Bacaan Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri Untuk Imam dan Ma’mum

Posted on

Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri – Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan pergi. Bulan yang selalu ditunggu-tunggu kedatangannya ini akan berlalu. Bulan yang suci dan penuh rahmat ini ditutup dengan hari kemenangan, yakni hari raya Idul Fitri.

Saat hari raya Idul Fitri ketika pagi hari kita biasanya melaksanakan sholat Ied. Seperti yang kita ketahui semua bahwa sholat Ied adalah sholat sunnah yang pelaksanaannya setahun sekali setelah selama 1 bulan penuh kita melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Sholat Ied di hari Raya Idul FItri tergolong ke dalam sholat sunnah muakkad atau sholat sunnah yang dianjurkan.

Saat melaksanakan sholat Ied, ada dua hal yang akan kita rasakan. Hal pertama yakni rasa bahagia dan penuh syukur karena kita telah diberikan umur panjang sehingga kita bisa kembali melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadhan. Namun di sisi lain kita akan merasakan kesedihan karena bulan yang penuh rahmat ini akan berlalu.

Setelah sholat Ied, di hari raya Idul Fitri kita akan saling bermaaf-maafan. Tali silahturahmi akan semakin erat di hari raya Idul Fitri ini.

Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri

Sebenarnya niat sholat Ied hampir sama dengan niat sholat yang lainnya. Dimana niat yang sholat cukup diucapkan dalam hati. Hal yang paling penting adalah niat tersebut dibacakan semata-mata hanya karena Allah SWT. Berikut ini niat Sholat Ied lengkap Arab, Lain dan artinya.

Niat Sholat Ied Untuk Imam

Adapun niat sholat Ied untuk imam adalah seperti berikut.

niat sholat Idul Fitri

Niat Sholat Ied Untuk Ma’mum

Adapun niat sholat Ied untuk ma’mum adalah sebagai berikut.

niat sholat Idul Fitri

Syarat Rukun dan Sunnah Sholat Idul Fitri

Ada beberapa syarat rukun dan sunnahnya sholat Idul Fitri. Untuk mengetahuinya anda bisa langsung saja simak pembahasan di bawah ini.
Berjamaah

  • Takbir yang dilakukan sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan sebanyak 5 kali pada rakaat kedua.
  • Setiap takbir mengangkat tangan setinggi bahu.
  • Setelah takbir yang kedua sampai akhir membaca tasbih.
  • Membacakan surat Qaf pada rakaat yang pertama, kemudian surat AL Qomar pada rakaat yang pertama. Atau membacakan surat A’la pada rakaat pertama dan surat Al Ghasiyah pada rakaat yang kedua.
  • Imam menyaringkan bacaannya.

Hikmah Idul Fitri

Dalam Islam Idul Fitri berasal dari kata Id yang berdasar dari akar kata aada-yauudu yang maknanya kembali. Sedangkan fitri bermakna suci. Jadi jika diibaratkan Idul Fitri sebagai seorang manusia yang kembali suci seperti bayi yang baru saja dilahirkan dari rahim ibunya. Suci di sini artinya yaitu manusia akan kembali pada asal kejadiannya yang bersih dan mengikuti petunjuk Islam yang baik dan benar.

Selain dianggap sebagai hari yang indah, Idul Fitri juga memiliki hikmah di dalamnya. Hikmah Idul Fitri diantaranya yaitu dapat kembali fitrahnya seorang muslim.

Hikmah yang lainnya yaitu dalam kehidupan sehari-hari seorang muslim akan senantiasa berbuat baik dan berkata yang benar. Selain itu, seorang muslin akan berlaku sebagai hamba Allah SWT yang senantiasa taat dan selalu patuh pada perintahnya.

Intinya Idul Fitri itu sendiri memiliki makna suka cita. Oleh karena itu, jangan sampai seseorang bersedih di hari kemenangan umat Islam yang istimewa ini.
Demikian bacaan niat sholat Idul Fitri beserta makna dan hikmahnya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *