Doa Bangun Tidur Makna dan Terjemahan Latin Serta Adab Bangun Tidur

Posted on

Doa Bangun Tidur Makna dan Terjemahan Latin Serta Adab Bangun Tidur – Tidur merupakan sebuah rezeki dan kenikmatan yang diberikan oleh Allah kepada umatnya. Dengan tidur Allah memberikan kesempatan kepada umatnya untuk mengistirahatkan tubuhnya dari aktivitas sehari-hari. Dengan demikian, manusia dan makhluk-Nya yang lainnya bisa mengistirahatkan tubuhnya dari tekanan beban sehari-hari

Berbicara mengenai tidur, maka islam sendiri memiliki adabnya sendiri ketika tidur. Karena pada dasarnya setiap makhluk di dunia ini diciptakan untuk beribadah kepada Allah. Dengan demikian sepatutnya kita menjadikan setiap kegiatan kita bernilai ibadah termasuk di dalamnya adalah kegiatan tidur.

Untuk membuat sebuah kegiatan atau aktivitas kita bernilai ibadah, maka kita harus mengikuti adab yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Salahsatu adab tidur yang dicontohkan aalah dengan membaca doa ketika menjelang tidur dan juga saat bangun tidur. Meskipun demikian banyak orang yang kemudian seringkali lupa dalam mengamalkan doa baik ketika ataupun setelah bangun tidur. Karena hal itu juga akhirnya kita tidak bisa mengambil manfaat dari doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT.

Oleh karena itu, bagi anda yang belum hapal doa ketika bangun tidur, berikut ini kami berikan doa dan artinya untuk anda simak dan hapalkan. Kami juga berikan terjemahan dalam bentuk latin untuk memudahkan anda yang belum fasih bahasa arab untuk menghapalkan. Simak di bawah ini!

Doa Bangun Tidur Makna dan Terjemahan Latin Serta Adab Bangun Tidur

Demikianlah doa bangun tidur yang bisa anda amalkan setiap terbangun dari tidur anda. Doa tersebut bermakna sebagai rasa syukur kepada Allah SWT atas kesempatan yang diberikan-Nya kepada kita untuk kembali terbangun di hari berikutnya. Sepatutnya kita bersyukur atas kesempatan tersebut, karena sesungguhnya kehidupan adalah salahsatu bentuk rezeki yang sangat besar bagi manusia. Doa bangun tidur juga merupakan doa awal yang kita panjatkan saat memulai hari kita. Dengan doa tersebut juga kita bisa sembari memanjatkan harapan kebaikan senantiasa datang kepada kita di hari tersebut.

(Baca juga: Doa sholat dhuha dan terjemahan)

Adab Bangun Tidur yang Dianjurkan Rasulullah

Selain berdoa, adapun beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan ketika bangun dari tidur adalah sebagai berikut:

Mengusap Wajah Anda

Ketika bangun tidur maka yang pertama anda akukan adalah dengan mengusap wajah terlebih dahulu ketika anda bangun tidur. Hal tersebut juga pernah dicontohkan oleh Rasulullah ketika bangun dari tidurnya ketika tengah malam. Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu pernah menginap di rumah bibinya yang merupakan istri dari Rasulullah. Saat itu ia melihat bahwa Nabi mengusap wajahnya ketika terbangun di malam hari untuk menghilangkan kantuk di wajahnya. Kemudian anda lanjutkan dengan membaca doa bangun tidur di atas.

Membaca Doa Bangun Tidur dan Surat Ali Imran (10 ayat terakhir)

Sebagai umat yang mencintai Nabinya, maka kita sudah sepatutnya mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad. Salahsatu hal yang bisa anda ikuti dari beliau mengenai adab tidur adalah ketika terbangun dari tidur beliau kemudian membacakan ayat dari surat Ali Imran. Ibnu Abbas menceritakan pengalamannya ketika menginap di rumah sang bibi yang merupakan istri Rasulullah. Saat itu ia melihat jika Rasulullah yang ketika itu bangun tidur, kemudian mengusap wajah, membaca doa bangun tidur lantas kemudian membaca 10 ayat terakhir dari surat Ali imran.

Bersiwak atau Menggosok Gigi

Hal yang dicontohkan oleh Rasulullah ketika bangun tidur adalah menggosok gigi. Banyak manfaat dan keutamaan yang bisa didapatkan dengan menggosok gigi ketika banguntidur. Dengan menggosok gigi, maka kita akan lebih segar dan tidak akan membantu kita agar tidak mengantuk lagi. Selain dengan menyegarkan kita yang sedang mengantuk, bersiwak juga akan membantu menghilangkan bau mulut yang kita miliki. Dengan mulut yang tidak berbau atau wangi, maka malaikat yang turut hadir kala shalat malam tidak akan terganggu.

Rasulullah sendiri pernah memerintahkan Ali bin Abi Thalib Radhiallahu anhu untuk bersiwak dan mmbersihkan giginya ketika hendak melakukan shalat malam. Hal itu perlu dilakukan karena pada saat shalat malam tersebut malaikat akan datang dan mendekat pada kita. Berikut ini adalah hadist terkait dengan anjuran bersiwak.

Demikian tadi adalah hadist yang menceritakan mengenai najuran untuk menbersihkan mulut dengan cara bersiwak. Dengan mulut yang segar dan juga bersih, maka kebaikan dari malaikat yang datang bisa kita dapatkan. Malaikat akan senang dan mendekat kepada kita karena bersih dan wangi.

Membersihkan Lubang Hidung

Sesuai dengan anjuran Rasulullah baiknya ktia membersihka hidung kita ketika bangun tidur. Hal yang dicontohkan oleh Rasulullah adalah dengan istinsyaq (menghisap air melalui lubang hidung) dan istintsar (mengeluarkan air dari dalam hidung). Menurut anjuran beliau, anda sebaiknya melakukannya sebanyak tiga kali setelah bangun tidur. Hal tersebut dilakukan untuk membersihkan bagian rongga hidung kita, sebab ketika kita tidur, lubang hidung kita dipakai sebagai tempat setan menginap. Hal tersebut juga sempat disampaikan oleh Rasulullah melalui hadist di bawah ini.

Demikianlah hadist yang disampaikan oleh Rasulullah terkait dengan membersihkan rongga hidung. Karena sesungguhnya rongga hidung merupakan tempat bersemayam setan ketika kita sedang tidur. Maka sebaiknya segeralah bersihkan lubang-lubang hidung kita agar setan tidak bersemayam dalam tubuh kita dna pergi menjauh. Dengan itu, kebaikan akan bisa kita rasakan dan dapatkan.

Mencuci Tangan Sebanyak 3 Kali

Langakah terakhir yang sebaiknya anda lakukan ketika bangun tidur selain membaca doa adalah dnegan membasuh kedua tangan anda. Hal tersebut sesuai dengan pesan dan anjuran dari Rasulullah SAW. Rasulullah berpesan untuk mencuci terlebih dahulu kedua tangan setelah bangun tidur sebelum melakukan hal lainnya. Hal itu dilakukan karena kita tidak tahu tangan kita berada di mana ketika kita tidur (tidak tahu menyentuh apa). Dengan demikian, maka mencucinya terlebih dahulu merupakan cara terbaik sebelum kita menyentuh makanan atau apapun .

Hal itu juga merupakan salahsatu anjuran yang diberikan oleh Rasulullah SAW kepada kita sebagai bagian dari adab bangun tidur. Hal itu disampaikan oleh Rasulullah dalam hadist berikut ini.

Demikianlah tadi hadist yang diberikan Rasulullah kepada kita mengenai pentingnya mencuci tangan setelah bangun tidur. Jika dilihat dari segi kesehatan apa yang dianjurkan oleh Rasulullah sendiri cukup masuk akal. Kita tidak sadar apa yang telah kita pegang ketika kita tidur, sehingga bukan tidak mungkin bisa membahayakan kita. Oleh karena itu mencuci tangan terlebih dahulu menjadi hal yang sangat baik untuk dilakukan.

(Artikel menarik lainnya: Doa qunut dan terjemahan)

Bagaimana? Silahkan anda hapalkan doa bangun tidur yang kami berikan di atas. Amalkan doa tersebut setiap anda bangun tidur sebagai rasa syukur anda kepada Allah SWT. Jangan lupa ajarkan anak anda dan bagikan kepada teman atau sahabat anda di media sosial. Untuk membagikannya anda bisa menekan tombol berbagi yang telah disediakan pada bagian bawah dari artikel ini. Anda juga bisa turut berinteraksi dengan pembaa lainnya. Cukup isi bagian kolom komentar yang ada pada bagian bawah artikel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *