Bacaan Doa Bercermin, Beserta Latin dan Artinya

Posted on

Bacaan Doa Bercermin, Beserta Latin dan Artinya – Bercermin merupakan kegiatan sehari-hari yang sering kita lakukan. Kita bercermin untuk memastikan apakah penampilan kita sudah benar atau belum. Namun, bercermin itu sendiri sebaiknya tidak dilakukan begitu saja, karena ada adab bercermin yang harus kita perhatikan. Dimana salah satu adab bercermin itu sendiri yaitu membaca doa bercermin. Di bawah ini doa bercermin, latin dan artinya, serta adab bercermin.

Baca juga : Bacaan Doa Memakai Pakaian 

Doa Bercermin, Beserta Latin dan Artinya

Saat bercermin ada baiknya anda membaca doa bercermin. Doa bercermin ini dapat menjadi terapi supaya kita merasa lebih percaya diri. Nah, berikut ini bacaan doa bercermin beserta latin dan artinya.

Doa Bercermin

Itulah doa bercermin beserta latin dan artinya. Jika kandungannya dapat kita pahami, maka kita akan mendapatkan efek yang positif.

Adab Bercermin Dalam Islam

Bercermin dalam Islam merujuk pada berhias. Maksud bercermin itu sendiri yaitu melihat diri sendiri dari cermin. Dalam Islam bercermin itu sendiri tidak dilarang namun harus memperhatikan adab bercermin. Adab bercermin mencakup hal yang harus, serta tidak boleh kita lakukan ketika bercermin. Nah, berikut ini ada bercermin atau berhias dalam Islam.

Berdoa

Adab bercermin pertama yang harus dilakukan yaitu berdoa. Setiap kita mau melakukan sesuatu dalam Islam kita harus mengawalinya dengan membaca doa, begitupun saat bercermin. Ketika kita bercermin sebaiknya berdoa kepada Allah SWT sesuai dengan anjuran Islam.

Bersyukur

Kemudian adab bercermin selanjutnya yaitu bersyukur atas apa yang kita miliki. Dengan bercermin kita akan melihat apa yang ada dicermin. Melihat diri kita pada cermin maka kita akan melihat bahwa Allah SWT sudah menciptakan kita dengan kondisi yang terbaik. Dengan memiliki kondisi yang sebaik-baiknya, maka hendaknya kita bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang telah diberikan.

Jangan Berlebihan

Bercermin sebaiknya dilakukan dengan wajar, serta tidak berlebihan. Misalkan anda bercermin setiap saat karena khawatir penampilan berantakan dan lain sebagainya. Tentunya hal ini harus dihindari supaya orang yang berada di sekitar kita tidak risih ataupun terganggu karena kita bercermin terus menerus.

Bercermin Sebentar

Saat bercermin sebaiknya tidak dilakukan dalam waktu yang terlalu lama karena akan dapat membuat perasaan tertekan, serta cemas berlebihan akibat memikirkan segala kekurangan yang dimiliki. Selain itu, jika bercermin terlalu lama akan menjadikan kita lupa bersyukur atas apa yang kita miliki dan Allah berikan kepada kita.

Jangan Sombong

Memiliki kondisi fisik yang sempurna, serta seimbang sebaiknya tidak menjadikan kita seseorang yang membanggakan diri dan sombong seolah-olah kita adalah orang yang paling cantik dan tampan.

Rendah Hati

Daripada sombong, saat bercermin hendaknya menjadikan kita bersikap rendah hati. Dalam Islam keutamaan rendah hati yaitu akan menghindarkan kita untuk berbuat sewenang-wenang pada orang lain.

Sabar

Karena berbagai hal, mungkin kondisi fisik menjadi tidak sempurna seperti dulu, misalkan karena kecelakaan. Ketika dihadapkan pada kondisi ini, hal yang harus dilakukan yaitu tetap bersikap sabar.

Tidak Merasa Berkecil Hati

Menusia merupakan tempatnya kekurangan, termasuk dari segi fisik. Ketika dihadapkan pada kekurangan, hendaknya tidak menyebabkan kita berkecil hati. Bersyukur dan bersabar adalah jalan terbaik yang bisa kita lakukan.

Lihat juga : Doa Rezeki Lancar

Itulah doa bercermin, latin dan artinya, serta adab saat kita bercermin yang harus diperhatikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *