Doa Agar Terlindung dari Sihir dan Santet Menurut Hadist

Posted on

Sihir merupakan suatu hal yang sudah tidak asing lagi di tengah-tengah masayrakat kita. Hampir seluruh orang di dunia ini mengenal tentang sihir.

Di Indonesia, sihir terbagi ke dalam beragam macam jenis seperti santet, pelet, susuk, atau ajian-ajian. Orang yang memiliki kemampuan untuk melalkuan sihir secara garis besar disebut dengan dukun.

Namun, bagaimana islam memandang sihir dalam kehidupan manusia? Apakah benar sihir itu ada?

Secara syariat, Islam membenarkan bahwa sihir itu benar adanya. Salah satu Imam terkenal yaitu Al Qurthubi rahimahullahu mengungkapkan pendapatnya yang tercantum dalam Tafsir Ibnu Tafsir, yaitu, “Menurut ahli sunnah wal jama’ah, sihir  itu memang ada dan memiliki hakikat, dan Allah Maha Menciptakan segala sesuatu sesuai kehendak-Nya, keyakinan yang demikian ini berbeda dengan keyakinan kelompok Mu’tazilah.”

Pendapat tersebut insya Allah dapat kita jadikan sebagai acuan bahwa keberadaan sihir itu memang nyata. Namun, di balik itu semua, segala hal yang terjadi di dunia initidak terlepas dari kehendak dan izin Allah termasuk di dalamnya adalah sihir dan perdukunan.

Menurut riwayat, baginda Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam juga pernah terkena sihir. Akibat dari sihir tersebut menyebabkan beliau jatuh sakit.

Dalam kitab suci Al-Qur’an, Allah subhanahu wa ta’ala beberapa kali menyinggung tentang sihir. Ada beberapa ayat yang menceritakan tentang sihir, salah satunya adalah dalam surat Al-Baqarah ayat 102:

فَيَتَعَلَّمُونَ مِنْهُمَا مَا يُفَرِّقُونَ بِهِ بَيْنَ الْمَرْءِ وَزَوْجِهِ

“Maka mereka mempelajari dari kedua malaikat itu apa yang dengan sihir itu, mereka dapat menceraikan antara seorang (suami) dengan isterinya” (QS. Al Baqarah: 102).

Secara garis besar, sihir dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sihir yang digunakan untuk mencelakai orang seperti membuatnya jatuh sakit.
  • Sihir yang bertujuan untuk menipu pandangan yaitu seperti sulap-sulap yang sering kita saksikan untuk tujuan hiburan semata.

Tentunya kita tidak ingin diri kita atau anggota keluarga kita terkena gangguan sihir karena hal tersebut dapat sangat merugikan baik secara lahir maupun batin. Tentunya, hal utama yang dapat kita lakukan adalah memohon perlindungan Allah subhanahu wa ta’ala agar kita terhindar dari sihir. Rasulullah mengajarkan kita salah satu doa yang dapat kita amalkan untuk memohon perlindungan dari sihir.

Doa Agar Terlindung dari Sihir dan Santet Menurut Hadist

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّةٍ

Artinya:

“‘Audzu bi kalimaatillahit taammati min kulli syaithonin wa haammatin wa min kulli ‘ainin laammatin (aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah yang telah sempurna dari godaan setan, binatang beracung dan dari pengaruh ‘ain yang buruk).” (HR. Bukhari, no. 3371).

Do’a tersebut beliau amalkan ketika memohon kesembuhan untuk kedua cucunya yaiyu Hasan dan Husein. Makna dari doa tersebut adalah mengagungkan kalimat-kalimat Allah subhanahu wa ta’ala yang sangat sempurna dan memohon perlindungan dari gangguan-gangguan setan yang terkutuk.

Sebagai umat Islam, kita sangat beruntung dengan terdapatnya doa-doa khusus yang diajarkan langsung oleh panutan kita Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salam untuk memohon perlindungan dari Allah subhanahu wa ta’ala. Doa tersebut dapat kita amalkan untuk senantiasa melindungi diri kita dari godaan setan termasuk salah satunya adalah sihir.

Semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah subhanahu wa ta’ala dan terhindar dari hal-hal  yang tidak diinginkan. Aamin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *