita terhapus.

Jangan Biasakan Membicarakan Orang Lain

Hindari kebiasaan membicarakan orang lain. Caranya yaitu dengan mencari bahan obrolan lain yang lebih bermanfaat saat kita berkumpul dengan teman.

Itulah doa kafarah ghibah beserta cara menghapus dosa ghibah dan tips menghindarinya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *