Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Terjemahannya

Posted on

Bacaan Doa Qunut Shalat Subuh dan Terjemahannya – Shalat menjadi kewajiban untuk semua umat muslim didunia. Terdapat beberapa rangkaian doa yang terdapat didalam ibadah wajib yang satu ini. Salah satunya adalah doa khusus yang dipanjatkan sewaktu menjalankan shalat subuh atau sahalat fajar. Berikut ini adalah bacaan doa Qunut shalat shalat subuh dan terjemahannya.

Sebagai seorang muslim yang taat, menjalankan shalat wajib adalah syarat yang perlu untuk selalu dipenuhi dengan baik. Shalat adalah bukti kecintaan dan ketaan kita pada Allah SWT Tuhan Sang Pencipta alam semesta ini. Dimanapun anda dan apapun aktivitas yang tengah anda jalani saat ini, shalat menjadi hal yang tidak boleh anda lewatkan.

Sayangnya, tak sedikit orang muslim mengundur dan bahkan beberapa diantaranya mengabaikan panggilan shalat tatkala adzan sudah selesai berkumandang. Pekerjaan atau aktivitas yang tengah mereka kerjakan seringkali menjadi alasan banyak orang menunda shalatnya. Padahal sungguh menjadi kerugian yang besar dan dosa menjadi bayaran yang perlu ditebus untuk setiap kebiasaan mengundur waktu shalat.

Allah memang maha adil dan sebagai manusia yang diberikan kehendak untuk memilih, segala pilihan selalu diberikan kepada umatnya. Begitupula dalam memilih shalat, meskipun ibadah ini menjadi syarat wajib yang perlu untuk dilakukan tanpa diundur atau dibatalkan. Namun nyatanya, tidak seperti guru atau orangtua yang mungkin akan marah dan melampiaskan kekesalannya secara langsung saat kita tidak patuh.

Akan tetapi, dosa dari kebiasaan buruk ini akan terus diakumulasikan dari waktu ke waktu. Sehingga hal ini pula yang mungkin menjadi alasan banyak orang mengabaikan shalat. Dosa yang tidak terasa memang seringkali membuat kita mengabaikan banyak hal.

Bacaan Doa Qunut Shalat Subuh dan Terjemahannya

Nah, dari serangkaian shalat 5 waktu yang dikerjaan, tidak sedikit orang yang mengalami kendala menunaikan ibadah shalat Subuh. Salah satunya adalah waktu yang dianggap terlalu pagi untuk menunaikan ibadah yang satu ini.

Anak-anak yang masih kecilpun seringkali mengeluh ketika dibangunkan untuk shalat Subuh. Akan tetapi, dibandingkan dengan keluhan tabungan dosa yang terus bertambah. Maka rasa kantuk yang dirasakan sesasat sebaiknya bisa diatasi.

Cobalah untuk beranjak dari tempat tidur anda dan tahan sementara rasa kantuk dan perasaan mata yang perih. Ambilah air wudhu dan basuhlah wajah anda dengan air tersebut maka setelah itu anda akan merasa lebih baik.

Rasa kantuk dan mata yang terasa berat akan terasa lebih baik ketika anda membilas wajah anda dengan air wudhu. Dipercaya atau tidak hal yang sama pada umumnya terjadi ketika anda membilas mata mengantuk dengan air biasa. Oleh karenanya, hal ini akan dapat menjadi solusi untuk anda yang seringkali menghadapi sulit bangun untuk menunaikan shalat subuh.

Manfaat Sholat Subuh

Selain dilakukan sebagai ibadah yang wajib, shalat pun menjadi hal yang akan memberikan anda keuntungan, terutama untuk shalat subuh. Sesungguhnya bangun sebelum shalat Subuh itu banyak memberikan anda manfaat. Mulai dari menyiapkan diri untuk shalat sampai dengan perasaan lebih baik untuk dapat menata diri menjadi lebih baik. Persiapan shalat subuh pun dapat memberikan anda waktu untuk menyambut pagi dengan lebih siap dan segar.

Disamping itu, bila dilihat dari segi pahala tentu Allah akan memberikan pahala yang besar atas usaha anda menjalankan ibadah wajib ini. Apalagi bila anda menunaikan shalat sunnah, lipatan pahala yang akan anda dapatkan tentu akan jauh lebih banyak. Namun tentunya, jalankan hal ini dengan ikhlas dan semata-mata hanya karena Allah bukan hal-hal lainnya.

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh

Pada saat menunaikan ibadah sahalat Subuh terdapat bacaan khusus yang menyertai shalat ini, yakni doa Qunut. Lalu apa itu Doa Qunut? Untuk lebih jelasnya lagi mari kita bahas penjelasan lebih rincinya dibawah ini.

Doa Qunut secara umum adalah doa yang dibawah pada waktu i’tidal atau berdiri dari rukuk akhir pada rakaat kedua shalat Subuh dan shalat Witir. Kata Qunut sendiri mulanya berasal dari kata “Qanata” yang mana kata ini berarti patuh dan mengabdi kepada Tuhan Allah kita.

Adapun hukum dalam membaca doa Qunut pada shalat adalah sunnah Muakad atau sunah yang diperkuat. Dalam artian lain ketika anda menjalankan atau melakukan doa ini pada saat shalat maka pahala shalat anda akan semakin besar. Namun para imam dan ulama mazhab berbeda pendapat mengenai tata pelaksnaan doa Qunut.

Selain itu, dalam beberapa pendapat lain ada pula yang mengatakan bahwa hukum dari membaca doa ini pada saat shalat Subuh adalah Sunnah ab’ad. Artinya sunnah yang dituntut untuk dilakukan dalam shalat, apabila lupa atau terlewatkan, dianjurkan/sunnah mengganti kekurangan tersebut dengan melakukan sujud syahwi.

Nah, untuk anda yang saat ini tengah mencari doa Qunut beserta dengan latin dan juga terjemahannya. Maka tak perlu khawatir berikut ini kami sajikan untuk anda bacaan doa Qunut yang lengkat.

Bacaan Arab Doa Qunut

Dibawah ini adalah bacaan arab untuk doa Qunut yang bisa anda pelajari denga perlahan dan diharapkan bisa dihafalkan. Hal ini tentu saja dilakukan untuk mempermudah anda pada saat menggunakannya ketika shalat Subuh.

 

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Terjemahannya

Bacaan Latin Doa Qunut Shalat Munfarid (Sholat Sendiri)

Sementara itu, dibawah ini adalah bacaan doa Qunut apabila anda shalat sendirian (Munfarid) dengan bahasa latin.

 

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Terjemahannya

Bacaan Latin Doa Qunut Sholat Berjamaah

Untuk anda yang terbiasa menunaikan shalat Subuh secara berjamaah. Maka dibawah ini adalah bacaan doa Qunut yang dibuat dengan tulisan latin untuk mempermudah anda memahaminya.

 

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Terjemahannya

Terjemahaan Bacaan Doa Qunut

Diatas adalah beberapa bacaan doa Qunut yang dibaut dengan bahaa arab lengkap dengan bahasa latin. Sementara untuk memahami arti dari bacaan dia tersebut anda bisa menyimaknya dibawah ini.

 

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Terjemahannya

Itulah dia terjemahaan dari bacaan doa Qunut yang bisa kami sampaikan kali ini. Sementara itu, perbedaan antara bacaan doa Qunut untuk shalat munfarid dan shalat berjamaah hanya terletak pada kata “Nii” dan “Naa”. Untuk shalat munfarid anda harus menggunakan kata “Nii”. Sementara untuk shalat Subuh berjamaah, gunakanlah kata “Naa”.

Tata Cara Sujud Syahwi Apabila Lupa Tidak Membaca Doa Qunut

Sebagaimana beberapa pendapat yang dikemukaan oleh beberapa pemuka agama besar mengenai hukum dari membaca Doa Qunut saat shalat Subuh.

Untuk doa Qunut yang terlupakan atau tidak dibaca pada saat shalat dengan alasan lainnya. Maka anda perlu melakukan sujud syahwi setelahnya.
Sujud syahwi yang dikerjakan karena lupa, seperti karena tidak membaca doa Qunut. Waktu pelaksanaanya adalah pada saat setelah bacaan atahiyatul terakhir. Tepatnya seelum anda mengucapkan salam. Adapun untuk sujud ini dilakukan sebanyak 2 kali sambil melafalkan bunyi tasbih berikut ini:

 

Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh dan Terjemahannya

“Subhaana man laa yanaa mu walaa yashu “

Yang mana artinya: “Maha suci Allah yang tidak tidur dan tidak lupa.”

Usai melafalkan tasbih tersebut anda bisa kembali melanjutkan shalat anda dan menyelesaikannya dengan khusuk.

Itulah dia doa Qunut yang bisa disampaikan pada kesempatan kali ini. Pada intinya menjalankan shalat wajib adalah hal yang tidak bileh anda tinggalkan begitu saja. Apapun aktivitas yang anda lakukan saat ini dan dimanapun anda berada tidak ada salahnya menunda terlebih dahulu apa yang anda kerjakan.

Sambutlah adzan dan ambilah air wudhu, lekaskah pergi ke mesjid atau tunaikan ibadah shalat wajib dengan segera.

Menjalankan shalat tidak akan sampai menghabiskan waktu berjam-jam atau memakan waktu yang lama. Jangan pula takut bila rezeki anda akan diambil oleh orang lain. Bukankah, Allah Maha Pengatur segala rezeki masing-masing umatnya? Jadi demikian, untuk rezeki dan keberkahan yang lainnya anda perlu mendekati Sang Pemberi Rezeki itu sendiri.

Demikianlah rangkaian doa Qunut yang bisa kami sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat dan membuat anda lebih mudah untuk memahaminya. Sementara itu, untuk anda yang masih terkendala memahami tulisan arab pada bacaan doa diatas. Kami memberikan anda kemudahan untuk dapat membacanya dengan bahasa latin yang sudah kami berikan. Dengan begini diharapkan perlahan anda dapat menghafalnya dan membuat anda lebih mudah untuk menggunakannya pada saat shalat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *