Adab Makan dan Minum Menurut Islam

Posted on

Adab Makan dan Minum Menurut Islam – Islam sudah mengatur segala aktivitas yang kita lakukan, baik di dunia maupun diakhirat. Nah, salah satu aktivitas yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu makan. Dengan makan kita akan memiliki cukup tenaga untuk beraktivitas dan semua kebutuhan nutrisi yang tubuh perlukan akan tercukupi.

Tentunya kegiatan ini jangan kita sepelekan. Makan dan minum merupakan berkah dari Allah SWT. Nah, saat makan atau minum, ada adab yang harus kita lakukan. Berikut ini adab makan dan minum menurut Islam.

Adab Makan dan Minum
Sumber gambar : Selerasa.com

Adab Makan dan Minum Menurut Islam

Mungkin adab makan belum sepenuhnya dilaksanakan dengan baik dan benar. Oleh karena itu sangat penting mengetahui adab makan dan minum dalam islam seperti berikut ini.

Mengonsumsi Makanan Halal

Adab makan dan minum yang pertama dalam Islam yaitu pemilihan makanan dan minuman yang anda konsumsi tersebut. Pastikan makanan dan minuman yang anda konsumsi adalah hidangan halal. Allah SWT melarang umat muslim konsumsi makanan haram, sebab akan dapat menyebabkan kerugian.

Cuci Kedua Tangan

Adab selanjutnya yaitu mencuci kedua tangan. Mencuci kedua tangan juga sangat penting agar terhindari dari penyakit.

Membaca Doa Sebelum Makan

Setelah anda mencuci kedua tangan hingga bersih, adab selanjutnya  sebelum makan yaitu berdoa. Berdoa merupakan sebuah rasa syukur terhadap rezeki yang Allah SWT berikan kepada kita. Adapun doa sebelum makan yaitu seperti berikut ini.

Adab Makan dan Minum

Menggunakan Tangan

Setelah membaca doa makan, Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk makan dengan memakai tangan kanan. Islam mengutamakan terlebih dahulu dari kanan dalam segala hal dan melarang memakai tangan kiri.

Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Jika seseorang dari kalian makan maka makanlah dengan tangan kanannya dan jika minum maka minumlah dengan tangan kanannya. Karena setan makan dan minum dengan tangan kirinya.” (HR. Muslim).

Tidak Mubazir atau Makan dan Minum dengan Secukupnya

Agama Islam melarang kita untuk melakukan hal yang mubazir atau sia-sia. Oleh karena itu, hindari melakukan segalanya dengan berlebihan, baik berpakaian ataupun saat makan maupun minum. Kita dianjurkan untuk makan dan minum secukupnya. Hindari mengambil makanan dalam porsi berlebihan, yang pada akhirnya makanan tersebut justru tidak habis karena anda sudah kenyang terlebih dahulu. Bahkan karena sudah kenyang, makanan yang tersisa tersebut kemudian dibuang.

Baca juga : Waktu-Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Doa Segera Terkabul

Jangan Mencela Makanan

Jangan pernah mencela makanan. Walaupun minuman ataupun makanan yang dihidangkan kurang kita sukai, kita tidak boleh mencelanya.

“Rasulullah SAW tidak pernah mencela makanan sama sekali. Apabila beliau menyukainya, maka beliau memakannya. Dan apabila beliau tidak suka terhadapnya, maka beliau meninggalkannya.” (HR. Muslim)

Makan Segera Hidangan yang Disajikan

Adab makan dan minum selanjutnya yaitu segera mengonsumsi makanan yang sudah disajikan. Maka saat makanan sudah disajikan di depan mata, kita harus langsung mengonsumsinya.

Diakhiri dengan Membaca Doa

Saat makan kita mengawalinya dengan berdoa. Maka setelah selesai makan kita juga harus menutupnya dengan berdoa. Berdoa setelah makan menjadi bentuk rasa syukur atas makanan yang telah kita makan. Nah, berikut ini bacaan doa setelah makan beserta artinya.

Adab Makan dan Minum

Itulah adab makan menurut islam yang harus kita laksanakan. Sebagai umat islam, tentunya kita harus mengikuti adab makan dan minum seperti di atas.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *