Bacaan Niat Sholat Witir Sendiri dan Keutamaan Melaksanakannya

Posted on

Bacaan Niat Sholat Witir Sendiri dan Keutamaan Melaksanakannya – Sebagai umat islam tentu kita harus mengetahui sholat sunnah sebagai penambah pahala. Sunnah itu sendiri berarti apabila dikerjakan akan mendapatkan pahala, dan jika ditinggalkan tidak apa. Nah, salah satu sholat sunnah yaitu sholat witir. Mengerjakan sholat witir merupakan ibadah sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW. Rasulullah SAW selalu melaksanakan sholat witir. Sehingga hal ini menjadi panduan untuk senantiasa mengerjakan sholat witir bagi umatnya.

Kapan Sholat Witir Dilaksanakan?

Sholat witir yaitu sebagai pamungkas waktu malam untuk mengganjil sholat yang genap. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menjadikan sholat ini sebagai akhir sholat malam. Jika anda bermaksud melaksanakan sholat tahajud saat malam hari, maka anda sebaiknya tidak melaksanakan sholat witir menjelang tidur. Namun, anda dapat melaksanakannya setelah sholat tahajud. Namun, jika anda tidak bermaksud demikian, sebaiknya anda mengerjakan sholat witir ini sebelum tidur.

Sehingga waktu sholat witir yaitu antara waktu setelah selesai sholat isya hingga sebelum waktu sholat subuh.

Sholat witir dapat dilaksanakan paling sedikit satu rakaat dan maksimal sebanyak sebelas rakaat. Umumnya, masyarakat melaksanakan sholat sunnah ini tiga rakaat. Ada dua cara melaksanakan sholat witir tiga rakaat seperti berikut ini:

Cara pertama : Cara ini dilakukan dengan 2 kali salam. Pada cara ini, sholat witir dilaksanakan sebanyak 2 rakaat lalu salam. Kemudian dilanjutkan melaksanakan sholat satu rakaat yang diakhiri salam.

Cara kedua : Sholat witir sekaligus dilaksanakan sebanyak tiga rakaat dengan satu kali salam. Sholat witir dengan cara ini dikerjakan tiga rakaat tanpa tasyahud awal dan kemudian diakhiri salam.

Bacaan Niat Sholat Witir

Melaksanakan sholat witir tentu memiliki banyak keutamaan. Berikut ini bacaan niat sholat witir, arab, latin dan artinya.

Niat Sholat Witir
Niat Sholat Witir
Niat Sholat Witir

Keutamaan Melaksanakan Sholat Witir

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sholat witir memiliki banyak keutamaan. Berikut ini beberapa keutamaan sholat witir yang penting untuk diketahui.

Sholat Witir Dicintai Allah SWT

Allah menyukai yang ganjil sebab Allah adalah satu. Seperti rakaat sholat witir yang ganjil, sholat ini termasuk salah satu ibadah yang Allah SWT cintai. Sebagai seorang hamba Allah yang beriman, serta bertakwa kita tentu akan mencintai apa yang Allah cintai. Sehingga kita akan berusaha untuk  melaksanakan segala perintan Allah termasuk melaksanakan sholat witir.

Sebagai Tambahan Sholat

Sholat witir sebagai tambahan sholat. Sholat witir merupakan sholat yang dianjurkan dikerjakan pada waktu antara sholat fardu yakni sholat isya dan sebelum sholat subuh. Dengan melaksanakan sholat witir maka kita akan menambah sholat dan akan menambah pahala.

Baca juga : Bacaan Niat Sholat Tahiyatul Masjid dan Artinya

Sebagai Penyempurna Sholat Malam

Sholat witir merupakan penutup dari sholat malam, yang dikerjakan sebelum atau setelah bangun tidur. Tanpa sholat witir maka sholat malam tidak akan sempurna seperti yang disebutkan hadist berikut ini.

جْعَلُوْا آخِرَ صَلاَتِكُمْ بِاللَّيْلِ وِتْرًا

“Jadikanlah akhir shalat kalian di malam hari dengan shalat Witir”

Dikabulkan Doanya

Waktu mengerjakan sholat witir yaitu waktu tepat untuk berdoa pada Allah. Doa yang kita panjatkan setelah melaksanakan sholat witir bisa jadi menjadi doa yang akan Allah SWT ijabah.

Tidak Pernah Ditinggalkan Rasulullah

Dalam hidup ada 3 perkara yang tidak pernah Rasul tinggalkan yaitu berpuasa selama tiga hari dalam setiap bulannya, melaksanakan sholat dhuha, serta melaksanakan sholat witir. Sholat witir tidak pernah Rasul tinggalkan, jika ditinggalkan beliau akan mengqadha sholat yang ditinggalkannya tersebut.

Sholatnya Disaksikan Oleh Malaikat

Sholat witir yang dikerjakan dipenghujung malam akan disaksikan oleh malaikat. Malaikat akan membawa berkah, serta turut mendoakan kita.

Diberikan Petunjuk, Serta Kekuatan Oleh Allah SWT

Orang yang mengerjakan sholat witir akan selalu merasa kuat saat menghadapi cobaan. Serta doanya akan senantiasa Allah SWT dengar. Allah SWT akan memberikan petunjuk kepada umatnya yang menjalankan segala perintah, serta melakukan apa yang dicintai.

Nah, itulah niat sholat witir dan beberapa keutamaan melaksanakan sholat witir. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *