Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya

Posted on

Bacaan Doa Setelah Adzan dan Artinya – Ketika memasuki waktu sholat, adzan pasti akan berkumandang. Baik itu adzan Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Dimana suara adzan ini akan dikumandangkan di masjid-masjid dengan menggunakan pengeras suara. Selain itu, adzan juga biasanya dikumandangkan melalui berbagai media elektronik, baik itu televisi, radio dan lain sebagainya.

Adzan mempunyai keutamaan, dimana salah satunya yaitu pada saat kita membaca doa setelah adzan berkumandang. Dimana kita akan mendapatkan kebaikan dan keberkahan, serta lain sebagainya.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan bahas doa setelah adzan dan keutamaannya. Untuk mengetahui penjelasannya anda bisa simak pada pembahasan di bawah ini.

Baca juga : Bacaan Niat Sholat Tahiyatul Masjid dan Artinya

Bacaan Adzan

Adzan merupakan sebuah pemberitahuan atau panggilan pada umat muslim bahwa waktu sholat telah tiba. Hukum mengumandangkan adzan yaitu sunnah muakkad, dilakukan sebelum melaksanakan sholat fardhu. Saat adzan berkumandang, kita dianjurkan untuk diam dan mendengarkan adzan dengan khidmat.

Berikut ini bacaan adzan beserta dengan artinya:

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (2x)

Asyhadu allaa illaaha illallaah (2x)

Asyhadu anna Muhammadar rasuulullah (2x)

Hayya’alashshalaah (2x)

Hayya’alalfalaah (2x)

Allaahu Akbar, Allaahu Akbar (1x)

Laa ilaaha illallah (1x)

Artinya :

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (2x)

Aku menyaksikan bahwa tiada tuhan selain Allah (2x)

Aku menyaksikan bahwa nabi Muhammad itu adalah utusan Allah (2x)

Marilah sholat (2x)

Marilah menuju kepada kejayaan (2x)

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar (1x)

Tiada Tuhan selain Allah (1x)

Bacaan Doa Setelah Adzan

Apabila adzan sudah selesai berkumandang, kita dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan. Berikut bacaan doa setelah adzan beserta latin dan artinya.

Doa Setelah Adzan

Keistimewaan Membaca Doa Setelah Adzan

  • Dosanya diampuni. Setelah adzan selesai berkumandang, diusahakan bagi umat muslim untuk membaca doa. Apabila kita membaca doa setelah adzan, maka dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT.
  • Mendapatkan syafaat. Selain itu, keistimewaan lainnya membaca doa setelah mendengarkan adzan yaitu ia akan mendapatkan syafaat, yakni pertolongan nabi atas izin Allah di hari kiamat.
  • Mendapatkan keutamaan. Membaca doa setelah adzan berkumandang akan membawa keutamaan tersendiri.
  • Doanya mustajabah. Doa setelah selesai adzan merupakan salah satu doa yang dianjurkan untuk diamalkan. Dimana pada waktu adzan terdapat waktu mustajabah untuk berdoa. Dimana waktu mustajabah ini akan anda dapatkan saat anda membaca doa setelah selesai adzan.
  • Saksi kebaikan untuk yang berdoa. Untuk yang mengumandangkan dan pendengar adzan termasuk saksi kebaikan.
  • Surga untuk yang berdoa. Umat muslim yang berdoa setelah adzan, dimana doanya tersebut penuh dengan keyakinan akan mendapatkan keistimewaan yakni masuk surga.
  • Akan mendapatkan pahala setimpal 10 kali bersholawat.

Sebagai umat muslim ketika mendengarkan suara adzan merupakan seruan agar segera melaksanakan sholat. Selain itu, mendengarkan adzan akan membawa kebaikan untuk umat muslim yang menjawab, serta berdoa setelah adzan berkumandang. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya membaca doa setelah adzan akan mendapatkan keistimewaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *