Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

Posted on

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti – Dalam konsep dan pandangan Islam belajar merupakan hal yang begitu penting dan juga bermakna sangat besar. Oleh karena itu, kegiatan belajar tidak pernah bisa dilepaskan dari kegiatan seorang muslim. Rasulullah sendiri pernah bersabda, bahwasannya belajar atau mencari ilmu merupakan sebuah kwajiban bagi seorang muslim. Mungkin anda juga pernah mendengan hadist yang menyebutkan bahwa ktia dipersilahkan menuntut ilmu sampai ke negeri China.

Tidak hanya dalam hadist perintah untuk belajar ini sendiri juga banyak bisa anda lihat dan dapatkan dalam Al-Quran. Dari hal tersebut kita bisa menyimpulkan jika kegiatan belajar dan menuntut ilmu tersebut merupakan yang sangatlah penting bagi umat manusia. Belajar memberikan kita pengetahuan baru yang bisa menuntun kita semakin dekat dengan keberadan Allah SWT. Dengan belajar juga kita bisa menemukan kebesaran-kebesaran Allah SWT.

Adab dan Doa Belajar yang Sebaiknya Anda Lakukan ketika Menuntut Ilmu

Belajar merupakan hal yang sangatlah penting bagi kita sebagai manusia. Begitu pentingnya hinggaAllah SWT sendiri menyatakan akan mengangkat derajat mereka-mereka yang memiliki keluhuran ilmu pengetahuan. Dengan demikian belajar merupakan sebuah hal wajib yang patut dilakukan oleh semua manusia, berdosalah mereka yang tidak mau dan meninggalkan kegiatan belajar. Dengan janji-janji kebaikan yang diturunkan Allah SWT ini seharusnya membuat kita sebagai umatnya lebih bersemangat dalam menuntut ilmu pengetahuan dan belajar.

Doa Belajar yang Dibacakan Sebelum dan Selepas Belajar

Sama halnya dengan melakukan kegiatan lainnya, sebagai kegiatan yang baik dan bermanfaat hendaklah belajar dimulai dan diakhiri dengan memanjatak doa kepada Allah SWT. Doa belajar yang dipanjatkan ini terkait dengan permohonan kepada Allah atas kebaikan belajar yang kita lakukan. Ada banyak hal baik yang ada di dalam doa belajar yang kita panjatkan. Salahsatunya adalah permohonan untuk ilmu yang bermanfaat dan keluasan ilmu yang berkah.

Tidak jarang dari kita sebagai manusia terkadang mempelajari hal-hal yang sifatnya tidak bermanfaat dan justru menjauhkan kita dari-Nya. Oleh karena itu dengan doa belajar ini kita meminta perlindungan agar dilindungi dan senantiasa dijauhkan dari ilmu yang sesat dan tidak memiliki manfaat bagi kehidupan. Berbicara lebih jauh mengenai doa belajar, maka berikut ada beberapa doa belajar (sebelum dan sesudah yang bisa anda panjatkan ketika hendak belajar dan usai belajar. Silahkan simak doanya di bawah ini!

1. Doa Sebelum Belajar

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

2. Doa Sebelum Belajar

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

Berikut ini adalah terjemahan latin yang bisa anda baca dan hapalkan

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

3. Doa Sebelum Belajar

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

Demikianlah tadi doa belajar yang sangatlah dianjurkan untuk anda amalkan ketika hendak belajar. Doa tersebut mngandung banyak kebaikan dan pengharapan kepada Allah SWT atas ilmu yang berkah dan bermanfaat. Doa belajar di atas juga memohonkan atas keluasan ilmu dan juga permohonan mengenai kemudahan bagi kita ketika sedang menuntut ilmu pengetahuan.

(Simak juga: Doa setelah sholat fardhu dan artinya)

Doa Setelah Belajar

Tidak hanya sebelumbelajar, doa belajar juga kita panjatkan usai menuntut ilmu. Dengan doa yang dipanjatkan seusai belajar ini, kita memohonkan untuk mendapatkan petunjuk-Nya atas ilmu yang telah ktia dapatkan. Doa belajar tersbeut memohonkan kepada Allah SWT untuk memlihara kita dari kesesatan dan senantiasa menunjukan yang benar atas ilmu yang telah kita pelajari.

Bagi anda yang hendak mengamalkan doa usai belajar ini, berikut kami berikan doa belajar yang bisa anda panjatkan selepas belajar. Semoga dengan doa ini, ilmu yang anda dapatkan bisa meberikan kebermanfaatan yang besar bagi kehidpan anda dan banyak orang. Silahkan simak doanya di bawah ini!

1. Doa Setelah Belajar

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

2. Doa Setelah Belajar

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

Bagaimana apakah anda sudah bisa mengetahui doa belajar yang bisa anda amalkan kettika usai belajar. Silahkan amalkan doa belajar tersebut agar kebaikan senantiasa berada di pihak anda. Di atas kami berikan ayat serta makna dari doa belajar tersebut. Dengan demikian anda bisa memahami maksuda nda arti dari ayat yang anda bacakan. Selain dengan itu terjemahan latin di atas bisa memudahkan anda dalam mempelajari dan menghapalkan ayat doa belajar tersebut. Sangat berguna bagi anda yang belum terlalu fasih membaca tulisan ayat arabnya.

Adab Belajar Dalam Islam

Terkait dengan kegiatan belajar atau menuntut ilmu, maka Islam sendiri memiliki adab-adab yang sebaiknya dilakuan ketika hendak menuntu ilmu. Selain dengan memanjatkan doa belajar, baik sebelum maupun sesudah belajar, maka belajar sendiri memiliki adabm yang sebaiknya dilakukan. Hal tersebut sesuai dengan pesan dari Rasulullah SAW, yakni seorang penuntut ilmu haruslah menghiasi dirinya dengan akhlak mulia dan adab yang bagus.

Terkait dengan adab menuntut ilmu dalam Islam, maka berikut ini ada beberapa adab yang sebaiknya dilakukan ketika menuntut ilmu. Silahkan simak adab menuntut ilmu dalam agama islam yang wajib anda ikut dan juga lakukan. Simak di bawah ini!

1. Mengikhlaskan Hati dan Diri Dalam Proses Menuntut Ilmu

Hal yang harus anda tanamkan dalam hati pertama kali ketika menuntut ilmu adlah keikhlasan hati karena Allah Taala. Sudah semestinya;ah kita menuntut ilmu demi mengharap ridha dari Allah SWT, Tuhan semesta alam. Dengan demikian, maka ilmu yang kita dapatkan akan memberikan kebermanfaatan bagi diri kita. Tidak hanya di dunia, namun juga di akhirat.

Janganlah sekali-kali kita menuntut ilmu tidak mengharap ridha Allah SWT. Bagi merekan yang menuntut ilmu dan tidak didasarkan pada keikhlasan demi mengharap wjah Allah SWT, maka merekalah yang pertama kali dipanaskan oleh api neraka. Mengenai keikhlasan hati saaty menuntut ilmu ini bisa anda simak di dalam ayat Al-Quran Al Bayinah ayat 5. Berikut ayatnya.

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

Demikiannlah, sehingga seyogyanya kita mengikhlasakan dan membersihkan hati murni karena Allah SWT saat kita hendak menuntut ilmu. Sebaiknya hilangkanlah maksud-maksud hati dari keburukan yang terkait dengan ilmu yang sedang kita pelajari. Dengan demikian, ilmu tersebut bisa memberikan kebermanfaatan yang besar, baik bagi kita ataupun bagi orang disekeliling kita.

2. Berdoa Kepada Allah SWT Atas Ilmu yang Bermanfaat

Salahsatu yang bisa kita lakukan dalam usaha menuntut ilmu agar bermanfaat adalah dengan memanjatkan doa belajar. Melalui doa belajar tersebut kita senantia meminta perlindungan dan keberkahan atas setiap ilmu yang kita pelajari. Pada dasarnya semua Allah SWT merupakan sumber dari semua ilmu kebaikan, sehingga pada-Nya lah kita patut memohon.

Rajin memanjatkan doa belajar adalah salahsatu yang dianjurkan Rasulullah SAW dalam proses belajar. Beliau mengingatkan untuk melakukan hal tersebut agar jangan sampai kita tergelincir mempelajari hal-hal lain yang diluar dari ilmu Allah SWT. Sebab banyak sekali justru yang tergelincir mempelajari banyak hal yang tidak membawa manfaat bagi diri dan orang-orang di sekitar.

3. Selalu Bersungguh-Sungguh dan Haus Akan ilmu Pengetahuan

Terkait dengan belajar, maka sesungguhnya kesungguah diri ketika elajar akan membawa kita pada kebermanfaatan dari ilmu tersebut. Dengan seizin Allah, maka kita yang sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu pastilah akan mendapatkan keberkahan dan manfaat yang besar. Berbeda dengan mereka yang bermalas-malasan dalam menuntut ilmu. Tidaklah layak mereka medapatkan keberkahan atas ilmu yang mereka pelajari dengan malas-malasan.

Selain dengan kesungguhan dari dalam diri, hal yang perlu ditanamkan di dalam diri kita adalah sifat rakus. Dalam hal ini sifat rakus dalam menuntut ilmu yang bermanfaat. Sebab dengan rakusnya kita dalam menuntut ilmu, maka akan banyak ilmu yang kita dapatkan. Dengan begitu kita juga bisa semakin dekat dengan Allah SWt. Berbeda dengan mereka yang rakus terhadap dunia. Niscaya kehidupannya akan jauh dari Allah SWT dan dijauhkan dari keberkahan-Nya.

Terkait dengan sifat rakus tersebut, berikut ini adalah sabda Rasulullah yang bisa anda simak

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

Demikianlah dua jenis orang rakus yang sangat berbeda dalam mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Alangkah baiknya kita menjadi orang rakus yang senantiasa mendapatkan keberkahan dan bisa bermanfaat terhadap orang banyak dan khususnya diri pribadi.

4. Jauhkan Diri Dari Perbuatan Maksiat dan Senantiasa Bertaqwa Kepada Allah SWT

Dosa dan maksisat sesungguhnya adalah salahsatu penghalang besar bagi kita dalam mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berkah. Sesungguhnya dosa dan maksiat sendiri bisa merusak hati dan kehidupan serta mendatangkan siksa Allah selain dengan menghalangi ilmu bermanfaat. Oleh karena itu, sebagai umat-Nya yang taat sudah sangatlah wajar menjauhkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. Dengan demikian, selain dengan rahmatnya yang terus mengalir, maka ilmu yang bermafaat dan juga berkah bisa kita dapatkan dengan lancar dan mudah.

5. Hilangkan Sifat Sombong dan Juga Pemalu

Tidak sepantasnya sebagai makhluk yang lemah dan tidak berdaya ini kita sombong atas ilmu yang dimiliki. Sebab pada dasarnya di atas langit akan selalu ada langit. Dengan kata lain, di atas orang yang berilmu akan selalu ada orang yang berilmu lebih tinggi dan luas. Apalagi kita tidak mengakui bahwa ilmu tersebut berasal dari Allah SWT dan menyombongkan diri atas ilmu yang didapatkan. Padahal Allah SWT merupakan sumber dari semua ilmu yang bermanfaat dan berkah.

Sehingga dengan menghilangkan sifat sombong, kita bisa senantiasa mengamalkan ilmu tersebut atas dasar Allah SWT. Menajuhkan sifat sombong juga bisa membuat kita sadar bahwasannya ilmu yang kita miliki kita ini tidak seberapa di mata Allah SWT sebagai sumber dari semua ilmu kebaikan.

Sedangkan selain dengan sombong ktia juga sebaiknya menghiangkan sifat pemalu yang kita miliki. Dengan sifat pemalu yang kita miliki, kita tidak akan bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berkah. Terkait dengan hal tersebut anda bisa menyimak ayat di bawah ini.

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

6. Dengarkanlah Baik-Baik dan Seksama Pelajaran yang Disampaikan Oleh Guru atau Ustadz

Bagi anda yang sedang menuntut ilmu, maka silahkan dengarkan apa yang dikatakan oleh guru atau ustadz anda secara seksama dan baik. Di sana anda bisa menalar setiap perkataanya dan mengambil kebaikan dari setiap apa yang beliau katakan. Dengan begitui kita bisa mendapatkan kebaikan dalam setiap ilmu yang kita pelajari. Hal tersebut sesuai dengan ayat Allah yang disampaikan dalam Surat Az-Zumar ayat 17 sampai dengan 18. Silahkan simak ayatnya di bawah ini!

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

Demikianlah apa yang disampaikan oleh Allah salam ayat tersebut. Sehingga silahkan perhatikan dengan seksama setiap perkataan dan ilmu yang disampaikan oleh guru kita.

7. Diam dan Perhatikan Ketika Guru Sedang Menyampaikan Pelajaran

Dalam kegiatan belajar dna menuntut ilmu maka diperlukan fokus untuk bisa mneyerap setiap pelajaran yang disampaikan. Dengan demikian janganlah kita ribut dan berbicara hal yang tidak perlu dan tidak berkaitan dengan ilmu yang sedang disampaikan. Dengan banyak bicara ketika sedang belajar kita menjadi tidak fokus dan bisa salah dalam menangkap apa disampaikan oleh guru kita.

Sepantasnya kita diam dan mendengarkan dengan seksama agar apa yang disampaikan bisa kita urai dan serap dengan baik. hal tersebut juga tertuang di dalam ayat Allah Al-Quran surat Al-A’raaf ayat 204. Berikut ini ayat dan maknanya.

Doa Belajar dan Adab belajar yang Wajib Anda Ikuti

Demikianlah apa yang disampaikan oleh Allah dalam ayat al-Quran. Dengan demikian, jika sebelumnya kita seringkali berbicara dan ngobrol yang tidak berkaitan dengan apa yang dipelajari segeralah tinggalkan. Sebab pada dasarnya hal tersebut merupakan perbuatan yang sia-sia.

8. Berusaha Memahami Ilmu yang Kita Dapatkan

Kita belajar tentunya ingin mengerti dan memahami hal tersebut, oleh karena itu kit sendiri juga harus berusaha mencari cara dan berusaha untuk mendapatkannya. Ada banyak hal dan usaha yang bisa kita lakukan demi mengerti dan memahami ilmu ang ingin kita pelajari. Duduk di tempat yang ideal, mendengarkan perkataan guru dengan seksama, belajar kepada mereka yang berilmu tinggi dan memiliki pengalaman adalah beberapa cara.

Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencatat dan mengkaji kembali ilmu yang sudah didapatkan. Dengan demikian kita bisa terus mengingat dan memahami ilmu tersebut. Tidak lupa kita juga bisa mengamalkan ilmu kita agar senantiasa terpelihara dan terus dimiliki. Sebab pada dasarnya ilmu yang kita miliki bisa perlahan terlupakan jika kita tidak kembali mengkaji dan senantiasa diamalkan.

9. Menghapalkan Setiap Ilmu dan Pelajaran yang Kita Dapatkan

Kita senantiasa diperintahkan untuk menghapal dan mengkaji kembali setiap ilmu yang kita dapatkan. Dengan demikian kebermanfaatan ilmu tersebut bisa semakin mendalam dan tertanam dalam diri kita. Adapun Rasululah sendiri pernah bersabda mengenai hal tersebut dalam sebuah hadist. Dalam hadist tersebut digambarkan jika dengan manghapalkan dan memahami ilmu merupakan sebuah hal yangg patut dilakukan. Dengan demikian, kita bisa semakin paham dan mengerti akan ilmu tersebut.

10. Ikatlah Ilmu Anda Dengan Media Tulisan

Jika kita imngin selalu ingat dan paham engan peljaran yang kita dapatkan, salahsatu caranya adalah degan menuliskan pelajaran tersebut. Dengan menulis maka kita bisa senantiasa mengulang dan mengkaji kembali di kemudian hari jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Dengan tulisan tersebut juga kita bisa bertukar ilmu pengetahuan dengan orang lain. Melaui tulisan juga kiti bisa berbagi ilmu pengetahuan dengan orang lain. Hal tersebut juga disampaikan oleh Rasulullah dalam sebuah hadist yang menganjurkan untuk menulis.

Hadist yang disampaikan oleh Rasulullah terkait menulis memperlihatkan kepada kita pentingya budaya literasi pada suatu kaum. Selain mengikat dan menguatkan ilmu pada orang yang mencatakan, tulisan tersebut juga akan memiliki manfaat besar bagi mereka yang membaca. Oleh karena itu, membiasakan mencatat dan menulis merupakan kegiatan yang cukup pernting terkait dengan proses belajar.

11. Mengamalkan Ilmu yang Kita Miliki

Apa guna jika kita telah mengerti dan memahami suatu hal atau hukum namun kita tidak mengamalkannya. Dalam waktu yang berkelanjutan maka ilmu tersebut bisa hilang dan terlupakan. Selain itu Ilmu tersebut justru tidak akan membawa kebermanfaatan apapaun dan menjadi mubazir. Oleh karena itu, sebaiknya manfaatkanlah ilmu yang kita miliki dengan cara mengamalkannya. Denga begitu kebaikan dan kebermanfaatan dari ilmu tersebut bisa terasa.

12. Mendakwahkan Ilmu

Sampaikanlah walau hanya satu ayat! Pasti anda pernah mendengar mengenai hal terseut yang menganjurkan kita berbagi kebaikan dan ilmu walau hanya satu perkara. Hal tersbut mengajarkan kita untuk belajar menyampaikan kembali ilmu yang kita miliki atau dengan kata lain berdakwah. Namun menjadi seorang penyampai tidaklah bisa dilakuakn tanpa keluhuran ilmu. Oleh karnea itu sebaiknya kita senantiasa mempelajari dan mengkaji terus ilmu kita disamping menyebarkan ilmu ktia kepada orang lain.

(Silahkan baca juga: Doa shalat tajahud)

Demikianlah doa belajar yang bisa anda amalkan kala hendak belajar ataupun sesudah belajar. Dengan doa yang dipanjatkan tersebut semoga pelajaran yang sedang anda ingin hapalkan dan megerti bisa dengan mudah diserap. Pelajaran yang dimengerti dan dipahami membuat anda tidak perlu berbuat curang dengan mencontek atau melkukan hal lainnya dalam konteks curang. Anda juga bisa mengamalkan adab belajar yang ada di atas untuk mendapatkan keberkahan atas ilmu yang anda pelajari.

Terkait dengan doa belajar ini anda bisa berbagi dengan teman, sahabat aau keluarga anda. Dengan begtiu mereka bisa mengamalkan kebaikan dengan doa yang dipanjatkan ini. Silahkan bagikan artikelnya dengan cara menekan tombol berbagi yang telah tersedia pada bagian bawah dari artikel yang anda baca ini. Selain itu anda juga bisa berinteraksi dengan para pembaca lainnya dengan cara memberikan komentar terkait dengan artikel ini. Anda bisa melakukannya cukup dengan hanya mengisi kolom yang telah disediakan di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *