Doa Istiqomah Sesuai Hadist Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Salam

Posted on

Sebagai umat islam, tentunya kita selalu berkeinginan untuk tetap berada di jalan yang lurus. Kita tidak ingin terjerumus ke jalan yang tidak diridhai oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena hanya akan merugikan kita baik di dunia ataupun do akhirat kelak.

Namun sebagai manusia, tentunya kita memiliki banyak kekurangan dan kelemahan salah satunya untuk tetap taat berada di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Kita seringkali lemah dan memalingkan diri dari ketentuan yang telah di tetapkan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bahkan seseorang yang telah memutuskan untuk berhijrah di jalan Allah Subhanahu Wa Ta’ala pun masih harus menghadapi ujian yang membuatnya terkadang goyah untuk tetap istiqamah. Mereka harus menghadapi ujian untuk menguji tingkat keimanannya.

Terutama godaan-godaan di akhir zaman ini menjadi semakin banyak dan beragam bentuknya. Selalu saja ada godaan yang mencoba untuk melemahkan iman kita dalam kehidupan kita sehari-hari. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Salam bahkan pernah bersabda mengenai hal tersebut yaitu,

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

يَأْتِى عَلَى النَّاسِ زَمَانٌ الصَّابِرُ فِيهِمْ عَلَى دِينِهِ كَالْقَابِضِ عَلَى الْجَمْرِ

“Akan datang kepada manusia suatu zaman, orang yang berpegang teguh pada agamanya seperti orang yang menggenggam bara api.” (HR. Tirmidzi no. 2260. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Oleh karena itu, sudah seharusnya kita sebagai manusia yang memiliki banyak kelemahan dan kekurangan untuk senantiasa memohon kepada Allah agar hati kita tetap teguh berada di jalan-Nya. Hati manusia itu lemah, sangat mudah untuk terombang-ambing di antara godaan-godaan yang semakin banyak.

Panutan kita Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Salam pun bahkan mengajarkan secara langsung kepada kita mengenai doa untuk memohon keteguhan hati dalam agama. Doa tersebut tentunya dapat kita amalkan untuk terus memohon ridha dan perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk selalu berada dalam lindungan-Nya.

Doa  Istiqomah Sesuai Hadist

Dari ‘Abdullah bin ‘Amru bin Al ‘Ash berkata bahwasanya ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ قُلُوبَ بَنِي آدَمَ كُلَّهَا بَيْنَ إِصْبَعَيْنِ مِنْ أَصَابِعِ الرَّحْمَنِ كَقَلْبٍ وَاحِدٍ يُصَرِّفُهُ حَيْثُ يَشَاءُ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ مُصَرِّفَ الْقُلُوبِ صَرِّفْ قُلُوبَنَا عَلَى طَاعَتِكَ

“Sesungguhnya hati semua manusia itu berada di antara dua jari dari sekian jari Allah Yang Maha Pemurah. Allah Subhanahhu Wa Ta’ala akan memalingkan hati manusia menurut kehendak-Nya.” Setelah itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berdoa; “Allahumma mushorrifal quluub shorrif  quluubanaa ‘ala tho’atik” [Ya Allah, Dzat yang memalingkan hati, palingkanlah hati kami kepada ketaatan beribadah kepada-Mu!] (HR. Muslim no. 2654).

Itulah doa istiqomah yang dapat kita amalkan untuk memohon ridha dan perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk tetap berada di jalan agama-Nya yang lurus. Doa tersebut dapat kita amalkan dalam doa sehari-hari kita.

Setiap godaan yang datang dan terkadang menggoyahkan iman kita, semata-mata terjadi hanya untuk menguji sejauh mana iman kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan sekeras apa kita bisa berusaha untuk tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan. Tentunya kita semua harus tetap memohon Kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk memiliki hati yang teguh dalam agama-Nya. Ammin ya Rabb ‘al Alamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *