Bacaan Doa Bertemu Saudara Muslim dan Artinya

Posted on

Bacaan Doa Bertemu Saudara Muslim dan Artinya – Di dunia ini semua umat muslim adalah saudara, sehingga kita harus saling mendo’akan. Ketika kita bertemu dengan saudara muslim, sudah sepatutnya kita saling mendo’akan. Nah, berikut ini bacaan doa bertemu saudara muslim dan artinya, serta makna doa dan adab bertemu dengan saudara muslim.

Bacaan Doa Bertemu Saudara Muslim dan Artinya

Ketika bertemu dengan saudara, yang kita lakukan tentu menyapanya dan mengucapkan salam. Contohnya, mengucapkan selamat pagi, siang ataupun malam. Menyapa orang dengan berbagai bentuk sapaan tentu sudah umum dilakukan. Namun, islam mengajarkan mengungkapkan sapaan dengan ucapan salam atau sering juga disebut dengan doa salam.

Selain sebagai sapaan, salam merupakan doa, perdamaian, ungkapan dan kasih sayang. Nah, ketika kita bertemu dengan saudara muslim maka dianjurkan untuk memberikan salam. Berikut ini doa salam dan artinya sesuai dengan ajaran islam.

Doa Bertemu Saudara Muslim

Doa salam di atas merupakan doa yang bisa kita ucapkan saat bertemu dengan saudara muslim. Ketika kita menerima ucapan tersebut, maka sudah seharusnya kita juga menjawabnya.

Makna yang Terkandung Dalam Doa Salam

Pada doa salam terkandung makna seperti berikut ini:

Ungkapan Saling Menghormati dan Mencintai

Saat kita mengucapkan salam pada saudara muslim, maka itu artinya kita sedang mendo’akan orang tersebut supaya mendapatkan keselamatan dan kebaikan, baik di dunia maupun di akhirat.

Wujud Penyerahan Diri Pada Allah

Arti dari doa salam yaitu wujud penyerahan diri pada Allah SWT atas segalanya yang terjadi di Semesta ini.

Memberikan Rasa Aman

Makna doa salam selanjutnya yaitu memberikan rasa aman. Saat kita mengucapkan salam kepada saudara muslim yang lainnya, itu berarti ia memberikan perlindungan pada anda dari segala perlakuan jahatnya secara tidak langsung. Baik lisan ataupun fisik, serta menghormati anda.

Saling Menghormati

Ketika kita saling mengucapkan salam antar sesama muslim, itu merupakan bentuk saling menghormati dan menghargai sehingga akan menumbuhkan peduli dan rasa sayang yang tinggi.

Lihat juga : Doa Dipermudah Segala Urusan Oleh Allah SWT

Perjumpaan yang Baik

Saat kita berjumpa dengan saudara muslim, maka akan menghadirkan perjumpaan bermanfaat. Sehingga dengan begitu akan membangun tali silaturahmi erat antara sesama muslim yang lainnya.

Mempererat Tali Silaturahmi

Dengan saling mengucapkan doa maka bentuk rasa kekeluargaan akan hadir sehingga hubungan silaturahmi akan lebih dalam di antara sesama muslim yang lainnya.

Adab Bertemu dengan Saudara Muslim

Terdapat beberapa adab saat berjumpa dengan sesama muslim yang hendaknya kita lakukan seperti berikut ini.

Mengucapkan Salam Atau Menyapa

Saat kita berjumpa dengan sesama saudara muslim, baik itu perempuan ataupun laki-laki maka kita harus terlebih dahulu mengucapkan salam. Dengan mendahului mengucapkan salam merupakan salah satu sifat ketawadhuan.

Tersenyum dan Berjabat Tangan

Senyuman merupakan lambang dari persahabatan dan termasuk salah satu bagian dari ibadah. Ketika kita bertemu dengan saudara muslim kita bisa saling tersenyum dan berjabat tangan.

Membalas Salam

Ketika kita berjumpa dengan saudara muslim dan menerima salam, maka kita harus membalas salam yang kita terima. Seperti yang kita ketahui salam adalah satu satu ungkapan untuk saling mendo’akan.

Itulah bacaan doa bertemu saudara muslim dan artinya. Semoga informasi yang kami berikan untuk anda bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *