Doa Agar Anak Cerdas dan Sholeh

Posted on

Doa Agar Anak Cerdas – Anak merupakan titipan dari Sang Maha Pencipta yang harus dirawat dan dibesarkan. Bagi orang tua anak adalah harta yang paling berharga, anak merupakan penerus mereka di kemudian hari. Setiap orang tua tentu ingin yang terbaik untuk anaknya. Memiliki anak yang cerdas dan berakhlak mulia tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk para orang tua. Mereka dianggap berhasil dalam mendidik dan membesarkan anak-anaknya.

Anak yang cerdas dan sholeh tentu tidak bisa terlepas dari peran orangtua termasuk doa. Dalam setiap sujudnya orangtua akan meminta yang terbaik untuk anak-anaknya pada Allah SWT. Orangtua akan setiap saat berdoa agar anaknya diberikan segala kebaikan, menjadi anak yang sholeh, cerdas serta berguna bagi nusa bangsa dan agama

Nah, untuk anda yang memiliki anak yang cerdas, sholeh, pintar dan selalu beruntung berikut ini kami hadirkan beberapa doa yang bisa anda panjatkan pada Allah SWT. ( Baca juga : Doa Untuk Anak )

Doa Agar Anak Cerdas dan Sholeh

Sebagai umat Islam kita percaya bahwa doa memiliki kekuatan yang besar. Doa menjadi sarana komunikasi kita dengan Allah SWT.

Doa Agar Anak Cerdas dan Sholeh

Doa Agar Anak Cerdas

Doa Agar Anak Cerdas dan Pintar

Doa Agar Anak Cerdas

Doa Agar Anak Selalu Beruntung

Doa Agar Anak Cerdas

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas dan Sholeh

Selain berdo’a, tentu anda harus mendidik anak agar ia tumbuh seperti yang diharapkan. Berikut ini beberapa cara mendidik anak agar cerdas dan sholeh.

Utamakan Pendidikan Agama

Agama merupakan pondasi dalam membentuk akhlak yang baik, perilaku serta tabiat yang dapat mencerminkan sosok pribadi yang baik dan sholeh. Mendidik anak dengan mengutamakan pendidikan agama adalah langkah awal untuk menjadikan anak sholeh dan sholehah.

Pahami Karakter dan Sifat Anak

Sebagai orang tua yang baik anda harus bisa memahami sifat atau karakter anak anda sendiri. Sejak awal ada anak yang menunjukan karakter pemalu, pendiam atau penuh rasa percaya diri. Sebaiknya anda memperlakukan mereka sesuai dengan karakternya, jangan memaksakan anak untuk menjadi orang lain atau memaksa anak untuk melakukan sesuatu yang ia rasa masih belum siap.

Hargai Setiap Perilaku Anak

Hargai apa yang dilakukan oleh anak anda. Jangan langsung menghukumnya namun tanyakan terlebih dahulu alasan mengapa ia melakukannya dan ajak ia untuk berpikir apakah perbuatannya baik atau tidak. Jika anda ingin menghukumnya untuk memberikan pelajaran, maka hukumlah dengan hukuman yang bersifat mendidik.

Ajak Anak Berbicara dalam Diskusi

Ingin memiliki anak yang pemberani dan memilik sifat pemimpin? Anda bisa melibatkan anak anda dalam diskusi keluarga, dengarkan dan hargai pendapatnya. Selalu diskusikan dengannya mulai dari memilih baju, makanan dan lain sebagainya. ( Artikel lainnya : Doa Sehari-Hari )

Ajarkan Anak Untuk Bersikap Disiplin

Jika anda dibiasakan disiplin sejak kecil maka saat dewasa ia akan menjadi pribadi yang lebih teratur. Anda bisa menerapkan mulai dari hal-hal kecil.

Berikan Contoh Teladan yang Baik

Anak akan meniru setiap yang dilakukan oleh orangtuanya, maka berhati-hatilah dalam setiap bertindak. Sebaliknya, berlakulah yang baik sesuai ajaran agama. Lakukan hal-hal yang bermanfaat dan bersifat edukatif dengan anak-anak.

Tanamkan Nilai-Nilai Positif

Sebagai orangtua anda harus bisa memanfaatkan momen bersama anak-anak. Gunakan waktu bersama anak untuk menanamkan nilai-nilai positif. Ajak juga anak untuk mengenal banyak hal, seperti saat sedang berjalan-jalan atau saat menonton televisi.

Demikian doa agar anak cerdas dan sholeh beserta cara mendidiknya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *