Doa Agar Anak Rajin Sholat 5 Waktu

Posted on

Doa Agar Anak Rajin Sholat – Memiliki anak yang sholeh dan selalu menjalankan perintah agama adalah harapan semua orang tua. Memiliki anak yang sholeh menjadi kebahagiaan tersendiri untuk orang tua. Anak yang berbakti, rajin beribadah dan memiliki budi pekerti yang luhur adalah kebanggaan bagi orangtua.

Agar anak sholeh tentunya harus dididik sejak dini. Sebagai orang tua anda bisa mengenalkan nilai-nilai agama dan kewajiban beribadah mulai dari sejak kecil. Agar anak rajin menjalankan sholat 5 waktu, maka anda bisa mengajaknya atau mengikutsertakan si kecil sholat saat waktunya sholat telah tiba.

Seperti yang kita ketahui semua bahwa sholat 5 waktu merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan yang sudah berakal dan baligh. Dimana ibadah wajib ini tidak boleh ditinggalkan ataupun diwakilkan oleh siapapun.

Dalam berbagai hadist, Nabi Muhammad telah memberikan peringatan kepada orang Islam yang suka meninggalkan sholatnya. Dimana mereka akan dihukum menjadi orang kafir. Mereka yang meninggalkan sholat akan disandingkan dengan orang-orang seperti Fir’aun, Qarun, Haman dan Ubay bin Khalaf.

Sebagai orangtua anda tentu tidak ingin anak celaka akibat meninggalkan sholat wajib 5 waktu. Sudah menjadi kewajiban sebagai orangtua untuk mendidik, memperingati anaknya agar rajin sholat 5 waktu. Penting untuk membekali anak dengan ilmu agama. Agar anak rajin sholat 5 waktu anda bisa mendoakannya dengan doa agar anak rajin sholat berikut ini. ( Baca juga : Doa Agar Anak Sholeh dan Berbakti Pada Orangtua )

Doa Agar Anak Rajin Sholat 5 Waktu

Doa agar anak rajin sholat yang bisa anda panjatkan pada Allah SWT. Adapun doa anak rajin sholat lengkap bahasa Arab, Latin dan artinya adalah sebagai berikut ini.

Doa Agar Anak Rajin Sholat

Demikian doa agar anak rajin sholat 5 waktu yang bisa anda amalkan setiap hari atau setidaknya setelah melaksanakan sholat fardhu.

Tips Agar Anak Rajin Sholat

Nah, selain mendoakan agar anak rajin sholat, anda pun bisa mendidiknya dengan beberapa tips berikut ini.

Berikan Contoh

Contoh dari orangtua sangatlah penting dalam mendidik anak agar rajin sholat dan beribadah. Sebagai orang tua anda adalah cerminan hidup untuk anak-anak. Karena seperti itu, jangan sampai anda menyuruh anak sholat namun anda sendiri malah asyik nonton TV. Apa yang kita lakukan akan diingat oleh anak-anak.

Berikan Nasihat Penuh Cinta

Setelah anda memberikan contoh atau menjadi teladan yang baik, maka jangan lupa untuk mengiringinya dengan nasihat saat anak lupa mengerjakan sholat, menunda sholat atau menjalankan sholat dengan terburu-buru. Berikan nasihat saat itu juga jangan menunggu nanti. ( Lihat juga : Doa Untuk Ibu Hamil )

Biasakan Anak

Setelah teladan dan nasihat diberikan, anda bisa membiasakan sifat-sifat yang terpuji atau khususnya sholat yang menjadi kewajiban rutin dan kebutuhan yang harus dipenuhi. Setelah adzan berkumandang, anda bisa segera mengajak anak untuk menjalankan sholat.

Kontrol

Penting untuk mengontrol anak terus menerus agar saat semangat anak anda berkurang anda bisa kembali memberikan motivasi atau semangat untuk anak anda agar ia kembali semangat menjalankan sholat.

Hukuman yang Mendidik

Jika anda telah melakukan ke empat langkah di atas namun anak masih malas mengerjakan sholat atau tidak khusyu dalam mengerjakan sholat, langkah terakhir yang bisa anda ambil yaitu dengan memberikan hukuman yang sifatnya mendidik. ( Artikel lainnya : Doa Untuk Anak )

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar si kecil rajin sholat seperti yang anda harapkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *