Bacaan Doa Bayi Baru Lahir yang Dapat Diamalkan

Posted on

Bacaan Doa Bayi Baru Lahir yang Dapat Diamalkan – Prosesi kelahiran seorang bayi tentu menjadi hal yang amat dinanti oleh kedua orangtuanya. Sebagai umat Muslim kita tentu mengenal prosesi kelahiran bayi seringkali dihiasi dengan mengumandangkan adzan. Akan tetapi, selain lafal adzan adapula doa yang dibaca ketika si kecil baru pertama kali dilahirkan. Mari simak bacaan doa bayi baru lahir yang dapat diamalkan dibawah ini.

Setelah 9 bulan lamanya mengandung si buah hati dan akhirnya untuk pertama kalinya and akan bertemu dan berjumpa dengan si malaikat hati. Tentunya ibu dan orangtua mana yang tidak riang hatinya dengan hal ini. Meski menjadi hal yang dinanti banyak orangtua, namun seringkali prosesi kelahiran menjadi hal yang mendebarkan sekaligus menegangkan.

Nah, menghadapi momen yang satu ini sudah semestinya kita membekali diri kita dengan rangkaian ayat suci al-quran. Berbicara mengenai bacaan doa, selain untuk pertama kalinya lahir ke dunia seorang bayi dikumandangkan adzan di kedua telinganya.

Adapula bacaan doa yang dibacaan ketika bayi baru lahir. Beberapa doa ini bisa anda amalkan dengan harapan si kecil tumbuh menjadi anak yang shaleh dan shalehah. Mari simak dibawah ini bacaan doa bayi baru lahir yang dapat diamalkan.

Bacaan Doa Bayi Baru Lahir yang Dapat Diamalkan

Berbahagia dalam menyambut kelahiran seorang bayi kedunia tentu tidak cukup menggambarkan syukur kepada Tuhan atas kehadiran si kecil. Karena syariat agama Islam mengajarkan kepada kita untuk melakukan rangkaian dzikir dan doa menyambut kehadiran seorang bayi ke dunia. Berikut ini dapat anda simak bacaan doa bayi baru lahir yang dapat diamalkan.

Membaca Adzan Pada Telinga Kanan Bayi

Rangkaian menyambut bayi baru lahir ke dunia memang dilakukan dengan berbagai hal. Namun agama Islam mengajarkan ada beberapa rangkaian ketika menyambut si jabang bayi ke dunia untuk pertama kalinya. Yang pertama adalah mengumandangkan adzan ditelinganya. Hal ini biasanya dilakukan oleh ayam si jabang bayi atau oleh kerabat yang mana seorang laki-laki.

Kumandang adzan yang pertama dilakukan dengan melafalkan adzan dengan suara yang cukup di telinga kanan bayi. Nah, untuk itulah bagi anda yang pertama kali menyambut si buah hati maka perhatikan untuk mengadzaninya terlebih dahulu. Anda bisa meminta sang suami atau mungkin ketika suami berhalangan hadir maka anda bisa meminta ayah anda atau paman anda.

Membaca Iqamah Pada Telinga Kiri Bayi

Rangkaian selanjutnya yang wajib dilakukan untuk menyambut si buah hati yang lahir ke dunia untuk pertama kali adalah dengan mengumandangkan iqamah. Iqamah adalah bacaan yang dikumandangkan setelah adzan. Sama halnya dengan adzan mengumandangan iqamah pada telinga kiri bayi dilakukan oleh seorang laki-laki.

Ketika suami anda berhalangan hadir atau mungkin karena beberapa alasan ia tidak bisa berada di samping anda. Maka anda bisa meminta bantuan orang lain yang ridha guna mengiqamahi si buah hati. Bacaan ini akan penting dan menjadi bagian dari syariat Islam untuk si buah hati yang baru lahir ke dunia untuk pertama kalinya.

Bacaan Doa Bayi Baru Lahir di Telinga Kanan

Bacaan Doa Bayi Baru Lahir yang Dapat Diamalkan

Nah, inilah doa yang akan dapat anda lafalkan di telinga kanan bayi. Doa ini dibaca setelah mengumandangan adzan dan selesai dengan iqamah. Sama halnya dengan dua rangkaian doa diatas, doa ini dibaca dan dilafalkan oleh seorang laki-laki. Anda bisa sekalian meminta seseorang yang mengadzani dan mengiqamahi si kecil untuk membaca ayat tersebut.

Doa ini diberikan semata mengharapkan jika bayi yang anda lahirkan ke dunia akan tumbuh menjadi anak yang cerdas, orang yang baik dan seorang pribadi yang bertaqwa. Tentunya selain pola didik dan parenting dari kedua orangtuanya. Kita percaya bahwa dengan ridha dan bantuan Allah SWT maka semuanya akan terasa mudah. Begitula dengan si kecil yang baru pertama kali anda lahirkan ke dunia.

Membaca Surat Al-Ikhlas di Telinga Kanan Bayi

Nah, setelah selesai membaca doa atau ayat diatas selanjutnya anda akan dapat melaflkan surah Al-Ikhlas di telinga kanan bayi. Hal ini menjadi rangkaian yang penting yang sebaiknya tidak anda lewatkan begitu saja. Karena tentunya ini adalah bagian dari syariat Islam yang penting untuk diamalkan.

Membaca surah Al-Ikhlas dapat anda lafalkan dengan perlahan ditelinga kanan bayi. Ini adalah bacaan surat pendek yang berisikan tentang Allah SWT sebagai Tuhan yang Esa. Untuknya maka penting sekali memberikan ini pada buah hati anda.

Membaca Surat Al-Qadr Pada Telinga Kanan Bayi

Rangkaian bacaan doa kali ini belum selesai sampai dengan memberikan surat Al-Ikhlas pada si kecil. Anda juga bisa membacakan rangkaian surat Al-Qadr di telinga kanan bayi. Bacaan doa yang diberikan tentunya diharapkan si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang shaleh, berbakti kepada kedua orangtuanya dan menjadi anak yang cerdas.

Kita sebagai orang tua tentu mendambakan buah hati yang kita lahirkan ke dunia akan senantiasa menjadi anak dambaan untuk keluarga dan agamanya. Maka demikian penting sekali membaca rangkaian surah diatas.

Membaca Q.S. Ali Imran (3: 36) di Telinga Kanan Bayi

Bacaan Doa Bayi Baru Lahir yang Dapat Diamalkan

Bacaan Quran Surah Ali Imran pun menjadi rangkaian penting yang dapat anda berikan untuk si buah hati. Untuk itu, mintalah pasangan anda membacakan atau menghafal terlebih dahulu rangkaian bacaan doa ini. Agar demikian ia lebih mudah memberikan dan membacakannya ketika si kecil lahir ke dunia untuk pertama kalinya.

Untuk itu, melihat pentingnya rangkaian penyambutan si buah hati dengan aneka doa yang diberikan. Maka kehadiran seorang suami menjadi hal penting mengiringi kelahiran seorang jabang bayi ke dunia.

Membaca Doa Berikut Di Telinga Kanan Bayi

Bacaan Doa Bayi Baru Lahir yang Dapat Diamalkan

Doa berikut pun menjadi penutup yang akan dapat anda baca dan anda lafalkan ketika si kecil lahir ke dunia. Untuk itu, hafalkan pula rangkaian doa penutup ini pada saat anda hendak mengadzani si buah hati untuk para ayah di rumah.

Doa penutup ini berisikan harapan dan pertolongan kepada Allah SWT agar si buah hati yang baru saja dilahirkan dijauhkan dari segala setan. Selain itu, juga doa ini berisikan mengenai pertolongan dari kesusahan dan pandangan yang jahat.
Untuknyalah, rangkaian doa ini akan menjadi rangkaian ayat yang penting yang perlu untuk anda bacakan ketika menyambut si buah hati ke dunia. Untuk itu maka jangan lupa untuk senantiasa membaca surat dan doa ini pada saat si kecil lahir.

Nah, itulah dia beberapa informasi dan rangkaian bacaan doa bayi baru lahir ke dunia yang dapat anda amalkan. Mengetahui rangkaian doa diatas akan tentu diharapkan memberikan si kecil harapan-harapan yang baik dan mengharapkan pertolongan Allah SWT untuk senantiasa menjaga si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *