Doa Agar Anak Sholeh dan Berbakti Pada Orangtua

Posted on

Doa Agar Anak Sholeh – Anak merupakan titipan dari Allah SWT yang harus dijaga, dibesarkan dan dididik dengan baik. Setiap orang tua tentu akan mendidik anaknya agar menjadi sholeh dan berbakti pada orangtua. Memiliki anak yang sholeh dan berbudi pekerti luhur adalah keinginan setiap orang tua. Anak yang patuh pada setiap perintah orangtua dan taat pada aturan agama serta memiliki akhlak yang mulia.

Hanya saja, seperti yang kita ketahui semua saat ini banyak anak-anak yang justru memiliki prilaku yang menyimpang dari ajaran agama. Syarat-syarat agama tidak mampu mereka terapkan dalam kehidupannya, mereka tidak tahu mana yang baik dan buruk berdasarkan agama. Kehidupan yang tanpa dilandasi oleh norma dan agama akan menjadikan hidup seperti kehilangan arah.

Agar anak menjadi anak yang sholeh, orangtua harus memiliki bekal agar bisa mendidik anaknya dengan baik hingga ia tumbuh sebagai anak yang sholeh. Cara yang bisa dilakukan oleh orangtua agar anaknya sholeh seperti yang diinginkan yaitu dengan memberikan teori pendidikan dan mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan lebih baik jika usaha tersebut dibarengi dengan memanjatkan doa pada Sang Khalik. ( Baca juga : Doa Untuk Anak )

Doa Agar Anak Sholeh dan Berbakti Pada Orangtua

Setiap orangtua tentunya mendambakan anak yang sholeh/sholehah. Anak yang sholeh/sholehah bisa mendoakan orangtuanya. Nah, berikut ini doa agar anak sholeh dan berbakti pada orangtua lengkap Arab, Latin dan terjemahannya.

Doa Agar Anak Sholeh

Itulah doa agar anak sholeh yang bisa anda panjatkan pada Allah SWT. Doakanlah yang terbaik untuk anak-anak agar ia bisa menjadi anak seperti yang didambakan oleh orangtua.

Cara Mendidik Anak Agar Sholeh

Beberapa cara di bawah ini dapat membantu orangtua di rumah dalam mendidik buah hati agar tumbuh menjadi anak yang sholeh seperti yang diharapkan.

Selalu Berikan Contoh yang Baik

Anak-anak umumnya belum mengerti apa-apa. Ia tidak bisa membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Karena seperti itu, sedini mungkin berikanlah contoh yang baik pada anak anda. Jangan terus menerus meminta anak supaya menjadi apa yang anda inginkan jika orangtuanya tidak mampu menjadi panutan yang baik untuk anak-anaknya.

Seorang anak memiliki kecenderungan untuk meniru. Mereka akan meniru dan mengadaptasi berbagai hal yang terjadi dan mereka lihat di lingkungannya. Jika anda mampu memberikan contoh yang baik, anak-anak pun dapat mencontoh dalam kehidupan sehari-hari hingga akhirnya mereka terbiasa hingga dewasa nanti. Dengan menjadi contoh yang baik untuk anak, maka tidak akan ada alasan untuk mereka membantah nasihat orangtuanya. ( Artikel lainnya : Doa Keluarga )

Ciptakan Suasana Islami

Meciptakan nuansa islami melalui pendidikan dan pergaulannya dapat menunjang terbentuknya kepribadian yang sholeh dan sholehah. Seorang anak tidak akan mengerti apa itu akidah dan bagaimana menjadi anak yang sholeh jika pendidikan islami tidak terapkan sedini mungkin.

Ajarkan Anak Untuk Selalu Taat Menjalankan Sholat

Sholat 5 waktu merupakan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim. Untuk menanamkan ketaatan beragama pada anak, anda bisa mengingatkannya untuk selalu taat menjalankan sholat. Beritahu mereka apa akibatnya jika mereka tidak melakukan sholat.

Ajak Anak Berwisata Islami

Mengajak anak berwisata islami sangat bermanfaat untuk membentuk kepribadian anak yang sholeh. Selain memberikan pelajaran dan mengenalkan hal-hal yang baru, hal ini akan semakin menambah kecintaan anak terhadap agama dan ketaatannya pada Tuhan. ( Lihat juga : Doa Untuk Ibu Hamil )

Kenalkan Batasan Aurat

Mengenalkan batasan aurat penting dilakukan sejak dini agar mereka terbiasa menutup auratnya sejak kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *