Doa Ibu Ketika Menyapih Anaknya Agar Tidak Rewel

Posted on

Doa Ibu Ketika Menyapih Anaknya Agar Tidak Rewel – Asi merupakan makanan terbaik yang bisa dikonsumsi oleh bayi. Ada banyak manfaat dan faedah yang bisa diambil dari air ASI, baik bagi sang bayi atau juga ibunya. Oleh karena tiu sebaiknya anak bayi diberikan ASI ekslusif dalam masa pertumbuhannya tersebut. Dalam Islam sendiri memberikan ASI kepada bayi merupakan salahastu bentuk kasih sayang dari seorang ibu bagi anaknya. Meskipun demikian, pemberian ASI sendiri dianjurkan diberikan pada usia 2 tahun. Jika setelah 2 tahun, maka dianjurkan untuk disegerakan menyapih atau melepaskan anak anda dari menyusui. Baja juga: Perawatan Bayi

Mengenai menyusui ini, selain dari Al-Quran, organisasi kesehatan dunia WHO juga menyatakan hal serupa. Organisasi tersebut begitu menganjurkan para ibu untuk memberikan ASI ekslusif kepada anaknya karena banyak manfaat yang terkandung di dalamnya. Waktu yang dioanjurkan pun sama dengan yang tercantum dalam Al-Quran, yakni sekitar 2 tahun Oleh karena itu perkara menyusui sendiri bukanlah hanya menjadi budaya muslim saja.

Menyusui dan Menyapih Anak

Masalah pemberian ASI sendiri merupakan sebuah hal yang cukup penting. Bahkan anjurannya sendiri sampai tercantum dalam ayat di Al-Quran, yakni dalam surat Al-Baqoroh ayat 233. Dalam surat itu dijelaskan jika kegiatan menyusui itu merupakan hal yang sangat dianjurkan bagi para ibu. Sedangkan bagi para suami ialah dengan melayakan makanan dan kecukupan yang diperlukan oleh seorang istri. Namun apabila sang istri tidak bisa menyusui, maka ia diperbolehkan mencari ibu susu yang bisa menyusukan anaknya. Hal tersebut diperbolehkan asal dengan pembayaran yang patut.

Adapun ayat yang berisikan mengenai perkara menyusui ini tercantum dalam surat Al Baqoroh ayat 233. Silahkan simak di bawah ini!

Doa Ibu Ketika Menyapih Anaknya Agar Tidak Rewel Di bawah ini merupakan terjemahan latin dari ayat di atas.

Doa Ibu Ketika Menyapih Anaknya Agar Tidak Rewel

Demikianlah isi firman Allah SWT terhadap aktifitas menyusui yang dianjurkan oleh para ibu yang sudah melahirkan. Jelas sekali dalam keterangan tersebut, bahwa menyusui bukanlah perkara yang memberatkan bagi seorang ibu, namun juga tidak bisa dipandang sebelah mata.

(Silahkan baca juga: bacaan doa qunut)

Amalan dan Doa Ibu Ketika Menyapih Anaknya

Terkait dengan kegiatan menyusui, maka ada batas waktu anjuran menyusui yakni hingga sang anak berusia 2 tahun. Proses pelepasan anak dari penyusuan ibunya (menyapih) tak jarang membuat banyak anak rewel dan menjadi manja. Diperlukan dukungan dari lingkungan sekitar untuk membuat proses menyapih anak ini bisa dilakukan.

Melakukan proses menyapoh tidak semudah yang diperkirakan, laykanya menyusui perose menyapih sendiri perlu usaha yang cukup tinggi. Sebagai seorang ibu tentunya kita harus bersabar menghadapi anak-anak yang tidak rela melepaskan begitu saja makanan mereka. Secara perlahan kita membantu mereka melepaskan mereka dari ASI dengan berbagai cara. Meskipun demikian, cara yang dilakukan haruslah tepat dan tidak membuat anak menjadi tertekan.

Selain dengan melakukan cara biasa anda juga bisa berdoa meminta pertolongan Allah SWT agar anak anda bisa segera disapih dan tidak rewel. Dengan demikian anak anda bisa merasakan kebaikan dari ASI secukupnya seoptimal yang bisa ia dapat. Berikut ini kami berikan doa yang bisa anda lafalkan ketika hendak menyapih anak anda sehinnga tidak rewel dan manja. Simak doanya di bawah ini!
Doa Ibu Ketika Menyapih Anaknya Agar Tidak Rewel

Di atas adalah ayat yang diambil dari dalam Surat At-Takwir ayat 20. Silahkan bacakan surat ini sebanyak 11 kali dalam 1 kali tarikan nafas. Kemudain anda lanjutkan dengan bacaan di bawah ini!

Aat di atas merupakan kutipan dari Surat Al Buruj,yang anda baca setelah membaca ayat sebelumnya. Setelah selesai membaca kedua ayat di atas kemudain tiupkan pada tepak tangan anda dan usapkan pada wajahnya dna tiupkan kembali pada telinganya.

Demikianlah doa yang bisa anda lafalkan ketika hendak menyapih anak. Dengan membaca doa tersebut diharapkan anak anda bisa disapih tanpa harus rewel dan manja. Selain itu mereka akan lepas dari masa menyusuinya dengan sukarela tanpa harus dipaksakan dan membuat anak-anak tersebut kaget dan tertekan.

Mari bagikan doa ibu ketika hendak menyapih anak ini dengan menggunakan media sosial yang anda miliki masing-masing. Dengan demikikan diharapkan banyak ibu yang tertologn dan dengan meudah melepaskan anak-anaknya dari masa pemberian ASI. Jangan lupa berikan komentar di kolom yang terletak pada bagian bawah artikel ini.

30 thoughts on “Doa Ibu Ketika Menyapih Anaknya Agar Tidak Rewel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *