Bacaan Doa Agar Terhindar Dari Penyakit Menular

Posted on

Doa Agar Terhindar Dari Penyakit Menular – Wabah virus Corona pertama kali terjadi di kota Wuhan, Cina. Saat ini wabah virus Corona telah menyebar ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Agar terhindari dari wabah penyakit menular, termasuk virus Corona, maka sebagai umat Islam kita dianjurkan untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Agar terhindar dari wabah penyakit, Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa yang dapat diamalkan oleh kita semua.

Baca juga : Doa Menjenguk Orang Sakit dan Artinya

Rasulullah SAW mengajarkan doa berlindung dari wabah penyakit kepada para sahabatnya. Doa tersebut sumbernya dari hadis sahih riwayat Abu Daud, didapatkan dari Anas Radhiyallahu’anhu. Nah, berikut ini bacaan doa agar terhindar dari penyakit,  termasuk virus Corona yang bisa anda amalkan.

Bacaan Doa Agar Terhindar Dari Penyakit

Berikut ini bacaan doa supaya terhindar dari penyakit, termasuk virus Corona. Doa ini dikutip dari kumpulan Do’a dan Wirid karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

Doa Agar Terhindar dari Penyakit Menular

Doa ini dapat anda amalkan kapan saja, baik itu setelah selesai sholat ataupun ketika anda sedang duduk. Anda dapat berdoa meminta perlindungan kepada Allah SWT dari wabah penyakit menular.

Lihat juga : Doa Untuk Orang Sakit Agar Cepat Diberi Kesembuhan

Selain memanjatkan doa untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT dari penyakit menular, salah satunya penularan virus Corona, anda juga bisa melakukan beberapa pencegahan dengan menerapkan gaya hidup sehat dan menghindari faktor yang bisa menyebabkan infeksi. Berikut langkah pencegahan yang dapat anda lakukan.

  • Sebaiknya anda jangan dulu bepergian ke tempat umum yang banyak pengunjung atau tempat-tempat yang mengundang banyak masa.
  • Jika anda harus beraktivitas di luar rumah atau di tempat umum sebaiknya anda menggunakan masker.
  • Pastikan anda rajin mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun. Cuci tangan anda hingga benar-benar bersih, baik pada punggung, telapak tangan, jari-jari tangan dan kuku. Cuci tangan anda setidaknya selama 20 detik. Jika tidak ada sabun atau air, anda bisa mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60 %.
  • Hindari memegang mulut, mata dan hidung dengan menggunakan tangan kotor atau tangan yang belum dicuci.
  • Anda harus memasak daging hingga benar-benar matang.
  • Sebaiknya hindari melakukan kontak dengan hewan, apalagi hewan liar. Jika kontak  dengan hewan, sesudahnya anda bisa mencuci tangan hingga bersih dengan sabun dan air.
  • Ketika anda batuk atau bersin, anda harus menutup mulut dan hidung anda dengan menggunakan tisu. Lalu tisu yang digunakan untuk menutup hidung dan mulut harus segera dibuang ke tempat sampah.
  • Jaga jarak  dengan orang yang sedang sakit batuk, demam atau pilek.
  • Anda harus menjaga kebersihan benda-benda yang sering anda sentuh. Selain itu, jaga pula kebersihan lingkungan anda.
  • Agar tidak mudah sakit, anda harus menjaga daya tahan tubuh. Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Terapkan juga gaya hidup sehat seperti tidak merokok, tidur cukup dan menghindari konsumsi minuman beralkohol.

Wabah virus Corona memang meresahkan masyarakat, terlebih lagi dengan banyaknya korban yang terinfeksi oleh virus ini. Namun, agar terhindar dari penyakit ini kita harus senantiasa meminta perlindungan dari Allah SWT dengan memanjatkan doa agar terhindar dari penyakit menular. Selain itu, kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat dengan baik dan benar agar tidak terinfeksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *