Bacaan Doa Khatam Al-Quran, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Posted on

Bacaan Doa Khatam Al-Quran  –  Al-Quran adalah kitab suci umat islam yang menjadi pedoman dalam hidup. Sebagai umat muslim, kita harus memperbanyak membaca Al-Quran. Bisa membaca Al-Quran hingga khatam tentu menjadi kebanggaan tersendiri untuk setiap umat islam.

Tidak ada kata terlambat untuk anda yang belum mengkhatamkan Al-Quran. Anda bisa memulainya dari sekarang untuk rajin membaca Al-Quran. Khatam Al-Quran itu sendiri maksudnya sudah selesai membaca Al-Quran dari surat pertama, yaitu surat Al-Fatihah hingga surat An-Naas.

Nah, berikut ini kami hadirkan doa khatam Al-Quran lengkap dengan latin dan artinya, serta keutamaan membaca Al-Quran dan tips agar bisa khatam selama sebulan. Yuk simak di bawah ini.

Doa Khatam Al-Qur’an

Apabila anda sudah khatam membaca Al-Quran, maka dianjurkan agar membaca doa khatam Al-Quran. Nah, bacaan doa berikut ini dapat anda panjatkan setelah khatam Al-Quran atau setelah anda selesai membaca Al-Quran.

Doa Khatam Al-Qur’an
Doa Khatam Al-Qur’an

Keutamaan Membaca Al-Qur’an

Al-Quran merupakan pedoman hidup bagi umat islam. Dengan membaca Al-Quran akan banyak hikmah yang bisa kita dapatkan. Nah, berikut beberapa keutamaan membaca Al-Qur’an.

Baca juga : Doa Setelah Belajar

Mendapatkan Pahala

Untuk setiap umat muslim yang membaca Al-Qur’an, maka akan mendapatkan pahala. Pada hadis riwayat Tirmidzi menyebutkan, membaca satu huruf Al-Qur’an mendatangkan satu kebaikan. Dimana dari satu kebaikan tersebut akan berlipat ganda menjadi sepuluh.

Derajatnya Diangkat

Orang yang membaca, mempelajari, serta mengamalkan Al-Quran derajatnya akan diangkat oleh Allah SWT. Akan lebih dekat dengan Allah untuk yang  mengamalkannya.

Jiwa dan Hati Menjadi Tentram

Allah menurunkan Al-Quran untuk mengobati penyakit hati, sesuai yang disebutkan dalam surat Al-Isra ayat 82. Untuk para pembaca Al-Quran serta orang-orang yang mendengarkan, dan menyimak ayat Al-Quran.

Al-Quran Memberikan Syafaat

Al-Quran akan memberikan syafaat pada hari kiamat bagi orang yang membacanya. Oleh karena itu, dalam kehidupan sehari-hari hendaknya kita memperbanyak membaca Al-Quran dan mengamalkan Al-Quran. Supaya kelak akan menjadi penolong di hari kiamat.

Akan Dihadiri Oleh Malaikat

Dengan membaca Al-Quran maka rumah kita akan dihadiri oleh malaikat. Rumah yang penghuninya selalu membaca Al-Quran akan dikunjungi oleh malaikat.

Menjadi Kemuliaan Untuk Orangtua di Surga

Setiap orangtua tentu ingin buah hatinya menjadi anak yang sholeh dan sholeha. Anak akan menjadi penolong orangtua kelak diakhirat. Anak yang belajar, serta membaca Al-Quran, terlebih lagi hingga hafal 30 Juz, orangtuanya kelak diakhirat akan mendapatkan pakaian kemuliaan di surga.

Tips Khatam Al-Quran Dalam Sebulan

Apabila anda ingin mengkhatamkan Al-Quran selama sebulan, untuk memudahkan anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini.

  • Niat dan konsisten. Niat yang kuat menjadi paling penting dan harus konsisten terhadap keputusan.
  • Membaca Al-Quran sebelum dan sesudah sholat. Sebelum mengerjakan sholat, anda dapat membaca Al-Quran 1 lembar. Setelah selesai sholat, anda bisa kembali melanjutkan lagi membaca Al-Quran 1 lembar.
  • Membaca di waktu luang. Jika anda memiliki waktu luang, sebaiknya isi dengan membaca Al-Quran agar bisa khatam Al-Quran selama sebulan.
  • Anda harus memastikan target yang ingin anda capai harus terlaksana.

Itulah doa khatam Al-Quran, beserta keutamaan membaca Al-Quran dan tips agar khatam Al-Quran dalam sebulan. Anda bisa mencoba melakukan tips di atas supaya bisa khatam Al-Quran dengan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *