Doa Ibu Hamil Menjelang Melahirkan Agar Dimudahkan

Posted on

Doa Ibu Hamil Menjelang Melahirkan – Masa kehamilan menjadi masa-masa yang menyenangkan sekaligus menegangkan untuk seorang wanita. Sebentar lagi anak akan lahir ke dunia dan melengkapi keluarga. Ibu senantiasa menikmati setiap momen dari kehamilannya hingga tiba saatnya melahirkan. Hanya saja, ibu hamil yang tengah memasuki kehamilan trimester ketiga biasanya akan mulai merasa khawatir dan was-was, apalagi jika kehamilan tersebut merupakan kehamilan yang pertama. Tak jarang para ibu merasa takut dan cemas, terlebih lagi saat mendengar berbagai pengalaman melahirkan dari teman atau saudara. Pengalaman seperti apa sakit yang dirasakan, tegangnya saat melahirkan dan takutnya kala itu. Padahal agar bisa melahirkan dengan normal, keadaan seorang ibu seharusnya benar-benar rileks dan tenang. Baca juga: Perawatan bayi

Karena seperti itu, selain mempersiapkan fisik ibu hamil juga harus mempersiapkan mentalnya untuk proses persalinan yang akan datang. Menjelang persalinan ibu harus bisa mengelola mentalnya agar saat tiba waktunya melahirkan ibu benar-benar dalam keadaan tenang dan tidak merasa takut.

Dalam rangka menyiapkan mental ibu menjelang melahirkan, salah satu cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil yaitu dengan berdo’a. Sebagai seseorang yang beragama kita percaya bahwa doa memiliki kekuatan yang begitu besar. Selain mampu menguatkan mental, doa juga bisa menenangkan batin seorang ibu dan meyakinkan bahwa ibu bisa menghadapi dan melakukan persalinan dengan mudah dan lancar. Berdoa menjadi salah satu usaha manusia untuk meminta kepada Sang Maha Kuasa untuk diberikan ketenangan dan kekuatan.

Terdapat beberapa do’a yang bisa dibaca saat hamil tua atau menjelang persalinan. Saat putri Nabi Muhammad SAW sedang hamil tua dan mendekati masa persalinannya, beliau meminta Ummu Salamah dan Zainab binti Jahsy untuk membacakan beberapa do’a dekat putrinya. Adapun beberapa doa yang diperintahkan untuk dibaca oleh beliau saat itu sebagai berikut. ( Baca juga : Doa Ibu Hamil 4 bulan )

Doa Ibu Hamil Menjelang Melahirkan Agar Dimudahkan

Doa ibu hamil menjelang melahirkan supaya diberi ketenangan dan kemudahan. Nah, berikut ini kami sajikan beberapa doa menjelang persalinan atau ketika hamil tua yang sebaiknya anda lafalkan agar Allah SWT senantiasa memberikan keselamatan pada anda dan bayi.

Ayat Kursi

Bacaan khusus pertama saat menjelang melahirkan yaitu ayat kursi. Anda bisa membaca ayat kursi secara rutin. Berikut ini kami cantumkan bacaan ayat kursi beserta artinya.

Doa ibu hamil menjelang melahirkan ayat kursi

Surat al-A’râf Ayat 54

Selain ayat kursi, anda juga bisa membaca surat al-A’raf ayat 54. Berikut ini kami cantumkan bacaan surat al-A’râf ayat 54 beserta artinya.

Doa ibu hamil menjelang melahirkan Surat Al Araf Ayat 54

Surat Yunus Ayat 3

Berikut ini Surat Yunus Ayat 3 beserta artinya.

Doa ibu hamil menjelang melahirkan surat Yunus

Surat al-Falaq

Berikut ini surat al-Falaq beserta artinya.

Doa ibu hamil menjelang melahirkan al-falaq

Surat an-Nâs

Berikut ini surat an-Nâs beserta artinya.

Doa ibu hamil menjelang melahirkan

Demikian bacaan-bacaan khusus saat menjelang persalinan. Semoga dengan dibacakannya ayat-ayat tersebut ibu yang sedang mengandung dan janin yang dikandung semakin dekat dengan Allah SWT., serta selalu mendapatkan perlindungan dan diberikan kemudahan dalam proses persalinan.  ( Lihat juga :   Doa Selepas Persalinan Lengkap Arab dan Terjemahan )

Amalan Ibu Hamil Menjelang Melahirkan

Selain memanjatkan doa, beberapa amalan terbaik harus ibu hamil lakukan agar lebih siap menjelang melahirkan. Berikut ini beberapa amalan ibu hamil yang bisa dilakukan.

  • Selalu bertaubat dan beristighfar pada Allah SWT.
  • Membaca doa selama kehamilan dan menjelang melahirkan.
  • Selalu melakukan sholat wajib 5 waktu.
  • Lebih banyak melakukan dzikir.
  • Memperbanyak baca al-Qur’an.
  • Menghindari stres agar tidak tertekan.
  • Berinteraksi dengan anak yang masih dalam kandungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *