Doa Istikharah yang Bisa Anda Amalkan Ketika Menemukan Keraguan

Posted on

Doa Istikharah yang Bisa Anda Amalkan Ketika Menemukan Keraguan – Sebagai manusia tentunya kita membutuhkan banyak sekali petunjuk untuk menjalani hidup ini. Petunjuk diperlukan ketika kita menghadapi berbagai macam permasalahan yang setiap waktu selalu datang dan tidak berhenti menguji kita. Sebagai makhluk yang lemah, hanya kepada Allah lah kita pantas meminta petunjuk dan juga pertolongan. Dengan kuasanya yang tidak terbatas, maka permasalahan sebesar apapun yang menghadang kita menjadi tidak berarti sama sekali dan bisa dengan sukses kita lewati.

Berbicara lebih lanjut mengenai petunjuk Allah SWT, maka ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk meminta petunjuk dan juga pertolonganya tersebut. Sebagi manusia kita diwjibkan untuk menunaikan shalat dan berdoa kepadanya. Melalui doa-doa tersebutlah keinginan dan harapan yang dimiliki kita sampaikan padanya. Doa-doa jug amenjadi media kit meminta pertolongan dan petunjukanya atas setiap permasalahan yang kita hadapi di momen tersebut.

Lebih lanjut mengenai meminta petunjuk Allah SWT, maka dalam Islam sendiri kita dianjurkan untuk melakukan sholat sunnah di luar sholat wajib 5 waktu. Adapun sholat yang dianjurkan tersebut adalah sholat sunnah istikharah. Sholat sunnah ini dianjurkan bagi mereka yang tenagh berada dalam keraguan hati dan ingin diyakinkan melalui petunjuak Allah SWT. Anda bisa melakukan sholat ini dengan masalah yang berbeda dengan konteks meminta petunjuk.

(Artikel menarik lainnya: Doa qunut latin)

Doa Istikharah yang Dibacakan Selepas Sholat Istikharah

Tidak hanya melakukan sholat saja, namun selepas sholat anda bias langsung mengadukan a= keraguan apa yang selama ini menggelayut di dalam benak anda. Selepas sholat anda juga dianjurkna untuk membaca doa istikharah yang berisi mengenai permohonan petunjuk yang terbaik berdasarkan ketetapan Allah SWT.

Dengan melakukan sholat istikharah dan memanjatkan doa istikharah selepas sholat insyaallah permasalahan dan kerguan dalam benak anda tersebut perlahan-lahan bisa terbuka. Semua pertanyaan dan keraguan yang selama ini menggelayuti pikiran anda perlahan menemukan jawabannya melalui keyakinan hati.

Berbicara lebih lanjut mengenai doa istikharah, maka berikut ini kami berikan doa yang bisa anda berikan selepas sholat tersebut anda lakukan. Silahkan bacakan doa berikut ini dan dapatkan jawaban atas keraguan hati yang selama ini anda rasakan. Simak di bawah ini!

Doa Istikharah yang Bisa Anda Amalkan Ketika Menemukan Keraguan

Demikianlah doa istikharah yang dianjurkan dibacakan selepas andamenjalankan sholat istikharah. Silahkan anda hapalkan dan gali maknanya lebih dalam melalui gambar di atas. Namun bagi anda yang belum fasih membaca tulisan arab dan ingin tetap menghapalkannya silahkan simak terjemahan latinnya di bawah ini. Terjemahan latin di bawah ini bisa memudahkan anda dalam menghapalkan doa tersbut dan mengamalkannya selepas menjalankan sholat istikharah.

Doa Istikharah yang Bisa Anda Amalkan Ketika Menemukan Keraguan

Dalil Mengenai Sholat Istikharah

Sholat istikharah sendiri memiliki hukum sunnah seperti apa yang dijelaskan oleh para ulama. Dalam dalil sholat istikharah sendiri dijhabarkan jika dengan melakukan sholat ini, maka kita meyerahkankeraguan kita kpada-Nya. Kita berharap pertolongannya dan petunjuknya. Dengan demikian kita bisa memiliih hal yang baik dna benar sesuai dengan ilmu dan ketentuan dari Allah SWT.

Sholat istikharah sendiri pernah dilakukan oleh Zainab ra yang mreupakan istri Rasulullah. Zainab ra melakukan istikharah ketika dirinya dilamar atau diprsunting oleh Nabi Muhammad SAW. Beliau menyatakan keraguan beliau atas jawaban apa yang harunya diberikan. Atas keraguannya tersebut akhirnya Zainab memutuskan untuk melakukan sholat istikharah terlebih dahulu dan meminta petunjuk dari Allah SWT.

Berikut ini adalah dalil yang berkaitan dengan sholat istikharah. Mari kita simak dalilnya di bawah ini!

Artinya adalah sebagai berikut;

Doa Istikharah yang Bisa Anda Amalkan Ketika Menemukan Keraguan

Waktu Pelaksanaan Sholat Istikharah dan Doa Istikharah

Sholat istikharah sendiri merupakan sholat sunnah yang dilakukan dengan cara yang umum dilakukan pada sholat-sholat sunnah lainnya. Tidak ada waktu khusus yang diperuntukan untuk melakukan sholat istikharah. Anda bisa melakukan sholat istikharah kapanpun, kecuali pada waktu-waktu yang dilarang. Sholat ini juga bisa anda lakukan yang dibarengkan dengan sholat sunnah lainnya. Misalkan jika anda ingin melakukan sholat sunnah rawatib anda juga bisa melakukan sholat istikharah. Sehingga ketika anda berniat sholat rawatib, maka dilanjutkan dengan sholat sunnah istikharah.

Allah sendiri memberikan keringanan yang sangat besar ketika umatnya memiliiki keraguan dan masalah yang harus dipecahkan. Bagi perempuan yang sedang memiliki halangan untuk melaksanakan sholat, maka dipersilahkan melakukan istikharah dengan membaca doa istikharah.

(Baca juga: Bacaan doa sholat dhuha)

Petunjuk Allah Dalam Istikharah

Dalam setiap keputusan yang dihasilkan dari sholat istikharah sebenarnya pilihan siapakah itu? Sering terjadi salah kaprah dalam hal ini, di mana anda beranggapan jika Allah lah yang telah memilihkan perkara tersebut untuk kita. Pada kenyataannya kitalah sebagai manusia semua pilihan itu diputuskan. Hanya saja dengan meminta petunjuk Allah itulah kita menyandarkan petunjuk dan rambu-rambu memilih sesuatu.

Sehingga pada dasarnya dengan melakukan istikharah kita meminta pertolongan kepada Allah agar dalam menentukan pilihan kita dilindungi dari pilihan yang kurang tepat, adapun segala bentuk pilihan adalah yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. Jangan sampai karena kita sudah istikharah dan hasil yang didapat di masa depan tidak sesuai dengan pengaharpan kita mulai menyalahkan Allah. Padahal dalam kenyataanya kita sebagai manusia yang melakukan pemilihan tersebut.

Terkait dengan hal tersebut ternyata Rasulullah juga memperlihatkan dan mencontohkan hal tersebut dalam sebuah hadist berikut ini. Silahkan simak hadisnya di bawah ini.

Doa Istikharah yang Bisa Anda Amalkan Ketika Menemukan Keraguan

Tidak ada tanda-tanda yang biasanya didapatkan ketika menjawab keraguan setelah melakukan istikharah. Hal tersebut jug amemperkuat dalil jika memang perihal pemilihan itu berdasarkan pada pilihan manusia itu sendiri. Banyak juga ulama yang mendukung pernyataan tersebut, di mana kecenderungan hati turut andil dalam pemilihan sebuah keputusan.

Setiap pemilihan atas keputusan sebaiknya didasarkan pada analisa yang mendalam dan matang. Sholat istikharah sendiri merupakan sebuah usaha yang dilakukan dalam rangka membersihkan hati dan meminta kekuatan agar ketika proses pemilihan tidak salah. Banyak orang yang justri menanti jawab istikharah dalam mimpi atau bahkan sebagian lainnya mencoba membuka Al-Quran seara acak. Mereka berharap mendapatkan jawaban secara instan dalam hal-0hal tersebut. Padahal tidak ada hadist yang menguatkan jika hal tersebut patut untuk dilakukan.

Oleh karena itu, sebaiknya bersihkanlah hati kita, perdalamlah pengetahuan agama. Agar ketika memilih, setiap pemilihan berdasar pada ketentuan Allah SWT dan memiliki nilai yang benar berdasar pada apa yang Allah SWT sabdakan.

Demikianlah bahasan mengenai doa istikharah praktik pelaksnaanya. Sebagai manusia sudh sepatutnya kita selalu mengembalikan semua permasalah dan keraguan kita kepada-Nya. Namun yang perlu dingat adalah justri manusialah yang menjadi penetu akhir keputusan. Oleh karena itu senantiasa memelihara hati dan pikiran kita agar terjaga dari hal-hal yang tidak semestinya. Sehingga ketika memutuskan sesuatu selalu berlandaskan kepada apa yang Allah inginkan.

Silahkan anda bagikan artikel mengenai sholat istikharah dan doa istikharah ini kepada teman atau sahabat anda. Bagikanlah kepada orang-orang terdekat anda walaupun hanya satu ayat saja. Dengan demikian anda sudah berbagi kebaikan kepada banyak orang. Silahkan bagikan dengan menekan tombol berbagi yang telah disediakan untuk membagikan artikelnya kepada teman dan sahabat anda. Anda juga bisa turut berbagi komentar dengan para pembaca lainnya dengan cara mengisi kolom di bawah artikel ini. Silahkan masukan komentar anda ke dalam kolom tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *