Doa Jodoh Bagi Laki-Laki dan Perempuan yang Bisa Anda Ikuti

Posted on

Jodoh merupakan salahsatu hal yang menjadi ketentuan dari Allah SWT. Jodoh termasuk ke dalam takdir yang sudah ditentukan oleh Allah SWT. Meskipun demikian , bukan berarti kita tidak berusaha dan berikhtiar untuk mendapatkannya. Sebagai manusia kita tetap harus berusaha dan meinta bantuan-Nya untuk mendapatkan jodoh yang terbaik. Anda bisa mengamalkan doa jodoh dan berikhtiar dengan melakukan taaruf pada wanita/pria yang menurut anda sesuai dengan kriteria.

Terkadang banyak orang yang hanya berusaha dan melupakan untuk berdoa. Padahal sebagai seorang Muslim yang baik seharusnya kita melakukan doa kepada Allah untuk mendapatkan jodoh terbaik. Ada banyak doa jodoh yang bisa dipanjatkan dalam rangka pencarian jodoh yang baik. Doa jodoh tersebut bisa diamalkan dengan mudah di dalam keseharian kita.

Doa jodoh merupakan salahsatu hal yang begitu penting dalam usaha kita mendapatkan jodoh. Selain dengan usaha yang besar, doa yang konsisten dan memohon kepada Allah SWT merupakan jal yang sngat penting. Doa-doa tersebut merupakan harapan yang baik kepada Allh SWT sebagai sang pencipta dan maha mengatur kehidupan kita. Atas kehendaknya kita bisa menemuakn jodoh kta yang memang sudah disiapkan oleh Allah SWT. Karena pada dasarnya sebagai manusia kita sudah diciptakan untuk hidup berpasang-pasangan.

Doa Jodoh Lengkap dan Kriteria Jodoh Dalam Islam

Dalam Islam sendiri,pencarian jodoh sendiri disarankan untuk memenuhi kriteria yang dianjurkan Rasulullah. Ada adab yang perlu diikuti agar proses pencarian tersebut berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan agama. Tidak ada alasan bagi seorang muslim untuk tidak mengikuti adab tersebut, karena pada dasarnya hal tersebut menjadi tuntunan agar kita bisa mendapatkan jodoh yang terbaik. Terbaik di sini adalah yang menurut pandangan Allah SWT dan bukan menurut orang sekitar. Dengan menikuti standar kriteria yang Allah SWT teah tetapkan, maka Insyalllah kita bisa menempuh kehidupan berpasang-pasangan yang langgeng dan bertahan hingga akhirn hayat.

Jodoh merupakan sebuah takdir yang telah menjadi ketentuan Allah SWT, namun Islam tidak membiarkan umatnya berhenti untuk mencari. Pencarian jodoh merupakan salahsatu bentuk usaha dari seorang manusia untuk mendapatkan jodohnya. Tidak terbatas pada perempuan atau laki-laki, anda bisa mengamalkan doa jodoh ini untuk mencapai maksud dan tujuan masing-masing. Semoga dengan doa jodoh tersebut, pasangan yang kita harapkan bisa datang dan menjadi bagian dari hidup kita.

Doa Jodoh Bagi Laki-Laki yang Mencari Calon Isteri

Hidup berpasangan sudah menjadi salahsatu sunatullah yang sebaiknya kita jalankan. Tentunya dengan hidup berpasangan akan ada banyak kebaikan yang bisa didapatkan dibandingkan kemudharatan. Meskipun demikian cara yang ditempuh juga harusnya sudah berlandaskan pada adab mencari pasangan yang benar menurut agama Islam.

Seorang laki-laki merupakan seorang imam dan pemimpin. Salahsatu pengaplikasian yang paling nayata adalah memiliki jodoh, pasangan atu juga seornga istri. Dalam kondisi tersebut seorang laki-laki sudah masuk ke dalam fase dewasa dan menyempurnakan setengah agamanya. Dengan memukan jodoh yan gtepat dan menyegerakan menikah bagi yang sudah mampu maka bisa menjauhkanya dari perbuatan doa.

Oleh karena bagi anda laki-laki yang sudah mampu secara material dan kesiapan psikis segerakanlah untuk menikah dibanding harus menundanya. Bagi anda laki-laki yang sudah mampu dan memiliki kesiapan, maka mencari jodoh dan menikah menjadisebuah hal yang wajib untuk dilakukan. Banyak sekali fungsi dan manfaat dari sebuah pernikahan dibandingkan dengan hidup melajang tanpa mengusahakan dan bahkan menampik jodoh yang telah disiapkan Allah SWT.

Berikut ini adalah doa jodoh bagi laki-laki yang sedang mencari jodoh atau pasangan hidup. Anda bisa mengamalkan doa ini untuk membantu ikhtiar anda meneukan pasangan ataujodoh yang tepat sesuai dengan harapan. Silahkan dimak doa jodoh bagi laki-laki yang sedang menjadi isteri di bawah ini!

Doa Jodoh Bagi Laki-Laki dan Perempuan yang Bisa Anda Ikuti

Demikian tadi merupakan doa jodoh yang bisa anda amalkan dalam usaha anda menemukan jodoh yang tapat sesuai dengan hati dan harapan. Doa tersebut seolah melengkapi usaha anda sebagai seorang lelaki yang mencari pasangan hidup sesuai dengan apa yang Allah SWT sampaikan. Doa tersebut meru[akan sebuah permohonan kepada Allah SWT atas calon isteri yang sesuai dengan petunjuk kriteria dari Allah SWT. Selain itu, doa tersebut merupakan sebuah bentuk permintaan bahwa calon pasangan atau jodohnya kelak merupakan teman terbaik dalam bebrgai bidang hidup suaminya.

(Artikel menarik lainnya: doa sesudah sholat tahajud)

Doa Jodoh Bagi Wanita yang Menginginkan Kemudahan Pasangan

Tidak hanya bagi laki-laki, usaha untuk mendapatkan jodoh juga dilakukan oleh para wanita. Diriwayatkan bahwa dalam Islam sendiri menikah sebenarnya bukanlah menjadi hal yang wajib dan diharuskan dilakukan oleh wanita. Tidak ada larangan bagi seorang wanita untuk hidup melajang. Meskipun demikian , menikah lebih dianjurkan dan disarankan untuk menghindarkan dari perbuatan-perbuatan tercela.

Terdapat begitu manfaat yang didapatkan oleh seorang manusia, baik lelaki atau wanta dari kehidupan menikah. Menikah sendiri tidaklah selalu manis, tidak dipungkiri jika menikah sendiri memiliki sisi pahit yang justru bisa menjadi ladang pahala. Kepahitan yang ditemukan dalam pernikahan justru menjadi ladang pahala yang begitu besar.

Menemukan jodoh dan menikah juga tentunya menjadi impian yang banyak sekali diidamkan oleh banyak wanita. Bagi seorang wanita sendiri memilih pasangan menjadi hal yang penting. Penting karena ia harus memilih seorang imam atau pemimpin yang membimbing sampai kelak akhir hayat. Tentunya ikhtiar yang dilakukan juga haruslah sangat besar. Memilih dan berhati-hati menjadi hal yang patut diperhatikan sesuai dengan anjuran agama.

Tidak terkecuali bagi seorang wanita, memilih jodoh haruslah meminta petunjuk dari Allah SWT. Wanita bisa memanjatkan doa jodoh untuk meminta petunjuk laki-laki yang terbaik yang bisa menemaninya. Doa jodoh bisa dipanjatkan dalam berbagai kesempatan dan waktu berdoa yang tepat. Dengan doa jodoh tersebut, diharapakan Allah bisa membantu menunjukan jodoh terbaik yang bisa ia dapatkan. Meskipun demikian , ikhtiar dan usaha secara nyata juga harus dilakukan. Doa jodoh merupakan elemen lain yang memberikan kekuatan kepada hati untuk memilih calon yang paling terbaik.

Terkait dengan doa jodoh, khususnya bagi para wanita yang sedang mencari pasangan hidup, berikut kami berikan doa jodoh yang bisa diamalkan. Silahkan simak doa jodoh di bawah ini, hapalkan dan amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Simak!

Doa Jodoh Bagi Laki-Laki dan Perempuan yang Bisa Anda Ikuti

Begitulah doa jodoh yang bisa diamalkan dalam rangka ikhtiar kita mencari pasangan secara spiritual. Selain itu, perlu diperhatikan juga mengenai perilaku dan tingkah laku kita. Ingatlah jika lelaki terbaik diciptakan untuk wanita terbaik juga. Oleh karena, perbaikan aklahk sembari mencari pasangan adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Dengan demikian, pasangan yang hadir dalam kehidupan kita adalah yang terbaik secara akhlak. Tentunya anda ingin memiliki seorang suami dan imam yang berakhlak mulia dan baik bukan?

Kriteria Memilih Pasangan Dalam Islam

Agama Islam sendiri memberikan petunuk yang jelas kepada kita dalam pemilihan calon pasangan dalam hidup. Dengan pemilihan pasangan yang terbaik, maka diharapkan jodoh kita tersebut bisa langgeng hingga akhir hayat nanti. Terkait dengan itu ada 4 kriteria yang sebenarnya diberikan oleh Islam sebagai agama Allah SWT. Keempat kriteria tersebut semuanya memberikan petunjuk abgi kita dalam pemilihan pasangan.

Bagi anda yang penasaran dengan kriteria apa saja yang sebenarnya diatur oleh Islam? Silahkan anda simak 4 kriteria pemilihan pasangan dalam Islam yang bis anda ikuti demi jodoh terbaik dalam hidup anda.

1. Paras Tampan dan Rupawan atau Cantik

Bagi anda yang tengah memilh calon pasangan silahkan lihat terlebih dahulu fisiknya. Memilih calon pasangan berdasarkan fisik itu diperbolehkan oleh Rasulullah SAW. Mengapa demikian? Salahsatu tujuan dari hubungan pernikahan sendiri adalah persoalan ketentraman hati, dengan fisik atau paras yang rupawan, bisa menimbulkan ketentraman hati. Hal tersebut tidaklah dipungkiri, sebab sebagai manusia kita juga memiliki preferensi keindahan yang berbeda dan memiliki subyektifitas masing-masing dalam urusan fisik.

Hal tersebut cukup penting, sebab jika dari awal sendiri kita sudah tidak memiliki ketertarikan, bagaimana bisa membentuk sebuah keluarga yang tentram dan damai. Dalam sebuah riwayat juga disebutkan bahwa seorang sahabat diminta untuk kembali melihat fisik wanita yang hendak dinikahinya. Dengan demikian sahabat itu agar bisa mempertimbangakan hubungannya dari segi fisiknya.

(Simak juga: doa selepas solat fardhu dan terjemahan)

2. Keturunan atau Silsilah

Mungkin anda pernah mendengar istilah bibit, bebet, dan bobot yang begitu diperhitungkan para orang tua ketika memilihkan anaknya pasangan. Dalam Islam sendiri peroalan tersbut diperhatikan, salahsatunya adalah mengenai bibit, yakni silsilah atau keturunan dari calon pasangan dan jodoh kita. Seseorang dianjurkan unutk mengenal nasab atau silsilah keturunannya ketika sedang menentukan pasangan atau jodoh yang hendak ia persunting.

Silsilah atau nasab mempengaruhi sikap dan sifat dari pasangan yang hendak kita persunting. Keluarga merupakan sekolah pertama yag mengajarkan akhlak. Ilmu serta iman dari seorang anak manusia. Oleh karena itu, Insyaallah seorang yang dibesarkan oleh keluarga yang baik memiliki akhlak yang baik juga.

Mengetahui mengenia nasab juga terkait erat dengan syarat sah sebuah pernikahan. Salashatu permasalah yang pelik dan masih sering menjadi salah kaprah adalah mengenai perwaqlian dalam pernikahan. Ada beberapa contoh kasus mengenai anak yang lahr dari pasangan yang belum sah menikah, yang akhirnya membuat anak tersebut perwaliannya dinasabkan pada orang yang salah. Hal tersebut bisa membuat pernikahan anda dengan calon pasangan tidak sah secara agama.

Oleh karena itu, silahkan cari tahu terlebih dahulu nasab calon pasangan kita sebelum meminang dan melangsungkan pernikahan. Dengan begitu pernikahan yang kita lakukan bisa sah dan sesuai dengan apa yang disyaratkan oleh agama.

3. Kesetaraan Harta dan Kedudukan Sosial

Pada faktor atau kriteria pernikahan ini sebenarnya bukanlah menjadi suatu ha yang begitu esensial. Meksipun demikian, ada baiknya kriteria berikut ini dipertimbangkan dala mproses pemilihaan pasangan atau calon jodoh untuk masa depan kita. Kesetaraan harta dan kedudukan sosial merupakan masalah yang terkedan sepele namun bias berakibat fatal jika tidak dipikirkan dengan baik. Sebab kedua hal tersebut bisa memicu keretekan di dalam sebuah hubungan.

Banyak kasus yang memperlihatkan perbedaan mencolok antara suami an isteri, di mana sang isteri memiliki kelebihan dalam bidang sosial dan harta. Tidak jarang sang suami sebagai imam merasa kurang dan dilecehkan, karena menurut dang isteri suaminya tidak mampu memberikan kewajiban dalam dua hal tadi. Meskipun demikian tidaklah selamanya hal tersebut mejadi persoalan, sebab ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meredam masalah-masah tersebut muncul dan merusak etentraman dalam sebuah hubungan.

Hikmahnya adalah seorang imam hendaklah mampu berusaha untuk memberikan kesetaraan dengan pasangannya. Dalam hal ini, sebagai seorang laki-laki yang hendak menajdi imam kita bisa berusaha untuk memenuhi kewajiban kepada isteri atau pasangan kita dalam berbagai hal termasuk harta.

4. Berdasarkan Agama dan Keimanannya

Jika kesemua kriteria di atas sudah anda dapatkan dari calon jodh, maka yang paling penting adalah melihat dari segi agamanya. Penting untuk memiliki pasangan yang seiman dengan kita, agar kita bisa menjalankan syariat Islam sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh Allah. Oleh karena itu, silahkan piliha calon jodoh yang berasal dari kalangan Islam dan seiman dengan tingkat keimanan yang baik dan bagus.

Dri tihga kriteria sebelumnya yang telah ditetapkan oleh Nabi SAW di atas, kriteria agama inilah yang apling penting. Jika dari ketiga kriteria di atas kita tidak menemukannya, maka pertimbangan terakhir berdasarkan pada kriteria ini. Kriteria keimanan dan agama ini merupakan hal yang paling esensial dari pemilihan pasangan dan jodoh. Dengan baiknya agama dalam diri pasangan kita, maka Insyaallah ia bia membawa kita pada ketakwaan terhadap Allah SWT.

Kriteria penentuan jodoh berdasarkan agama ini juga terdapat di dalam surat Hujurat yang ada di dalam Al Quran. Berikut dalil yang bisa anda ketahui. Simak di bawah ini!

Doa Jodoh Bagi Laki-Laki dan Perempuan yang Bisa Anda Ikuti

Dari ayat di atas kita bisa simpulkan bahwa keimanan seseorang yang menunjukan kemuliaan dari seseorang. Maka silahkan pilih pasangan yang beriman kepada Allah yang insyaallah bisa membawa kita pada kemuliaan kehidupan di dunia maupun akhirat kelak. Ketakwaan pasangan kita juga menjadi sebuah pertahanan dan perlindungan diri dari berbagai hal yang mancing azab Allah SWT. Tentunya kita tidak ingin mendapatkan azab dari Allah SWT, maka dengan bertakw dan berpasangan dengan pasagan yang bertakwa bisa membawa kita menjauhi azab Allah SWT.

Nabi SAW juga pernah bersabda jika datang seorang lelaki yang baik akhlaknya dan takw terhadap Allah SWT, maka segerakanlah untuk menikahkannya. Dengan begitu maka akan menghidarkan daripada berbagai fitnah serta kerusakan. Bisa dilihat jika pernikahan berdasarkan ketakwaan dan keimanan bisa menyelamatkan kita dari segala bentuk kerusakan.

Demikianlah tadi doa-doa yang bisa anda panjatkan kala sedang beriktiar dan berusaha mendapatkan jodoh. Doa jodoh di atas bisa anda amalkan sembari mengiringi usaha andamendekatkan diri dengan jodoh yang anda rasa pas. Dengan begitu, semoga Allah SWT bias mengabulkan jodoh yang selama ini anda harapakan. Jangan lupakan juga kriteria jodoh yang ada di dalam agama Islam. Dengan mengikuti kriteria tersebut, maka insyaallah jodoh yang kita dapatkan merupakan yang terbaik menurut Allah SWT.

Jangan lupa bagikan artikel mengenai doa jodoh dan kriteria jodoh dalam Islam. Anda bisa membagikan doa jodoh dalam Islam ini dengan cara menekan tombol berbagi yang telah disediakan pada halama ini. Dengan menekan tombol tersebut kita sudah bisa mulai membagikannya kepada teman dan sahabat anda di media sosial yang kita miliki. Jangan lupa juga untuk berbagi komentar terkait dengan doa jodoh ini melalui kolom komentar pada bagian bawah artikel. Selamat berikhtiar mencari jodoh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *