Doa Bersedekah Agar Diterima Allah SWT dan Keutamaannya

Posted on

Doa Bersedekah Agar Diterima Allah SWT dan Keutamaannya – Bersedekah menjadi salah satu anjuran dalam Islam. Tujuannya yaitu untuk meringkan orang lain. Selain itu, sedekah juga akan mendatangkan banyak manfaat untuk kita dalam bentuk pahala. Nah, dalam bersedekah kita tentunya harus ikhlas.

Dalam bersedekah kita tentunya ingin amal sedekah kita diterima Allah SWT. Kita dapat bersedekah dalam bentuk apapun, tanpa diikuti kalimat yang bisa menyakitkan. Nah, saat bersedekah kita dianjurkan berdoa seperti berikut ini.

Doa Bersedekah Agar Diterima Allah SWT

Berikut ini bacaan doa sedekah beserta latin dan artinya yang dapat anda simak.

Doa Bersedekah

Keutamaan Bersedekah

Ada banyak keutamaan dan manfaat bersedekah yang akan kita dapatkan. Seperti yang disebutkan dalam Al-Qur’an dan Hadis, terdapat beberapa keutamaan bersedekah seperti berikut ini.

Mendapatkan Banyak Limpahan Pahala

Salah satu keutamaan bersedekah yaitu akan dilimpahkan banyak pahala oleh Allah SWT. Hal ini sesuai dengan janji Allah SWT tentang keutamaan melakukan sedekah. Dengan melakukan sedekah jariyah, pahala yang akan didapatkan terus mengalir meskipun seseorang sudah wafat. Dimana amalan ini dikenal dengan shodaqoh jariyah. Dengan melakukan sedekah, harta benda tidak akan berkurang. Sedekah juga tidak akan membuat seseorang jatuh miskin. Justru sebaliknya, Allah SWT akan melipat gandakan pahala kita.

Penghapus Dosa

Seseorang yang bersedekah bagaikan air memadamkan api. Dimana doda-dosa yang telah diperbuat akan terhapus dengan pahala kebaikan berlipat ganda dari sedekah yang kita lakukan.

Dengan sedekah, maka dosa-dosa hamba-Nya akan dihapuskan oleh Allah SWT. Oleh karena itu, anda sebaiknya jangan pernah ragu untuk melakukan sedekah. Dengan bersedekah kita akan mendapatkan banyak keistimewaan dari Allah SWT, salah satunya menghapus dosa.

Memperpanjang Usia

Keutamaan bersedekah lainnya yaitu akan memperpanjang usia serta dijauhkan dari kematian buruk. Amalan kebaikan yang dilakukan oleh orang bersedekah akan dikenang terus melebihi usia orang tersebut hidup di dunia. Selain itu, dengan bersedekah kita akan dijauhkan dari kematian yang buruk.

Menjauhkan Diri Dari Neraka

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan bersedekah maka dosa-dosa kita akan dihapuskan. Dengan bersedekah pula kita akan terhindar dari api neraka.

Naungan Hari Akhir

Bersedekah dapat menjadi naungan kita dihari akhir. Berdasarkan sebuah hadis mengatakan, bahwa ada 7 orang dapat naungan Allah SWT. Dimana di antara 7 orang tersebut, salah satunya yaitu seseorang yang suka sedekah.

Ada Pintu Surga Khusus

Keutamaan lainnya yaitu terdapat pintu surga khusus untuk mereka yang suka bersedekah. Hal itu berdasarkan HR Bukhari dan Muslim:

“Orang yang menyumbangkan dua harta di jalan Allah, maka dia akan dipanggil oleh salah satu pintu surga: Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan. Jika dia berasal dari golongan orang-orang yang suka mendirikan shalat, dia dipanggil dari pintu shalat. Yang berasal dari kalangan mujahid, maka akan dipanggil dari pintu jihad. Jika dia berasal dari golongan orang yang gemar bersedekah, maka akan dipanggil dari pintu sedekah.”

Nah, itulah doa bersedekah supaya diterima oleh Allah SWT dan keutamaan yang akan kita dapatkan jika rajin bersedekah. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *