Doa Agar Mimpi Indah dan Artinya

Posted on

Doa Agar Mimpi Indah dan Artinya – Sebagai seorang umat muslim, kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu ketika hendak menjalankan aktivitas, tidak terkecuali saat hendak tidur. Ini dilakukan supaya ketika kita tidur mendapatkan mimpi indah, serta terhindar dari mimpi buruk.

Mimpi merupakan bunga tidur, dimana ada kalanya kita bermimpi indah yang membuat bahagia namun ada kalanya kita mimpi buruk yang membuat takut pada saat bangun tidur. Nah, agar tidur nyenyak dan mimpi indah, ada doa yang dapat anda baca sebelum tidur. Simak doa agar mimpi indah dan artinya di  bawah ini.

Doa Agar Mimpi Indah dan Artinya

Setiap orang tentu ingin tidur nyenyak, tenang dan bermimpi indah. Nah, agar mimpi indah dan terhindar dari gangguan setan, berikut ini bacaan doa agar mimpi indah dan artinya yang dapat anda simak.

Doa Agar Mimpi Indah

Itulah bacaan doa agar mimpi indah beserta latin dan artinya. Doa ini bisa kita baca ketika akan tidur bersama doa tidur yang biasanya kita baca.

Jenis Mimpi Dalam Islam

Dalam Islam mimpi memiliki beberapa jenis. Adapun mimpi dibagi menjadi tiga jenis seperti berikut ini.

Ru’ya al hasanah (ru’ya ash shalihah)

Ini merupakan mimpi baik dan datang dari Allah SWT. Mimpi ini cirinya yaitu menggembirakan, membahagiakan, disenangi, tanpa dipikirkan sebelumnya. Ketika mimpi ini dan terbangun, maka hati akan bersuka cita.

Ru’ya as sayyi’at (ru’ya at tahzin min asy syaithan)

Ini merupakan mimpi buruk yang datangnya dari setan. Mimpi ini ciri-cirinya yaitu menyedihkan, menakutkan dan membuat gelisah, tanpa dipikirkan sebelumnya. Ketika seseorang mimpi ini, saat terbangun hatinya akan menjadi gelisah.

Haditsu an nafsi

Ini merupakan mimpi yang asalnya dari pikiran atau hayalan. Mimpi ini biasanya yang paling sering terjadi. Pada saat seseorang memikirkan sesuatu, kemudian hal itu akan muncul dalam mimpi.

Lihat juga : Bacaan Doa Agar Terhindar Dari Fitnah Dajjal

Cara Menyikapi Mimpi Baik dan Mimpi Buruk Dalam Islam

Berikut ini cara menyikapi mimpi baik dan mimpi buruk dalam islam yang dapat anda simak.

Mimpi Buruk

Ada beberapa anjuran, sunnah dilakukan untuk orang yang bermimpi buruk seperti berikut ini:

  • Meludah sebanyak 3 kali ke arah kiri.
  • Memohon lindungan pada Allah SWT dari mimpi buruk yang dialami.
  • Memohon lindungan pada Allah SWT dari setan dengan membaca A‘ûdzu Billâhi minasy-syaithânir-rajîm(aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk).
  • Pindah dari tempat tidur yang ditempati semula.
  • Sholat.

Mimpi Baik

Ketika seseorang bermimpi baik, maka dianjurkan melakukan tiga hal seperti ini.

  • Memuji pada Allah SWT dengan mengucapkan Alhamdulillah.
  • Berbahagia atas mimpi tersebut.
  • Tidak menceritakan mimpi tersebut, terkecuali pada orang yang menyukainya juga.

Seseorang yang mengalami mimpi buruk hendaknya melakukan lima hal yang sudah dijelaskan di atas. Sedangkan saat mimpi baik atau indah dan disukai, maka hendaknya melaksanakan ketiga anjuran yang sudah disebutkan di atas agar mimpi tersebut benar-benar terjadi, serta dapat mendatangkan kebaikan pada orang yang mengalaminya.

Itulah bacaan doa agar mimpi indah beserta artinya dan penjelasan mengenai jenis mimpi serta cara menyikapi mimpi. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *